PENGARUH GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATAKULIAH PSIKOLOGI PENDIDIKAN PADA MAHASISWA PRODI ADMINISTRASI PENDIDIKAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENIDIKAN UNIVERSITAS GRESIK.

Penulis

  • Siti Bariroh Universitas Gresik

DOI:

https://doi.org/10.55129/jp.v10i2.1321

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara empirik: 1)Pengaruh gaya belajar Visual terhadap hasil belajar matakuliah Psikologi Pendidikan Prodi Administrasi Pendidikan FKIP UNIGRES, 2) pengaruh Gaya Belajar Auditori terhadap hasil belajar matakuliah Psikologi Pendidikan Prodi Administrasi Pendidikan FKIP UNIGRES,3) pengaruh gaya belajar Kinestetik terhadap hasil belajar matakuliah Psikologi Pendidikan Prodi Administrasi Pendidikan FKIP UNIGRES. 4) Pengaruh gaya belajar visual, Auditori, Kinestetik terhadap hasil belajar matakuliah Psikologi Pendidikan Prodi Administrasi Pendidikan FKIP UNIGRES.

Penelitian ini di kategorikan penelitian asosiatif, atau penelitian yang akan menguji ada tidaknya pengaruh antara variabel bebas dengan variabel terikat, menggunakan data berjenis kuantitatif. Populasi mahasiswa Prodi Administrasi Pendidikan yang mengambil matakuliah Psikologi Pendidikan. berjumlah 12 orang. Pengambilan sampel pada penelitian ini, menggunakan sampel jenuh sedangkan teknik pengumpulan data, menggunakan instrument angket dan dokumentasi.

Pengaruh gaya belajar visual  terhadap Hasil belajar mahasiswa  ditunjukkan oleh hasil uji t, nilai t-hitung pada variabel visual  sebesar 2,571 dengan tingkat signifikan 0,033<0,05 berarti variabel visual secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Hasil belajar. Pengaruh gaya belajar Auditori terhadap Hasil belajar mahasiswa ditunjukkan  oleh hasil uji t, nilai t-hitung pada variabel Auditori sebesar 0,180 dengan tingkat signifikan 0,861>0,05 yang berarti bahwa variabel auditori secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap Hasil belajar. Pengaruh gaya belajar Kinestetik terhadap Hasil belajar mahasiswa ditunjukkan oleh  hasil uji t, nilai  t-hitung pada variabel kinestetik sebesar -2,531dengan tingkat signifikan 0,0471<0,05 yang berarti variabel kinestetik secara parsial  berpengaruh negative terhadap Hasil belajar, Pengaruh secara simultan  gaya belajar Visual, Auditori dan kinestetik  terhadap Hasil belajar mahasiswa yang ditunjukkan oleh  hasil uji F, nilai  F-hitung sebesar 29,064 dengan tingkat signifikan 0,00<0,05 yang berarti bahwa variabel visual, auditori, kinestetik secara simultan  berpengaruh signifikan terhadap Hasil belajar

Pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar matakuliah psikologi pendidikan dilihat dari hasil penilaian responden menunjukkan bahwa responden dengan gaya belajar visual matakuliah psikologi Pendidikan  hasil belajarnya sangat bagus. Sedangkan responden yang mempunyai gaya belajar kinestetik berpengaruh negative artinya jika nilai kinestetiknya tinggi maka hasil belajarnya rendah sebaliknya jika nilai kinestetiknya rendah maka hasil belajarnya tinggi. Hasil penilaian responden dengan gaya belajar auditori tidak mempunyai pengaruh terhadap hasil belajar mahasiswa matakuliah Psikologi Pendidikan Prodi Administrasi Pendidikan Universitas Gresik.

 

Kata kunci : Gaya belajar Visual, Auditori, Kinestetik, Hasil Belajar

Diterbitkan

01-07-2021

Cara Mengutip

Bariroh, S. (2021). PENGARUH GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATAKULIAH PSIKOLOGI PENDIDIKAN PADA MAHASISWA PRODI ADMINISTRASI PENDIDIKAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENIDIKAN UNIVERSITAS GRESIK. Jurnal Ilmiah Jendela Pendidikan, 10(2). https://doi.org/10.55129/jp.v10i2.1321

Terbitan

Bagian

Volume 10 No. 2 Terbitan Juni 2021

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama