PENGGUNAAN METODE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KREATIFITAS SISWA DALAM MENDISKRIPSIKAN SHOLAT BERJAMAAH DI SMP DARUL ISLAM GRESIK
DOI:
https://doi.org/10.55129/jp.v7i1.541Abstrak
Metode Jigsaw ini dipilih sebagai strategi pemecahan masalah dengan dasar pertimbangan bahwa pada hakikatnya dunia anak-anak adalah bermain. Bermain merupakan satu kegiatan yang sangat disukai anak bahkan orang dewasa. Dengan bermain akan dapat menumbuhkan kreativitas siswa.
Bermain juga bisa digunakan sebagai media untuk mengeksplorasi keinginan dan cita-cita yang diidam- idamkan anak. Bermain dapat digunakan sebagai wahana untuk mentransfer ilmu pengetahuan. Bermain dapat menimbulkan semangat dan motivasi.
Dalam pembelajaran di sekolah yang dihadapi guru adalah anak-anak dengan berbagai karakter dan keinginan yang selalu ingin bermain. Minat anak terhadap segala bentuk permainan sangat tinggi. Oleh karena itu metode ini menjadi salah satu upaya yang dapat meningkatkan kreatifitas siswa dalam belajar mendiskripsikan salah satu mata pelajaran di SMP Darul Islam Gresik, yaitu PAI pada materi tentang Sholat berjamaah.
ÂÂÂÂ
Kata Kunci : Metode Jigsaw, Kreatifitas, Diskripsi Sholat Berjamaah
DOI :10.5281/zenodo.3472148
Referensi
- Darsono. 2000. Belajar dan Pembelajaran. Semarang : CV. IKIP Semarang Press.
- Martinis Yasmin, 2004, Strategi dan Metode dalam Model Pembelajaran, Jakarta, GP Press Group
- Djamarah, Syaiful Bachri. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.
- http://ronoilimah.blogspot.co.id/2015/05/makalah-pengembangan-kreativitas-siswa.html
- https://desykartikaputri.wordpress.com/2013/01/02/makalah-model-pembelajaran-jigsaw/
- http://rahmantobudi.blogspot.co.id/2015/03/makalah-pembelajaran-tipe-jigsaw.html
- Hopkins, David. 1993. A Teacher’Guide To Classroom. Philadelpia: University Press