ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN PAI DI MTSS AN-NUR HAMPARAN PERAK

Penulis

  • Indah Novita Sari Pendidikan Agama Islam, Universitas Pembangunan Panca Budi
  • Fitri Amaliyah Batubara Pendidikan Agama Islam, Universitas Pembangunan Panca Budi

DOI:

https://doi.org/10.55129/jp.v11i1.1618

Kata Kunci:

Karakteristik Media Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Media Pembelajaran, Metode Kualitatif

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pemanfaatan media pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar siswa serta mendeskripsikan upaya dan permasalahan yang terjadi dalam meningkatkan minat belajar siswa. Untuk mencapai tujuan pendidikan Islam, dalam proses pembelajaran sebaiknya guru menggunakan media pembelajaran agar proses pembelajaran lebih menarik dan mudah dipahami siswa. Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyampaikan materi dan materi tentang Islam kepada peserta didik agar terwujud kepribadian muslim yang sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Islam. Karakteristik media pembelajaran Islam dapat diklasifikasikan menjadi media grafis, media audio dan media proyeksi diam. Pendidikan Agama Islam (PAI) adalah upaya mempersiapkan peserta didik untuk memahami, beriman, bertakwa, berakhlak mulia, dan menjalankan ajaran agama Islam yang telah diajarkan dari sumber utama yaitu kitab suci al-Quran dan al-Hadits. , melalui kegiatan bimbingan, pengajaran. , melatih, dan mengimplementasikan ilmu agama dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan penelitian lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor pendukung keberhasilan peningkatan minat belajar siswa dalam proses kegiatan pembelajaran adalah penggunaan media pembelajaran.

Referensi

Dewi G, Nur L. Gina Dewi Lestari Nur,

Pembelajaran Vokal Grup

Dalam Kegiatan Pembelajaran Diri di

SMPN 1 Panumbangan Ciamis

Universitas Pendidikan Indonesia.

Yoanda Amallya. Published online

:2008-2010.

Hasan MMDHKT. Media Pembelajaran.;

Samrin. Pendidikan agama Islam dalam

sistem pendidikan nasional di

Indonesia. Pendidik Agama Islam.

;1999(December):1-6.

M. Umarul Faruki. Implementasi PAI

Dalam Kurikulum 2013 Untuk

Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa

di MA Al-Hikmah Langkapan

Srengat Blitar Tahun Ajaran

/2016. Meningkat Prestasi

Belajar Siswa. 2016;5:9-71.

Ruzaik F. Pendidikan Agama Islam (PAI).

Implemantasi ajaran PAI.

;(20):61-64.

Susanti HD, Arfamaini R, Sylvia M, et al.

PEMBAHARUAN PENDIDIKAN

ISLAM MENURUT MUHAIMIN. J

Keperawatan Univ Muhammadya

Malang. 2017;4(1):724-732.

Muhammad S. BAB II KAJIAN TEORI A.

Tinjauan Tentang Guru Pendidikan

Agama Islam (PAI) 1. Tinj Tentang

Guru Pendidik Agama Islam.

Published online 2005:27-56.

Waluyo B. Pengembangan Meida

Pembelajaran PAI Berbasis ICT. ANNur Kaji Pendidik dan Ilmu Keislam.

;7(2):230-250.

Cahyani I. pengertian membaca. Membaca.

;2(13):10-24.

Pane A, Darwis Dasopang M. Belajar Dan

Pembelajaran. FITRAHJurnal Kaji

Ilmu-ilmu Keislam. 2017;3(2):333.

Suhendar A, Mustofa Z. Media

Pembelajaran Mengenal Bentuk dan

Warna Berbasis Multimedia pada RA

Al-A’raaf. Protekinfo. 2017;1(1):68-

Zamrodah Y. Penggunaan Media Gambar

dalam Proses Pembelajaran dapat

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Sekolah Dasar. 2016;15(2):1-23.

Hamidah S. Kajian Teori Toleransi.

Published online 2010:11-31.

Atmajaya YT. Pentingnya media

pembelajaran dalam proses belajar

mengajar. J Aktual Med.

;3(1):70.

Rohayu, Deni Adi Putra, Kunti Dian Ayu

Afiani. Analisis Penggunaan Media

Pembelajaran dalam Meningkatkan

Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa.

Inventa. 2021;5(1):30-46.

Hardianto. Media Pembelajaran Dalam

Pendidikan Agama Islam. J Pendidik

Islam. 2015;3(1):5.

Sartika F, Desriwita E, Ritonga M.

Pemanfaatan media pembelajaran

dalam meningkatkan motivasi dan

hasil belajar PAI di sekolah dan

madrasah. Humanika.

;20(2):115-128.

Faradila SP, Aimah S. Analisis Penggunaan

Media Pembelajaran untuk

Meningkatkan Minat Belajar Siswa

di SMA N 15 Semarang.

;1(2005):508-512.

Rijali A. Analisis Data Kualitatif.

Alhadharah J Ilmu Dakwah.

;17(33):81.

File Tambahan

Diterbitkan

01-01-2022

Cara Mengutip

Novita Sari, I. ., & Amaliyah Batubara, F. . (2022). ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN PAI DI MTSS AN-NUR HAMPARAN PERAK. Jurnal Ilmiah Jendela Pendidikan, 11(2), 86–99. https://doi.org/10.55129/jp.v11i1.1618