Peran Budaya Organisasi Sekolah terhadap Efektivitas Implementasi Program Merdeka Belajar di Lembaga Pendidikan Menengah

Penulis

  • Ginna Novarianti Dwi Putri Pramesti Universitas Kuningan

DOI:

https://doi.org/10.55129/jp.v14i1.3169

Kata Kunci:

budaya organisasi sekolah;, merdeka belajar;, efektivitas implementasi;, pendidikan menengah

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran budaya organisasi sekolah terhadap efektivitas implementasi program Merdeka Belajar di lembaga pendidikan menengah. Latar belakang penelitian didasarkan pada fakta bahwa keberhasilan kebijakan pendidikan tidak hanya ditentukan oleh rancangan program, tetapi juga oleh budaya organisasi yang membentuk perilaku dan praktik warga sekolah. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus di tiga sekolah menengah: sekolah negeri, sekolah swasta umum, dan sekolah berbasis keagamaan. Data diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, serta kuesioner kepada kepala sekolah, guru, tenaga kependidikan, dan siswa. Analisis data dilakukan dengan model interaktif Miles & Huberman melalui tahapan reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sekolah dengan budaya kolaboratif, terbuka, dan inovatif mampu mengimplementasikan Merdeka Belajar dengan lebih efektif. Guru merasa lebih termotivasi ketika dilibatkan dalam pengambilan keputusan, sementara siswa merasakan adanya peningkatan kebebasan dalam pembelajaran, meskipun otonomi penuh belum sepenuhnya terwujud. Sebaliknya, budaya organisasi yang kaku dan hierarkis menjadi penghambat utama, khususnya pada sekolah dengan tradisi pengajaran yang konservatif. Penelitian ini menegaskan pentingnya penguatan budaya organisasi partisipatif untuk mendukung keberhasilan kebijakan nasional. Implikasi praktis penelitian ini adalah perlunya strategi manajemen sekolah yang mendorong kolaborasi, inovasi, serta peningkatan partisipasi siswa dan guru.

File Tambahan

Diterbitkan

21-10-2025

Cara Mengutip

Putri Pramesti, G. N. D. (2025). Peran Budaya Organisasi Sekolah terhadap Efektivitas Implementasi Program Merdeka Belajar di Lembaga Pendidikan Menengah. Jendela Pendidikan : Jurnal Ilmiah Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 14(1), 1–8. https://doi.org/10.55129/jp.v14i1.3169

Artikel Serupa

<< < 6 7 8 9 10 11 12 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.