PENGARUH SUPERVISI KLINIS TERHADAP PENINGKATAN MUTU BELAJAR SERAYA BERMAIN DI TK MUSLIMAT NU 8 GRESIK
DOI:
https://doi.org/10.55129/jp.v11i1.1579Kata Kunci:
supervisi klinis peningkatan mutu, belajar seraya bermain.Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mengetahui pelaksanaan supervisi klinis di TK Muslimat NU 8 Gresik. 2) Mengetahui pengaruh pelaksanaan supervisi klinis terhadap peningkatan mutu belajar seraya bermain di TK Muslimat NU 8 Gresik. Penelitian ini berjenis kualitatif dengan metode wawancara, observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah sebagai supervisor, 10 guru sebagai Supervised yang terdiri dari 5 guru kelompok A dan 5 guru kelompok B. Pengecekan keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi teori dan menggunakan analisis data jenis Milles dan Huberman, Serta menggunakan teori Sagala dan Mulyasa. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan 1) Pelaksanaan supervisi klinis di TK Muslimat NU 8 Gresik ada 4 tahapan : a) Pra siklus. Guru terlebih dahulu membutuhkan bantuan dari supervisor guna menyelesaikan masalah pembelajaran. b) Siklus pertama. Supervisor dan guru membuat instrumen, jadwal yang diperlukan. c) Siklus kedua. Supervisor melakukan observasi proses belajar mengajar secara tatap muka. d) Siklus ketiga. Guru dan supervisor menyampaikan pendapat tentang pembelajaran yang telah dilaksanakan. Supervisor tidak hanya memberi bimbingan tentang perbaikan pembelajaran saja. Tapi juga memberi motivasi dan semangat kepada guru. 2) Mutu belajar seraya bermain di TK Muslimat NU 8 meningkat dengan adanya supervisi klinis. Dibuktikan dengan adanya peningkatan nilai presentase supervisi klinis dari semester I ke semester II. Sehingga supervisi klinis sangat berpengaruh positif dan dibutuhkan guru untuk peningkatan mutu belajar seraya bermain di TK Musliamat NU 8.
