Peran Kepala Sekolah sebagai Manajer dalam Meningkatkan Kompetensi Guru di SDN Tutur I Kabupaten Pasuruan
DOI:
https://doi.org/10.55129/jp.v11i2.1667Abstrak
Tujuan utama penelitian ini adalah mendeskripsikan peran kepala sekolah sebagai manajer dalam meningkatkan kompetensi guru di SDN Tutur I Kabupaten Pasuruan tahun pelajaran 2020/2021. Sementara itu, tujuan khusus penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi yang valid mengenai (1) bagaimana peran kepala sekolah sebagai manajer di SDN Tutur I Kabupaten Pasuruan berdasarkan aspek POAC (Planning, Organizing, Actuating, dan Controling) dan (2) bagaimana upaya kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru di SDN Tutur I Kabupaten Pasuruan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah (1) Peran kepala sekolah sebagai manajer di SDN Tutur I menerapkan prinsip manajemen, antara lain planning (perencanaan), organizing (pengorganisasian), actuating (penggerakan), dan controlling (pengawasan) dan (2) Upaya yang dilakukan kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru di SDN Tutur I Kabupaten Pasuruan antara lain dengan mendukung program peningkatan kompetensi guru dan memfasilitasi guru dalam meningkatkan kompetensinya