Pengembangan Media Pembelajaran Game Edukasi Menggunakan Model PPE Pada Mata Pelajaran Pengenalan Nama Hewan di TK Negeri 10 Kota Samarinda

Penulis

  • Andi Rustandi Universitas Mulawarman
  • Usfandi Haryaka
  • Else Grasia

DOI:

https://doi.org/10.55129/jp.v11i2.1633

Kata Kunci:

Game Edukasi, Pengenalan Nama Hewan, Pengembangan Media Pembelajaran, Taman Kanak-kanak, Model PPE, Desain Instruksional

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis Android pada pengenalan nama hewan di taman kanak negeri 10 samarinda. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R &D) dengan model pengembangan PPE yang terdiri tiga tahap, yaitu Planning, Production, Evaluation. Pada tahap analisis dilakukan studi literature dan studi lapangan, kemudian memproduksi media dengan membuat flowchart, dan storyboard, kemudian membuat media tersebut sesuai dengan desain yang telah dibuat. Tahap akhir ialah evaluasi dimana media divalidasi oleh guru mata pelajaran sebagai ahli materi dan 3 orang ahli validasi media untuk melihat kelayakan media serta membuat laporan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus 2020.

Hasil dari penelitian yang diperoleh menunjukan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan layak untuk di gunakan sebagai media pembelajaran yang layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran pada materi pembelajaran pengenalan nama hewan dibuktikan dengan persentase dari validasi ahli materi memperoleh kelayakan 87%, validasi kelayakan ahli media 97,33% dan valiadasi siswa memperoleh 68,2%

Berdasarkan uraian di atas maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran ini dikembangkan dengan model pengembangan PPE (Planning,Production, and Evaluation) dengan teknik pengumpulan data studi lapangan, studi literature dan angket yang dianalisis secara deskriptif oleh para ahli dinyatakan bahwa media pembelajaran Android ini Sangat Layak untuk di gunakan.

 

Referensi

Arsyad. Ahzar 2016. Media Pembelajaran. PT.RajaGrafindo Persada, Jakarta

Ariesto Hadi Sutopo. (2003). Multimedia Interaktif dengan Flash. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Cahyaningrum, Resti. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Multimedia Interaktif dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) pada Siswa Kelas VII di SMP Islam AL Azhar Tulungagung. SKRIPSI, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

Daryanto. 2015. Metode Pembelajaran. PT.Raja Grafindo Persada, Jakarta Daryanto. 2010. Multimedia Interaktif. PT.Raja Grafindo Persada, Jakarta Gaudi Lionar. 2019 Dunia Binatang. Bhuana Ilmu Populer.

Hartati, Umi. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif “Bedah Beruang (Belajar Mudah Berhitung Kurang)†untuk Mengenalkan Konsep Pengurangan pada Anak Taman Kanak-Kanak Kelompok B. SKRIPSI, Universitas Negeri Yogyakarta

Komara, Endang. 2014 Belajar dan Pembelajaran Interaktif. Bandung PT Refika Aditama Maulida, Nurul. dkk. 2018. Pembelajaran Interaktif Pengenalan Hewan pada Anak Usia Dini. SKRIPSI , Univeritas Tanjungpura.

Mukhlas sumaini. 2015. Belajar dan pembelajaran. Bandung PT Refika Aditama

P. Insap Santosa. 2004. Interaksi Manusia dan Komputer. Yogyakarta: ANDI. Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Suyono, Hariyanto. 2016 . Belajar dan Pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya Bandung Syaodih, Nana. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Tegeh, Made dan kawan-kawan. 2015. “Pengembangan Buku Ajar Model Penelitian Pengembangan dengan Model ADDIEâ€Â. Disertasi Doktor, Universitas Pendidikan Ganesha.

Vaughan. 2006. Multimedia. Bandung PT Refika Aditama

File Tambahan

Diterbitkan

17-06-2022

Cara Mengutip

Rustandi, A., Haryaka, U., & Grasia, E. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Game Edukasi Menggunakan Model PPE Pada Mata Pelajaran Pengenalan Nama Hewan di TK Negeri 10 Kota Samarinda. Jurnal Ilmiah Jendela Pendidikan, 11(2), 148–157. https://doi.org/10.55129/jp.v11i2.1633

Terbitan

Bagian

Volume 11 Nomor 2 Bulan Juni 2022