MODEL KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENGOPTIMALISASI KEGIATAN MORNING ACTIVITY DI KB HARAPAN BUNDA KEBOMAS GRESIK

Penulis

  • Adrijanti
  • Fahimatul Anis
  • Nova Nur Fajarriana

DOI:

https://doi.org/10.55129/jp.v11i1.1587

Kata Kunci:

: Kepemimpinan, Kepala Sekolah dan Morning Activity.

Abstrak

Model kepemimpinan dapat mempengaruhi pendidikan di sekolah. Dengan kepemimpinan yang efektif maka akan mampu mendorong pendidikan ke arah yang lebih baik, kegiatan pagi (morning activity) perlu dilakukan guna pembiasaan aspek-aspek perkembangan anak didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model kepemimpinan kepala sekolah dalam mengoptimalisasi kegiatan morning activity di KB Harapan Bunda Kebomas Gresik.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif yaitu penelitian yang bermaksud untuk menafsirkan fenomena yang terjadi dan dilakukan dengan berbagai cara melibatkan berbagai metode yang ada. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data model Miles and Huberman yakni teknik analisis data yang dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara terus menerus sampai tuntas sehingga datanya sudah jenuh.

Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut 1) Kepala sekolah sebagai seorang pemimpin telah mengikut sertakan seluruh bawahannya dalam pengambilan keputusan berdasarkan hasil musyawarah dan mufakat dan memberikan sebagian kepemimpinannya kepada guru, sehingga para guru merasa turut bertanggung jawab terhadap pelaksanaan program pendidikan dan pengajaran di sekolah. 2) Kepala sekolah dengan model kepemimpinan demokratis telah memberikan peluang setiap guru dalam melaksanakan proses pembelajaran, menilai hasil pembelajaran, dan melakukan bimbingan dan pelatihan termasuk pencapaian efektifitas program morning activity di KB Harapan Bunda.

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

Anggini, S. (1991). Pedoman Pendidikan Prasekolah. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Asmani, J. M. (2012). Tips Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Yogyakarta: DIVA Press. Yogyakarta: DIVA Press.

Basri, H. (2014). Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bandung: Pustaka Setia.

Caldwell, B. (1992). The Principal as Leader of the Selfâ€Âmanaging School in Australia. Journal of Educational Administration, Vol. 30.

Cohen, L. M. (2011). Research Methods in Education (7th ed.). London: London Routledge.

Djatmiko, Y. H. ((2005)). Perilaku Organisasi. Bandung: CV. Alfabeta.

Fattah, N. ( 1996). Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung: PT Remaja. Rosdakarya.

Fiedler, F. E. (1967). A theory of leadership effectiveness. New York: McGraw-Hill.

Goodman, L. (t.thn.). Department of Sociology and Department of Statistics. Barrows Hall 410: University of California.

Gunarsa, S. D. (2004). Psikologi Praktis Anak, Remaja dan Keluarga. Jakarta: PT. Gunung Mulia.

Harold Koonz dan Heinz Weihrich. (1988). Management. New York: McGraw- Hill Book Company.

Hasan, I. (2002). Metodologi Penelitian dan Aplikasinya. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Kaswan. (2013). Pelatihan dan Pengembangan Untuk Meningkatkan Kinerja SDM. . Bandung: Alfabeta.

Kotler, A. (2000). Prinsip-prinsip Pemasaran, edisi keduabelas, Jilid 1.Jakarta: Erlangga.

Leithwood, K. d. (1993). The Role of The Elementary School Principal in Program Improvment. Review of Educational Research. 52 (3): 309-330.

Mansur. (2009). Pendidikan Usia Dini Dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Martini, N. H. (1995). Kepemimpinan yang Efektif. Jogyakarta: Gajah Mada University Press.

Mulyasa. ( (2007).). .Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. . Bandung: PT. Remaja. Rosdakarya.

Munandar, S. U. (1992). Mengembangkan Bakat Anak. Jakarta: Gramedia.

Munir. ((2012).). Multimedia Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Nawawi, H. (1983). Administrasi Pendidikan. Jakarta: PT.Gunung Agung.

Niti, A. S. (1982). Manajemen Personalia.

Jakarta: Ghalia.

Rivai, N. S. (2002). Media Pengajaran.

Bandung: Sinar Baru. Algensindo.

Rivai, V. (2004). Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan. Jakarta: Grafindo.

Sagala, S. (2009). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: CV. Sahri.

Sergiovanni, T. e. (1987). Educational Governance and Administration. Englewood Cliffs: NJ: Prentice-Hall, Inc.

Slamet, M. (2002). teori dan praktek kepemimpinan. Jakarta: Rineka cipta.

Tjiptono, F. d. (2003). Total Quality Management. Edisi Revisi. Yogyakarta: Andi Offset.

Uha, I. N. (2013). Budaya Organisasi Kepemimpinan dan kinerja. Jakarta: Kencana.

Wahjosumidjo. (2007). Kepemimpinan Kepala Sekolah, Tinjauan Teoritik dan Permsasalahannya, . Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Wibowo. (2013). Perilaku dalam Organisasi.

Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Wirawan. (2014). Kepemimpinan, Teori, Psikologi, Perilaku Organisasi, Aplikasi dan Penelitian:Contoh Aplikasi untuk Kepemimpinan Wanita, Organisasi Bisnis, Pendidikan dan Militer, . Raja grafindo Persada, Jakarta: Raja grafindo Persada, Jakarta.

Wuradji. (2009). The educational leadership, kepemimpinan transformasional. Yogyakarta: Gama Media.

Yukl, G. (2015). Kepemimpinan Dalam Organisasi (Edisi 7). Jakarta: Indeks.

Yunus, D., Soendjodjo, R. P., & Indrati, Y. (2015). Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta.

https://journal.unigres.ac.id/index.php/JendelaPendidikan/article/view/1061

https://journal.unigres.ac.id/index.php/JendelaPendidikan/article/view/1320

MODEL KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENGOPTIMALISASI KEGIATAN MORNING ACTIVITY DI KB HARAPAN BUNDA KEBOMAS GRESIK

File Tambahan

Diterbitkan

01-01-2022

Cara Mengutip

Adrijanti, Anis, F., & Nur Fajarriana, N. (2022). MODEL KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENGOPTIMALISASI KEGIATAN MORNING ACTIVITY DI KB HARAPAN BUNDA KEBOMAS GRESIK. Jurnal Ilmiah Jendela Pendidikan, 11(1), 123. https://doi.org/10.55129/jp.v11i1.1587

Terbitan

Bagian

Volume 11 No. 1 Bulan Desember 2021

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama