PENGARUH PERAN KOMITE SEKOLAH DAN KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALASEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU SMP NEGERI 5 BOJONEGORO
DOI:
https://doi.org/10.55129/jp.v7i2.743Abstrak
Kinerja guru mencerminkan performance seorang guru dalam melaksanakan tugasnya untuk mencapai tujuan pendidikan. Dalam kenyataannya maksimal tidaknya kinerja guru dipengaruhi banyak faktor.Kepedulian masyarakat melalui MBS yang disalurkan melalui peran Komite Sekolah dan Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah merupakan dua faktor diantara faktor-faktor yang lain yang dapat mempengaruhi kinerja guru. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh; (1) Peran Komite Sekolah terhadap kinerja guru, (2) kepemimpinan transformasional Kepala Sekolah terhadap kinerja guru, dan (3) Komite Sekolah dan kepemimpinan transformasional Kepala Sekolah secara bersama-sama terhadap kinerja guru. Jenis penelitian ini kuantitatif dengan metode korelasional. Populasi sebanyak 49 guru SMP Negeri 5 Bojonegoro diambil sebagai sample. Metode pengumpulan dengan kuesioner. Analisis data menggunakan regresi linier, analisis regresi ganda menggunakan aplikasi SPSS for Windows Release 14.0. Hasil penelitian: (1) Komite Sekolah berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja guru, kontribusi pada kinerja guru sebesar 49.6%; (2) Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja guru, kontribusi pada kinerja gurusebesar 36,0%, (3) Komite Sekolah dan Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja guru, kontribusi sebesar 52,3% Hasil penelitian ini Lembaga dapat memanfaatkan hasil temuan guna penetapan kebijakan makro terkait peningkatan kinerja guru. Sebagai acuan bagi sekolah untuk pengambilan kebijakan mikro terkait peningkatan kinerja guru, dan dapat dijadikan acuan penetapan kebijakan operasional terkait peningkatan kinerja guru. ÂÂÂÂ
ÂÂÂÂ
Kata Kunci : peran komite sekolah, kepemimpinan transformasional, Kinerja guru
ÂÂÂÂ
DOI :10.5281/zenodo.3472122
Referensi
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta.
Depdiknas. 2001. Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan Berbasis Sekolah (Buku 1).Jakarta : Depdiknas.
Engkoswara dan Komariah, Aan. 2011. Administrasi Pendidikan, Bandung: Refika Aditama.
Fatah, Nanang. 2001.Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Ghozali, I. 2006. Aplikasi Analisis Multivariat Dengan Program SPSS, Semarang: BP UNDIP.
Gumilar, Dadang. 2013.Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dan Motivasi Berprestasi Guru Terhadap Kinerja Mengajar Guru Pada SMK Negeri di Wilayah Kabupaten Bandung Barat.Tesis S2, Universitas Pendidikan Indonesia.
Hasibuan,Malayu S.P. 2003.Manajemen Sumber Daya Manusia,Badung: Bumi Aksara.
Husain, Usman.2008. Manajemen ,Teori Praktik dan Riset Pendidikan,Jakarta : Bumi Aksara.
Keputusan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor : 84 Tahun 1993. Tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kredit. Jakarta.
Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor: 044/U/2002 tentang Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah.
Komariah Aan,Triatna Cepi. 2005. Visionary Leadership Menuju Sekolah Efektif, Jakarta: PT.Bumi Aksara.
Lupiyoadi, Rambat dan Hamdani A. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa, Jakarta: Salemba Empat.
Mangkunegara ,A.Anwar Prabu .2004. Manajemen Sumber Daya Manusia, Bandung: Remaja Rosda Karya,.
Mulyasa, E. 2002. Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Mulyasa, E. 2003. Standar Kompetensi Guru dan Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Mulyono.2009. Educational Leadership,Mewujudkan Efektivitas Kepemimpinan Pendidikan, Malang : UIN-Malang Press.
Peraturan Pemerintah nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
Priyatno,Duwi. 2010. Teknik Mudah dan Cepat Melakukan Analisis Data
Penelitian dengan SPSS, Yogyakarta : Gava Media.
Raihani. 2010. Kepemimpinan Sekolah Transformatif, Yogyakarta: LkiS.
Renstra Depdiknas tahun 2010-2014.
Sugiyono. 2001.Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfabeta.
Suhardi. 2012. Pengaruh Peran Aktif Komite Sekolah dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Mutu Layanan SMK di Kabupaten Pemalang, Prodi Manajemen Pendidikan, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang.
Umiarso dan Gojali, I. 2010. Manajemen Mutu Sekolah, Yogyakarta: IRCiSod.