ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN PAI DI MTSS AN-NUR HAMPARAN PERAK
DOI:
https://doi.org/10.55129/jp.v11i1.1618Kata Kunci:
Karakteristik Media Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Media Pembelajaran, Metode KualitatifAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pemanfaatan media pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar siswa serta mendeskripsikan upaya dan permasalahan yang terjadi dalam meningkatkan minat belajar siswa. Untuk mencapai tujuan pendidikan Islam, dalam proses pembelajaran sebaiknya guru menggunakan media pembelajaran agar proses pembelajaran lebih menarik dan mudah dipahami siswa. Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyampaikan materi dan materi tentang Islam kepada peserta didik agar terwujud kepribadian muslim yang sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Islam. Karakteristik media pembelajaran Islam dapat diklasifikasikan menjadi media grafis, media audio dan media proyeksi diam. Pendidikan Agama Islam (PAI) adalah upaya mempersiapkan peserta didik untuk memahami, beriman, bertakwa, berakhlak mulia, dan menjalankan ajaran agama Islam yang telah diajarkan dari sumber utama yaitu kitab suci al-Quran dan al-Hadits. , melalui kegiatan bimbingan, pengajaran. , melatih, dan mengimplementasikan ilmu agama dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan penelitian lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor pendukung keberhasilan peningkatan minat belajar siswa dalam proses kegiatan pembelajaran adalah penggunaan media pembelajaran.
Referensi
Dewi G, Nur L. Gina Dewi Lestari Nur,
Pembelajaran Vokal Grup
Dalam Kegiatan Pembelajaran Diri di
SMPN 1 Panumbangan Ciamis
Universitas Pendidikan Indonesia.
Yoanda Amallya. Published online
:2008-2010.
Hasan MMDHKT. Media Pembelajaran.;
Samrin. Pendidikan agama Islam dalam
sistem pendidikan nasional di
Indonesia. Pendidik Agama Islam.
;1999(December):1-6.
M. Umarul Faruki. Implementasi PAI
Dalam Kurikulum 2013 Untuk
Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa
di MA Al-Hikmah Langkapan
Srengat Blitar Tahun Ajaran
/2016. Meningkat Prestasi
Belajar Siswa. 2016;5:9-71.
Ruzaik F. Pendidikan Agama Islam (PAI).
Implemantasi ajaran PAI.
;(20):61-64.
Susanti HD, Arfamaini R, Sylvia M, et al.
PEMBAHARUAN PENDIDIKAN
ISLAM MENURUT MUHAIMIN. J
Keperawatan Univ Muhammadya
Malang. 2017;4(1):724-732.
Muhammad S. BAB II KAJIAN TEORI A.
Tinjauan Tentang Guru Pendidikan
Agama Islam (PAI) 1. Tinj Tentang
Guru Pendidik Agama Islam.
Published online 2005:27-56.
Waluyo B. Pengembangan Meida
Pembelajaran PAI Berbasis ICT. ANNur Kaji Pendidik dan Ilmu Keislam.
;7(2):230-250.
Cahyani I. pengertian membaca. Membaca.
;2(13):10-24.
Pane A, Darwis Dasopang M. Belajar Dan
Pembelajaran. FITRAHJurnal Kaji
Ilmu-ilmu Keislam. 2017;3(2):333.
Suhendar A, Mustofa Z. Media
Pembelajaran Mengenal Bentuk dan
Warna Berbasis Multimedia pada RA
Al-A’raaf. Protekinfo. 2017;1(1):68-
Zamrodah Y. Penggunaan Media Gambar
dalam Proses Pembelajaran dapat
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
Sekolah Dasar. 2016;15(2):1-23.
Hamidah S. Kajian Teori Toleransi.
Published online 2010:11-31.
Atmajaya YT. Pentingnya media
pembelajaran dalam proses belajar
mengajar. J Aktual Med.
;3(1):70.
Rohayu, Deni Adi Putra, Kunti Dian Ayu
Afiani. Analisis Penggunaan Media
Pembelajaran dalam Meningkatkan
Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa.
Inventa. 2021;5(1):30-46.
Hardianto. Media Pembelajaran Dalam
Pendidikan Agama Islam. J Pendidik
Islam. 2015;3(1):5.
Sartika F, Desriwita E, Ritonga M.
Pemanfaatan media pembelajaran
dalam meningkatkan motivasi dan
hasil belajar PAI di sekolah dan
madrasah. Humanika.
;20(2):115-128.
Faradila SP, Aimah S. Analisis Penggunaan
Media Pembelajaran untuk
Meningkatkan Minat Belajar Siswa
di SMA N 15 Semarang.
;1(2005):508-512.
Rijali A. Analisis Data Kualitatif.
Alhadharah J Ilmu Dakwah.
;17(33):81.