Pengaruh metode Tanya Jawab dan Diskusi Terhadap Prestasi Hasil Belajar Bahasa Indonesia siswa Kelas 5 SDIT Ya Bunayya Kecamatan Wringinanom Kabupaten Gresik
DOI:
https://doi.org/10.55129/jp.v7i2.739Abstrak
Metode belajar adalah suatu dasar pokok untuk membangkitkan semangat atau motivasi dari luar agar prestasi belajar berhasil secara maksimal sesuai dengan harapan yang telah ditetapkan sebelumnya. Dengan demikian metode tanyajawab dan diskusi diharapkan dapat memperbaiki prestasi belajar siswa pada umumnya dan khususnya pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas 5 di SDIT Ya Bunayya Kecamatan Wringinanom Kabupaten Gresik.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Seberapa besar pelaksanaan Metode Tanyajawab dan diskusi di SDIT Ya Bunayya Kecamatan Wringinanom Kabupaten Gresik. 2) Seberapa besar prestasi hasil belajar Bhasa Indonesia siswa SDIT Ya Bunayya Kecamatan Wringinanom Kabupaten Gresik ; 3) Seberapa besar pengaruh Metode Tanyajawabdan diskusi terhadap prestasi hasil belajar Bahasa Indonesia siswa SDIT Ya Bunayya Kecamatan Wringinanom Kabupaten Gresik.
Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1)Ingin Mengetahui Seberapa besar pelaksanaan Metode Tanyajawab dan diskusi di SDN Sakauning Kecamatan Tambak Kabupaten Gresik 2) Ingin Mengetahui Seberapa besar prestasi hasil belajar Bhasa Indonesia siswa SDIT Ya Bunayya Kecamatan Wringinanom Kabupaten Gresik ; 3) Ingin Mengetahui Seberapa besar pengaruh Metode Tanyajawab dan diskusi terhadap prestasi hasil belajar Bahasa Indonesia siswa SDIT Ya Bunayya Kecamatan Wringinanom Kabupaten Gresik.
Hasil penelitian : Berdasarkan pembahasan dan analisa data hasil penelitian sebagai berikut: 1).Hasil gambaran analisa angket dari variabel manajemen keuangan diperoleh 7,2 bearti termasuk kategori cukup pelaksanaan Manajeman Keuangan di SDIT Ya Bunayya Kecamatan Wringinanom Kabupaten Gresik.2).Hasil gambaran analisa variabel prestasi hasil belajar diperoleh 7,1 berarti termasuk kategori cukup pelaksanaan prestasi hasil belajar di SDIT Ya Bunayya Kecamatan Wringinanom Kabupaten Gresik.3).Hasil penelitian tentang Pengaruh Manajemen Keuangan terhadap prestasi hasil belajar siswa kelas 5 SDIT Ya Bunayya Kecamatan Wringinanom Kabupaten Gresik.dengan menggunakan korelasi product moment untuk N = 40 dengan taraf signifikan 5 % diketahui r tabel 0,312 , sedangkan hasil perhitungan peneliti dihasilkan r hitung 0,9835 maka dapat diketahui bahwa ada hubungan yang signifikan.
ÂÂÂÂ
DOI :10.5281/zenodo.3472102
Referensi
______,Majalah Pembinaan Pendidikan no.3, Dian Indah Perkasa, Agustus 1998
______,Majalah Pembinaan Pendidikan No.5, Dian Indah Perkasa, Agustus 1998
Bakri Djamarah . 2006 , Strategi Pembelajaran , CV . Rineka Aksara , Jakarta
Gulo,Dali,Kamus psikologi,Tris PO BOX 175,Bandung,Cet,I,1982
Hadi,Sutrisno,Prof.Drs,MA,Statistik 2, Fakultas Psykologi Universitas Gajah Mada,Yojakarta.
Indrakusuma,Amir Dien,Drs,Pengantar Ilmu Pendidikan,Usaha Nasional , Surabaya,1973.
IKIP Surabaya,Majalah Media Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan,no.16 Tahun IX ,Mei 1985.
Parera,JD dan Tasai S.Parman,Pintar Berbahasa Indonesia Untuk SLTP Jilid II,balai Pustaka, jakarta,1995.
Pasaribu,IL,dan SimanjuntakB,,DedaktikdanMetodik,PTTarsito,Bandung,
Purwanto,M,Ngalim, Drs ,PsykologiPendidikan,.PT.Remaja Rosdakarya, Bandung,1996
Pusat Pembinaan dan Penegmbangan Bahasa, Kamus Besar Bahasa Indonesia,Balai Pustaka ,jakarta ,1989
Rahardja,M,Dawam,Keluar Dari Kemelut Pendidikan Nasional,PT Intermasa, Jakarta,1997
Singarimbun, Masri dan Efendi, Sofian,Metode Penelitian Survei,LP 3 ES, jakarta,1986