Analisis Analisis Statistik Deskriptif Respons Peserta Didik terhadap Video Pembelajaran IPA berbasis Pendekatan Saintifik pada Materi Pencemaran Lingkungan

Penulis

  • Fiky Ahmad Kanzul Fikri Pratama Universitas Jember
  • Sudarti
  • Rif’ati Dina Handayani

DOI:

https://doi.org/10.55129/jp.v11i2.1663

Kata Kunci:

Media Video Pembelajaran, Penecemaran Lingkungan, Analisis Statistik, Analisis Deskriptif.

Abstrak

Analisis kebutuhan yang telah peneliti lakukan di kelas VII SMPN 1 Jenggawah menunjukkan bahwa, pada materi Pencemaran Lingkungan belum tersedia media pembelajaran yang menarik juga menimbulkan motivasi dalam diri peserta didik selama proses pembelajaran berlangsung. Sejalan dengan hal tersebut, peneliti tertarik mengembangkan media video dengan menerapkan pendekatan saintifik pada materi Pencemaran Lingkungan. Analisis Deskriptif dapat memberikan gambaran tentang keadaan atau status fenomena yang berkaitan dengan masalah penelitian berdasarkan data yang telah dikumpulkan. Teknik analisis statistika deskriptif membahas materi-materi statistika antara lain kecenderungan memusatnya nilai atau nilai tengah (tendensi sentral), ukuran variabilitas, meliputi rentangan (range), simpangan baku (standard deviasi). Tujuan penelitian ini adalah menganalisis data hasil respons peserta didik terhadap media video pembelajaran IPA pada materi Pencemaran Lingkungan menggunakan analisis Statistik Deskriptif. Penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif melalui SPSS. Analisis dilakukan menggunakan data uji respons dengan responden sebanyak 30 peserta didik dari SMPN 1 Jenggawah kelas VIIA, VIIB, dan VIIC yang dipilih secara acak. Data uji respons didapatkan dari form kuisioner dengan pertanyaan sebanyak 20 butir dan dilengkapi dengan pilihan jawaban skala likert 1-5. Data uji respons peserta didik menjadi variabel independen dalam analisis deskriptif ini. Data hasil uji respons kemudian di analisisdengan uji statistik deskriptif menggunakan aplikasi SPSS. hasil analisis SPSS yang telah dilakukan terhadap data hasil respons siswa didapat hasil bahwa video pembelajaran sudah sangat baik untuk digunakan dalam pembelajaran khususnya pada materi pencemaran lingkungan dan peserta didik lebih termotivasi dalam mengikuti pembelajaran.

Referensi

Arsyad, Azhar. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Badan Standar Nasional Pendidikan, Standar Penilaian.

Departemen Agama Republik Indonesia. (2010). Al-Qur’an dan Terjemah. Bandung: Jabal.

Fitriyati, Ida, dkk. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Ipa Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Dan Penalaran Ilmiah Peserta didik Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pembelajaran Sains 1 No. 1.

Humaidi, Rif’an. (2013). Media Pembelajaran Konsep dan Implementasi. Jember: STAIN Jember Press.

Jundu, Ricardus, dkk. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran Ipa Berbasis Kontekstual Di Manggarai Untuk Belajar Peserta didik Pada Masa Pandemic Covid-19. Skripsi: Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng.

Munadi, Yudhi. (2013). Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Referensi GP Persada Press.

Musfiqon dan Nurdyansyah. (2015). Pendekatan Pembelajaran Saintifik. Sidoarjo: Nizamia Learning Center Sidoarjo.

Novita, Putri Rika. (2017). Pengaruh Pemanfaatan Media Video Terhadap Hasil Belajar Peserta didik Pada Materi Koloid Di Kelas Xi Sman 10 Aceh Barat Daya. Skripsi: Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam.

Nuryadi, Tutut Dewi Astuti, Endang Sri Utami, and M. Budiantara. 2017. Buku Ajar Dasar-Dasar Statistik Penelitian. Akbar, Sa’dun. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Permendikbud Nomor 37. (2018). Tentang perubahan atas peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan nomor 24 tahun 2016 tentang kompetensi inti dan kompetensi dasar pelajaran pada kurikulum 2013 pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah.

Ramadhan, M. Hanif. (2018). Metode Pendidikan Islam Perspektif Al-Qur’an (Kajian Qs. An-Nahl ayat 125) Tesis, UIN Banten.

Saka, Muhammad Rimando Gili. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Literasi Sains Dengan Menggunakan Software Camtasia Studio. Skripsi, Universitas Islam Negeri Lampung.

Sugiono. (2019). Metode Penelitian & Pengembangan. Bandung: CV Alfabeta.

Ulum, Lulul. (2016). Pengembangan Buku Pengayaan Konteks Otot Buatan untuk membangun Literasi Kimia peserta didik SMA. Skripsi: Universitas Pendidikan Indonesia.

Yudiyanto, dkk. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran IPA Terpadu pada Tema Konservasi Gajah Berkarakter Peduli Lingkungan.” JNSI: Journal of Natural Science and Integration 3 No. 2.

Yunita, Dwi dan Astuti. (2017). Pengaruh Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau Dari Keaktifan Peserta didik. Skripsi, Universitas Sarjanawiyata Tamanpeserta

File Tambahan

Diterbitkan

17-06-2022

Cara Mengutip

Pratama, F. A. K. F., Sudarti, & Dina Handayani , R. . (2022). Analisis Analisis Statistik Deskriptif Respons Peserta Didik terhadap Video Pembelajaran IPA berbasis Pendekatan Saintifik pada Materi Pencemaran Lingkungan. Jurnal Ilmiah Jendela Pendidikan, 11(2), 205–211. https://doi.org/10.55129/jp.v11i2.1663

Terbitan

Bagian

Volume 11 Nomor 2 Bulan Juni 2022