MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA MOTIVASI DAN RUANG SUDUT AGAMA SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI TK MUSLIMAT NU 29 MAHKOTA

Penulis

  • Siti Bariroh
  • Suci Rahmawati

DOI:

https://doi.org/10.55129/jp.v9i1.974

Abstrak

Penelitian ini adalah penelitihan deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif
Mengetahui manajerial sarana dan prasarana, kelengkapan sarana dan prasarana metode
penanaman nilai-nilai agama Islam dalam meningkatkan kualitas melalui manajemen saran dan
prasarana. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan metode
obsevasi dan dokumentasi. Alat analisis data yang digunakan penilitian ini adalah apakah sudah
sesuai dengan ketentuan pemerintah. Variabel yang digunakan adalah manajemen sarana
prasarana motivasi , ruang sudut agama , kualitas pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa TK MUSLIMAT NU 29 MAHKOTA sudah sesuai dengan peraturan pemerintah dan
mendapatkan akreditasi A. Kesimpulan bahwa TK MUSLIMAT NU 29 MAHKOTA manajemen
sarana , prasarana motivasi , ruang sudut agama , kualitas pembelajaran baik
Kata Kunci : Manajemen Sarana,Prasarana Motivasi Ruang Sudut Agama,Kualitas
Pembelajaran
ABSTRACT
This research is a descriptive study using a qualitative approach. Knowing managerial facilities
and infrastructure, completeness of facilities and infrastructure methods for planting Islamic
religious values in improving quality through management of advice and infrastructure. Data
collection techniques used in this study are the observation and documentation methods. The
data analysis tool used in this research is whether it is in accordance with government
regulations. The variables used are the management of motivational infrastructure, religious
corner space, and the quality of learning. The results showed that the NU 29 MAHKOTA
MUSLIMAT Kindergarten was in accordance with government regulations and obtained
accreditation A. The conclusion that the NU 29 MAHKOTA MUSLIMAT Kindergarten was
facility management, motivational infrastructure, religious corner space, good learning quality
Keywords: Management of Facilities, Motivational Infrastructure, Spatial Religion, Learning
Quality

Referensi

Ari H.Gunawan. 1996. Administrasi

Sekolah. Jakarta : Rineka Cipta

Asri C. Budingsih. ( 1995).Strategi

Menggunakan Media Pengajaran Bagi

Pendidikan Dasar . Majalah Ilmiah

Cakrawala pendidikan no. 1, Thn XIV.

Februari.

B. Suryosubroto, ( 1988) . Pengantar

Administrasi di Sekolah .Yogyakarta :

IKIP

Badrudin, 2014. Manajemen Peserta Didik.

Jakarta: PT. Indeks

Barnawidan M. Arifin , 2012,Manajemen

sarana dan prasarana sekolah.

Jogjakarta: Ar-Ruzz Media

Daradjat, Zakiah. Ilmu Pendidikan Islam.

Metodik Khusus Pengajaran

Agama Islam, Jakarta: Sinar Grafika

Offset.

Daryanto, 2001. Administrasi Pendidikan.

Jakarta: Rineka Karya.

Didin Kurniadin dan Dr. ImanMachali,

, Manajemen

Pendidikan.Bandung :Ar

Dimyati & Mujiono, 2009. Belajar dan

Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka

Cipta.

Dirjen Dikdasmen Depdikbud. ( 1997 ).

Pedoman Penyelengaraan Pendidikan

dihal 33

Hamruni. (2012). Strategi Pembelajaran.

Jakarta: Dit. Pendidikan Lanjutan

Hartati Sukirman, dkk. ( TT). Administrasi

dan Supervisi Pendidikan. Yogyakarta

: UNY Pres

Hikmat, 2011. Manajemen Pendidikan.

Bandung: Pustaka Setia.

Ibrahim Bafadhal. 2008. Manajamen

Perlengkapan sekolah :Teori dan

aplikasinya.Jakarta: PT.Bumi Aksara

Kompri, 2014. Manajemen Sekolah.

Bandung: Alfabeta.

M. Dalyono, 2005. Psikologi Pendidikan.

Jakarta: Rineka Cipta.

Masitoh, Setiasih, O., Djoehaeni, H.,

Pendekatan Belajar aktif di taman

kanak – kanak. ( Jakarta : Ditjen Dikti

Departemen Pendidikan Nasional .

Mulyasa. H.E. 2014. Manajemen PAUD.

Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Nur Hamiyah dan Mohammad Jauhar, 2015

,Manajemen Pendidikan di Sekolah

.Jakarta : Prestasi pustaka

Oemar Hamalik, Evaluasi Kurikulum,

(Bandung : PT. Remaja Rosda Karya,

, hal 33

Prof. Dr.H. Jalaludin, 2002. Psikolog

Agama. Jakarta: Raja Grafindo

Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran.

Jakarta : Kencana Prenada Media

Group

Sardiman A.M. 2009. Interaksi Motivasi

Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.

sekolah. Jakarta

Sri Rumini, dkk. (1991). Psikologi

Pendidikan. Yogyakarta: UNY.

Sugihartono , Kartika Nur F, Farida Agus S,

Farida Harahap, & Siti Rohmah N.

(2007) . Psikologi Pendidikan,

Yogyakarta: UNY Press.

Sugiono. (2008).Metode Penelitian

Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Suharsimi A. dan Cepi Safuddin A. J. (

. Evalualusi Program

Pendidikan (Pedoman Teoritis Praktis

Bagi Praktisi Pendidikan ). Jakarta:

Bumi Aksara

Suharsimi Arikunto (1993). Prosedur

Penelitian ( Suatu Pendekatan Praktis

). Jakarta : Bumi Akasara

Sulistiyorini, 2009. Manajemen Pendidikan

Islam. Yogyakarta: Sukses Ofset.

Sutrisno Hadi, Metodologi Research,

Yogyakarta : Andi Offset, 2004),

hlm.2018

Suyadi dan ulfah.M.2015.Konsep Dasar

PAUD. Bandung :PT.Remaja

Rosdakarya

Uno Hamzah B, 2007. Teori Motivasi dan

Pengukurannya ( Analisis di Bidang

Pendidikan ). Jakarta: Bumi Aksara.

Wina Sanjaya. 2006. Srategi Pembelajaran,

Jakarta : Kencana Prenada Media

Group.

File Tambahan

Diterbitkan

30-12-2019

Cara Mengutip

Bariroh, S., & Rahmawati, S. (2019). MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA MOTIVASI DAN RUANG SUDUT AGAMA SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI TK MUSLIMAT NU 29 MAHKOTA. Jendela Pendidikan : Jurnal Ilmiah Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 9(1), 37–44. https://doi.org/10.55129/jp.v9i1.974

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama