KEMAMPUAN KERJA PERAWAT DALAM ASUHAN KEPERAWATAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN

Penulis

  • Yuanita Syaiful Program Studi Ilmu Keperawatan dan Ners Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Gresik
  • Zahrotul Nisak RS Semen Gresik

DOI:

https://doi.org/10.55129/jnerscommunity.v3i1.2

Abstrak

ABSTRAK

 

Kepuasan merupakan perasaan seseorang setelah membandingkan penampilan dengan harapan. Kepuasan tergantung dari faktor internal dan eksternal, seperti: pendidikan, usia dan status kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kemampuan kerja perawat dalam asuhan keperawatan dengan tingkat kepuasan dengan tingkat kepuasan pasien.

Penelitian ini merupakan deskriptif analitik dengan cross sectional. Populasi dan sampel adalah 12 perawat ruang bedah dan anak, dan 10 perawat di ruang penyakit dalam I. Sampel diambil dengan menggunakan purposive sampling sebanyak pasien dari 20 orang di ruangan bedah dan anak, dan 16 orang di ruang penyakit dalam I Rumah Sakit Semen Gresik. Data kemampuan kerja dan kepuasan dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dan data dianalisis menggunakan Spearman Rank.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan kerja perawat di ruang bedah dan Anak, dan ruangan penyakit dalam I baik (100%), sehingga tingkat kepuasan  adalah 92% puas dalam asuhan keperawatan yang telah diberikan. Analisis statistik diperoleh p = 0,003 dan r = 0,444. Ada hubungan antara kemampuan kerja perawat dalam asuhan keperawatan dengan tingkat kepuasan pasien.

Para perawat perlu meningkatkan kualitas asuhan keperawatan kepada pasien sehingga pasien selalu merasa puas dan loyal kepada Rumah Sakit Semen Gresik.

 

Kata Kunci: Kemampuan kerja perawat, Tingkat kepuasan.

 

ABSTRACT

 

Satisfaction was feeling of degree some one after compare perform with hopes. Satisfaction depend on internal and external factors such education, age and health status. This research aims was to know relation work ability of nurses in nursing care with satisfaction level with patients satisfaction level.

This reseach was used descriptif analytic with cross sectional. Populasi and sample was 12 nurse in Surgical and child room and 10 nurse in internist I room. Sample was taken using purposive sampling as many as the patient of 20 person in Surgical and child room and 16 person in Internis I room Semen Gresik Hospital. Data of ability was collected by using kuesioner and than data analyzed using Spearman rhank.

Result showed that work ability of nurses in Surgical and Child Room and the Internis I Room was good (100%), so satisfactory of degree was 92% with satifact in caring. Analysis statistic obtained p = 0,003 and r = 0,444. There was a relation between work ability of nurses in nursing care with patients satisfaction level.

The nurses need to increase quality of nursing care to the patient so that the patient always feel satisfied and loyalty to Semen Gresik Hospital.

 

Keywords : Work Ability of nurses, Satisfaction level

Biografi Penulis

Yuanita Syaiful, Program Studi Ilmu Keperawatan dan Ners Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Gresik

Dosen tetap Prodi Keperawatan dan Ners

Zahrotul Nisak, RS Semen Gresik

Perawat RS Semen Gresik

Referensi

Arikunto,S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta.

AA Mangkunegara (2000). Managemen Kinerja Sumber Daya Manusia.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka.

Garpersz, Vincent (2002). Total Quality Managemen, Cetakan kedua, Jakarta: PT GramediaPustaka Utama.

Hasibuan, Malayu S.P (2001). Managemen Sumber Daya Manusia, Edisi Revisi, Jakarta: Bumi Aksara.

Ibrahim, Buddy (2000). Total Quality Managemen Panduan untuk Menghadapi Persaingan Global, Jakarta: Djambatan.

Mangunharjana A M (2006). Mengembangkan Kreatifitas, terjemahan dari David Cambell Kanisius. Yogyakarta.

Nursalam (2003). Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keoerawatan, Jakarta: Salemba Medika.

Philip Kotler (2004). Marketing Management, Prentice-Hall Inc, Noth Western University.

Supriyadi, Dedy (1996). Kreativity Kebudayaan dan Perkembangan IPTEK, Bandung: Alfabeta.

Sujana, Endang (2008). Hubungan Kepuasan Kerja dengan Kreativitas Guru dalam Proses Belajar Mengajar Tesis, Program Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Sahlan, Sulaiman (2008). Multi Dimensi Sumber Kreativitas Manusia, Bandung.

Supranto. J. (2007). Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan, Jakarta: Rineka Cipta.

Saifuddin A (2001). Reliabilitas dan Validitas, Cetakan ketiga, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sulaiman, Wahid (2005). Statistik Non Parametrik Contoh Kasus dan Pemecahannya dengan SPSS, Yogyakarta: Andy.

Sugiono, Wibowo (2001). Statistika untuk Penelitian dan Aplikasinya.

Singgih (2001). Buku Latihan SPSS Statistik Parametrik, Cetakan kedua, Jakarta: Elek Media Komputindo.

Soeparto, Taat Putra dan Haryono (2000). Metode Penelitian dan Penulisan Skripsi, Surabaya.

Tjiptono, Fandy (2001). Strategi Pemasaran, Yogyakarta: Andy.

Usman, M. Uzer (2007). Menjadi Guru Profesional, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Fahrie. www Wordpress.com/Pengertian-Perawat/tanggal 11 Maret 2011 jam 11.30.

Unduhan

Diterbitkan

18-07-2016

Cara Mengutip

Syaiful, Y., & Nisak, Z. (2016). KEMAMPUAN KERJA PERAWAT DALAM ASUHAN KEPERAWATAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN. Journals of Ners Community, 3(1), 11–17. https://doi.org/10.55129/jnerscommunity.v3i1.2

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 > >>