PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP KEMANDIRIAN ANAK KELAS VIII-B DI SMPN I BANGILAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Penulis

  • Wiwit Endah Lestari
  • Mas'ud Mas'ud

DOI:

https://doi.org/10.55129/jp.v7i1.542

Abstrak

Keluarga merupakan lingkungan pertama dan utama dalam menumbuh kembangkan anak. Peran keluarga menjadi begitu penting dalam membentuk beberapa sikap dasar yang akan menentukan perkembangan kepribadiannya di masa depan. Pada tahap awal perkembangan, peran keluarga yang utama adalah memberikan perhatian dan memenuhi kebutuhan rasa aman bagi anak sehingga anak mampu mengembangkan dasar kepercayaan terhadap lingkungan. Kemandirian anak sudah harus tumbuh pada usia prasekolah agar kepercayaan dirinya bisa tumbuh dan berkembang dengan wajar. Seorang anak merasa perlu untuk mandiri dan memang ada dorongan nalurinya untuk menjadi mandiri.

Skripsi ini bertujuan untuk menguji ada tidaknya hubungan antara pola asuh orangtua dengan kemandirian anak.Penelitian dilakukan di SMPN I Bangilan Kecamatan Bangilan Kab. Tuban, dengan obyek penelitian siswa dan orangtua anak yang bersangkutan. Instrumen yang digunakan adalah angket pola asuh orangtua yang meminta jawaan dari orangtua siswa untuk mengetahui pola asuh yang mereka terapkan. Penelitian ini juga menggunakan metode observasi yang mengamati tingkat kemandirian siswa di sekolah. Baik angket maupun observasi dinilai dengan skala 1 sampai 4. Uji validitas dan reliabilitas instrumen dilakukan terlebih dahulu sebelum melakukan pengujian selanjutnya. Pengujian ada tidaknya hubungan antara pola asuh orangtua dan kemandirian siswa diuji dengan analisis korelasi product moment.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola asuh orangtua memiliki hubungan yang cukup kuat dengan kemandirian anak dimana diperoleh nilai korelasi sebesar 0,613. Hal ini menunjukkan akan perlunya pemberian sedikit toleransi kepada anak untuk diberikan pola asuh yang benar agar dapat memicu anak untuk dapat melakukan segala sesuatunya secara mandiri.

Berdasarkan simpulan analisis ini disarankan kepada: (1) orangtua untuk lebih meningkatkan sikap positif mereka terhadap program-program dalam rangka mendidik anak untuk memiliki kemandirian yang besar, (2) bagi orang tua agar dapat mendampingi putra-putrinya belajar dan membimbing mereka untuk menentukan cara atau jalan mereka yang terbaik supaya lebih mandiri, (3) bagi pendidik, diharapkan mampu memberikan contoh dan perilaku mandiri kepada siswa.

 

Kata kunci    : Pola asuh orang tua, kemandirian anak

 

DOI :10.5281/zenodo.3472152

Referensi

Abu, 1990, Psikologi Sosial, Jakarta : Rineka Cipta.

Buchori, Mochtar, 2001, Pendidikan Antisipatoris, Yogyakarta : Kanisius.

Depdikbud, 1994, Program Kegiatan Belajar Taman Kanak-Kanak, Jakarta : Rineka Cipta.

Depdiknas, 2004. Kurikulum 2004. Standar Kompetensi. Jakarta.

Drost, 1998, Sekolah : Mengajar atau Mendidik?, Yogyakarta, Kanisius.

Hadi, Sutrisno, 1987, Metodologi Research 3, Yogyakarta : Fakultas Psikologi Universitas Gajah Mada.

Hurlock, Elizabets B, 1997, Perkembangan Anak. Edisi ke 6. Jakarta : Erlangga.

Idris, Zahara, 1992, Pengantar Pendidikan I, Jakarta : Gramedia.

Monks, FJ, Knoers, AMP, Siti, 1999, Psikologi Perkembangan (Pengantar dalam Berbagai Bagiannya), Yogyakarta : Gadjah Mada University Press.

Nicolaas, 1997, Orang Kudus Sepanjang Tahun, Jakarta : Obor.

Patmonodewo, Sumantri, 2000, Pendidikan Anak Prasekolah, Jakarta : Rineka Cipta.

R, Moeslichatoen, 1999, Metode Pengajaran di Taman Kanak-Kanak, Jakarta : Rineka Cipta.

Riyanto, Yatim, 2001, Metodologi Penelitian Pendidikan, Surabaya : SIC.

Sindhunata, 2000, Membuka Masa Depan Anak-Anak Kita, Yogyakarta : Kanisius.

Singgih, 1991, Psikologi Praktis Anak, Remaja dan Keluarga, Jakarta : BPK Gunung Mulia.

Sudjana, 1992, Metode Statistika, Bandung : Tarsito.

Sumarjo, 2001, Rencana Strategi Yayasan Pengudi Luhur, Semarang : YPL.

Wahyuni, Endang, 2001, Cara praktis Mengasuh dan Membimbing Anak Agar

Menjadi Cerdas dan Bahagia, Pionir Jaya. Widayadi, C, Sri, dkk, 1999, Reformasi Pendidikan Dasar Menyiapkan Pribadi

Berkualitas Menghadapi Persaingan Global, Jakarta 20270 : Grasindo.

Windradini, Soesila, 1985, Psikologi Perkembangan Masa Remaja, Surabaya : Usaha Nasional.

File Tambahan

Diterbitkan

26-12-2017

Cara Mengutip

Endah Lestari, W., & Mas’ud, M. (2017). PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP KEMANDIRIAN ANAK KELAS VIII-B DI SMPN I BANGILAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Jendela Pendidikan : Jurnal Ilmiah Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 7(1). https://doi.org/10.55129/jp.v7i1.542