MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA MOTIVASI DAN RUANG SUDUT AGAMA SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI TK MUSLIMAT NU 29 MAHKOTA
DOI:
https://doi.org/10.55129/jp.v9i1.974Abstrak
Penelitian ini adalah penelitihan deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatifMengetahui manajerial sarana dan prasarana, kelengkapan sarana dan prasarana metode
penanaman nilai-nilai agama Islam dalam meningkatkan kualitas melalui manajemen saran dan
prasarana. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan metode
obsevasi dan dokumentasi. Alat analisis data yang digunakan penilitian ini adalah apakah sudah
sesuai dengan ketentuan pemerintah. Variabel yang digunakan adalah manajemen sarana
prasarana motivasi , ruang sudut agama , kualitas pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa TK MUSLIMAT NU 29 MAHKOTA sudah sesuai dengan peraturan pemerintah dan
mendapatkan akreditasi A. Kesimpulan bahwa TK MUSLIMAT NU 29 MAHKOTA manajemen
sarana , prasarana motivasi , ruang sudut agama , kualitas pembelajaran baik
Kata Kunci : Manajemen Sarana,Prasarana Motivasi Ruang Sudut Agama,Kualitas
Pembelajaran
ABSTRACT
This research is a descriptive study using a qualitative approach. Knowing managerial facilities
and infrastructure, completeness of facilities and infrastructure methods for planting Islamic
religious values in improving quality through management of advice and infrastructure. Data
collection techniques used in this study are the observation and documentation methods. The
data analysis tool used in this research is whether it is in accordance with government
regulations. The variables used are the management of motivational infrastructure, religious
corner space, and the quality of learning. The results showed that the NU 29 MAHKOTA
MUSLIMAT Kindergarten was in accordance with government regulations and obtained
accreditation A. The conclusion that the NU 29 MAHKOTA MUSLIMAT Kindergarten was
facility management, motivational infrastructure, religious corner space, good learning quality
Keywords: Management of Facilities, Motivational Infrastructure, Spatial Religion, Learning
Quality
Referensi
Ari H.Gunawan. 1996. Administrasi
Sekolah. Jakarta : Rineka Cipta
Asri C. Budingsih. ( 1995).Strategi
Menggunakan Media Pengajaran Bagi
Pendidikan Dasar . Majalah Ilmiah
Cakrawala pendidikan no. 1, Thn XIV.
Februari.
B. Suryosubroto, ( 1988) . Pengantar
Administrasi di Sekolah .Yogyakarta :
IKIP
Badrudin, 2014. Manajemen Peserta Didik.
Jakarta: PT. Indeks
Barnawidan M. Arifin , 2012,Manajemen
sarana dan prasarana sekolah.
Jogjakarta: Ar-Ruzz Media
Daradjat, Zakiah. Ilmu Pendidikan Islam.
Metodik Khusus Pengajaran
Agama Islam, Jakarta: Sinar Grafika
Offset.
Daryanto, 2001. Administrasi Pendidikan.
Jakarta: Rineka Karya.
Didin Kurniadin dan Dr. ImanMachali,
, Manajemen
Pendidikan.Bandung :Ar
Dimyati & Mujiono, 2009. Belajar dan
Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka
Cipta.
Dirjen Dikdasmen Depdikbud. ( 1997 ).
Pedoman Penyelengaraan Pendidikan
dihal 33
Hamruni. (2012). Strategi Pembelajaran.
Jakarta: Dit. Pendidikan Lanjutan
Hartati Sukirman, dkk. ( TT). Administrasi
dan Supervisi Pendidikan. Yogyakarta
: UNY Pres
Hikmat, 2011. Manajemen Pendidikan.
Bandung: Pustaka Setia.
Ibrahim Bafadhal. 2008. Manajamen
Perlengkapan sekolah :Teori dan
aplikasinya.Jakarta: PT.Bumi Aksara
Kompri, 2014. Manajemen Sekolah.
Bandung: Alfabeta.
M. Dalyono, 2005. Psikologi Pendidikan.
Jakarta: Rineka Cipta.
Masitoh, Setiasih, O., Djoehaeni, H.,
Pendekatan Belajar aktif di taman
kanak – kanak. ( Jakarta : Ditjen Dikti
Departemen Pendidikan Nasional .
Mulyasa. H.E. 2014. Manajemen PAUD.
Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Nur Hamiyah dan Mohammad Jauhar, 2015
,Manajemen Pendidikan di Sekolah
.Jakarta : Prestasi pustaka
Oemar Hamalik, Evaluasi Kurikulum,
(Bandung : PT. Remaja Rosda Karya,
, hal 33
Prof. Dr.H. Jalaludin, 2002. Psikolog
Agama. Jakarta: Raja Grafindo
Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran.
Jakarta : Kencana Prenada Media
Group
Sardiman A.M. 2009. Interaksi Motivasi
Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.
sekolah. Jakarta
Sri Rumini, dkk. (1991). Psikologi
Pendidikan. Yogyakarta: UNY.
Sugihartono , Kartika Nur F, Farida Agus S,
Farida Harahap, & Siti Rohmah N.
(2007) . Psikologi Pendidikan,
Yogyakarta: UNY Press.
Sugiono. (2008).Metode Penelitian
Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Suharsimi A. dan Cepi Safuddin A. J. (
. Evalualusi Program
Pendidikan (Pedoman Teoritis Praktis
Bagi Praktisi Pendidikan ). Jakarta:
Bumi Aksara
Suharsimi Arikunto (1993). Prosedur
Penelitian ( Suatu Pendekatan Praktis
). Jakarta : Bumi Akasara
Sulistiyorini, 2009. Manajemen Pendidikan
Islam. Yogyakarta: Sukses Ofset.
Sutrisno Hadi, Metodologi Research,
Yogyakarta : Andi Offset, 2004),
hlm.2018
Suyadi dan ulfah.M.2015.Konsep Dasar
PAUD. Bandung :PT.Remaja
Rosdakarya
Uno Hamzah B, 2007. Teori Motivasi dan
Pengukurannya ( Analisis di Bidang
Pendidikan ). Jakarta: Bumi Aksara.
Wina Sanjaya. 2006. Srategi Pembelajaran,
Jakarta : Kencana Prenada Media
Group.