Peran Literasi Ekologis dalam Kurikulum Pendidikan Dasar: Upaya Membangun Kesadaran Lingkungan Sejak Usia Dini

Penulis

  • Aisyah Nurjanah Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati

DOI:

https://doi.org/10.55129/jp.v15i2.3143

Abstrak

Kesadaran lingkungan sejak usia dini menjadi kunci dalam membangun generasi yang peduli terhadap keberlanjutan bumi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran literasi ekologis dalam kurikulum pendidikan dasar serta merumuskan strategi implementasi yang relevan dengan konteks Indonesia. Metode penelitian menggunakan pendekatan mixed-method sequential explanatory dengan melibatkan 300 siswa melalui survei kuantitatif dan 20 guru serta kepala sekolah melalui wawancara dan observasi kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat literasi ekologis siswa masih tergolong sedang, dengan variasi antara sekolah perkotaan dan pedesaan. Guru berperan penting dalam mengintegrasikan literasi ekologis melalui pembelajaran formal, kegiatan ekstrakurikuler, dan kampanye lingkungan. Hambatan utama meliputi keterbatasan kurikulum resmi, minimnya fasilitas, dan dukungan kebijakan. Strategi efektif untuk optimalisasi literasi ekologis adalah pembelajaran berbasis proyek, pendidikan luar ruang, integrasi media digital, dan kemitraan dengan komunitas. Penelitian ini menyimpulkan bahwa literasi ekologis pada pendidikan dasar mampu meningkatkan kesadaran, mengubah perilaku siswa, melibatkan komunitas, serta mendukung pencapaian SDGs, khususnya SDG 4 dan SDG 13.

File Tambahan

Diterbitkan

24-10-2025

Cara Mengutip

Nurjanah, A. (2025). Peran Literasi Ekologis dalam Kurikulum Pendidikan Dasar: Upaya Membangun Kesadaran Lingkungan Sejak Usia Dini. Jendela Pendidikan : Jurnal Ilmiah Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 15(2), 69–77. https://doi.org/10.55129/jp.v15i2.3143