PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA DI SDN 357 SUNGAIRUJING

Penulis

  • Ahmad Riyan Hidayat, Adrijanti, Fahimatul Anis
  • Adrijanti Universitas Gresik
  • Fahimatul Anis Universitas Gresik

DOI:

https://doi.org/10.55129/jp.v10i2.1320

Abstrak

Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui penerapan pendidikan karakter melalui audio visual untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa di SDN 357 Sungairujing, 2) Untuk mengetahui pelaksanaan penerapan pendidikan karakter melalui audio visual untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa di SDN 357 Sungairujing

            Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah Sumber Primer dan Sumber sekunder. Teknik pengumpulan data yang  digunakan dalam penelitihan ini yaitu dengan melakukan observasi, wawancara  serta analisis dokumen – dokumen . Data yang diolah dan dianalisis merupakan data kualitatif yang diperoleh melalui observasi dan interview pada kepala sekolah, guru dan siswa.

                                                                             

Tahapan yang dilakukan guru pada pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan berbicara siswa melalui media audio visual sebagai berikut :1). Guru membuat rencana pelaksanaanpembelajaran 2) Guru mempelajari buku petunjuk penggunaan media. 3) Guru menyiapkan dan mengatur peralatan media yang akan digunakan 4). Guru memastikan media dan semua peralatan telah lengkap dan siap digunakan 5). Guru menjelaskan tujuan yang akan dicapai 6). Guru menjelaskan materi kepada siswa sebelum kegiatan berlangsung 7). Guru melakukan evaluasi.

 

Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan peneliti dalam meningkatkan kemampuan berbicara siswa melalui media audio visual di SDN 357 Sungairujing bahwa dapat disimpulkan kemampuan berbicara siswa melalui media audio visual telah dilaksanakan secara optimal. Kegiatan meningkatkan kemampuan berbicara siswa yang diberikan oleh guru berjalan sesuai dengan harapan dan ada peningkatan.

 

 

Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Kemampuan Berbicara, Media Audio visual.

 

Diterbitkan

01-07-2021

Cara Mengutip

Adrijanti, Fahimatul Anis, A. R. H. ., Adrijanti, & Anis, F. (2021). PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA DI SDN 357 SUNGAIRUJING. Jurnal Ilmiah Jendela Pendidikan, 10(2). https://doi.org/10.55129/jp.v10i2.1320

Terbitan

Bagian

Volume 10 No. 2 Terbitan Juni 2021

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama