UPAYA MENINGKATKAN DISIPLIN GURU DI KELAS DENGAN MENGISI JURNAL MENGAJAR ONLINE MELALUI WEBSITE DI MTs SA MIFTAHUL HIKMAH TAHUN 2019
DOI:
https://doi.org/10.55129/jp.v11i1.1582Kata Kunci:
disiplin guru, ,jurnal mengajar online, website.Abstrak
Dalam setiapkegiatan belajar mengajar di MTS SA Miftahul Hikmah selalu di lakukan pengisian jurnal mengajar guru sebagai bukti guru telah hadir dan mengajar di kelas, yang selama ini masih dilakukan secara manual. Dari pengamatan selama ini, cara manual ini menimbulkan kesulitan bagikepala madrasahdalam melakukan cek kehadiran guru di kelas. Kenyataan itu memotivasi penulis untuk mengembangkan suatu sistem pengisianjurnalmengajargurusecaraonline.Sistemini akanmembuatproses pencatatan jurnal mengajar menjadilebihefisien danmemudahkan kepala madrasah dalam memantau kedisiplinan guru masuk kelas.
Prosespengisian jurnal mengajar online mengikuti tahap-tahap dalam metode dokumentasi. Yaitu dengan mengambil data dari web hasil pengisian jurnal mengajar guru dan berhadapan langsung dengan guru sebagai tindakan evalusi.Obyek pengisian jurnal dibatasi pada guru MTs SA Miftahul Hikmah saja.
Komponen penyusun system terdiri atas smartphone dan jaringan wifi madrasah(sebagaian frastruktuktur komunikasinya), yang di tampilkan di website MTs SA Miftahul Hikmah. Dari hasil Data diperoleh terdapat peningkatan disiplin guru dalam masuk kelas setelah pengisian jurnal mengajar. Bahkan peningkatan kedisiplinan guru 25% dari sebelumnya.
Referensi
DAFTARPUSTAKA
• Moeliono (2011: 111) Disiplin guru dengan meningkatkan tauladan kepala madrasah
• Oetomo ( Dalam Hasbullah 2008:2) Perkembangan teknologi Informasi
• (Andrika,2013). Sistem jurnal mengajar
• ( Sardiman, 2001:123). Pengertian Guru
• Dimyati ( 2000:25) guru pembelajar
• https://rifaudinahmad.wordpress.com/2013/08/26/jurnal-kegiatan-pembelajaran/
• https://www.niagahoster.co.id/blog/pengertian-website/
• https://www.maxmanroe.com/vid/manajemen/pengertian-dokumentasi.html
• FirstAuthorSaintikaPendidikan:JurnalPendidikanSains,Bahasa,Agama,danSosial Volume1,No2, Nov.2017
