Implementasi Supervisi Akademik dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru pada Era Kurikulum Merdeka di Sekolah Menengah Pertama
DOI:
https://doi.org/10.55129/jp.v14i1.3155Kata Kunci:
supervisi akademik;, kompetensi pedagogik;, kurikulum merdeka;, guru SMPAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi supervisi akademik dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru sekolah menengah pertama pada era Kurikulum Merdeka. Latar belakang penelitian ini didasari oleh tantangan yang dihadapi guru dalam menerapkan pembelajaran diferensiasi, asesmen diagnostik, dan strategi pembelajaran inovatif sesuai tuntutan kurikulum baru. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus, melibatkan 12 guru, 1 kepala sekolah, dan 1 pengawas sebagai informan kunci. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan model Miles & Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa supervisi akademik berdampak signifikan pada peningkatan kompetensi pedagogik guru, terutama dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Partisipasi siswa juga meningkat dari 55% sebelum supervisi menjadi 82% setelah supervisi. Temuan ini mengindikasikan bahwa supervisi akademik bukan hanya berfungsi sebagai alat kontrol, tetapi juga sebagai sarana pembinaan profesional yang mampu mendorong keberhasilan implementasi Kurikulum Merdeka. Penelitian ini memberikan implikasi praktis bagi kepala sekolah, pengawas, dan pemangku kebijakan untuk memperkuat sistem supervisi akademik yang lebih kolaboratif, meskipun penelitian masih terbatas pada lingkup satu sekolah.