UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR AGAMA ISLAM KELAS 5 MELALUI METODE CERAMAH DAN SOSIODRAMA DI SDN PEKALONGAN KECAMATAN TAMBAK KABUPATEN GRESIK
DOI:
https://doi.org/10.55129/jp.v6i2.535Abstrak
Latar Belakang di dalam sistem terdapat komponen-komponen , setiap komponen melaksanakan fungsinya masing-masing. Komponen yang integral yaitu bagian dari suatu sistem yang sama sekali tidak dapat dipisahkan dari sistem itu, sebab tanpa komponen integral ini tujuan akan sulit dicapai, sedangkan komponen yang tidak integral adalah apabil;a dihilangkan tidak mempengaruhi kerja sistem, sistem pembelajaran mempunyai banyak komponen, salah satu komponen yang merupakan komponen integral adalah komponen pembelajaran.
               Rumusan seberapa besar “Upaya peningkatan prestasi belajar Agama Islam siswa kelas 5 malalui metode Ceramah dan Sosiodrama di SDN Pekalongan Kecamatan Tambak Kabupaten Gresik
Tujuan ingin mengetahui seberapa besar “Upaya peningkatan prestasi belajar Agama Islam siswa kelas 5 malalui metode Ceramah dan Sosiodrama di SDN Pekalongan Kecamatan Tambak Kabupaten Gresik
               Metodologi penelitian yaitu dengan populasi “Upaya peningkatan prestasi belajar Agama Islam siswa kelas 5 malalui metode Ceramah dan Sosiodrama di SDN Pekalongan Kecamatan Tambak Kabupaten Gresik dan sampelnya 35 Siswa kelas 5 “Upaya peningkatan prestasi belajar Agama Islam siswa kelas 5 malalui metode Ceramah dan Sosiodrama di SDN Pekalongan Kecamatan Tambak Kabupaten Gresik dengan analisa data untuk menguji hipotesa dengan cara Non Statistik dengan Prosentase .
Berdasarkan problematik dan tujuan penelitian ini hasil-hasil penelitian dapat dipeorleh kreteria amat baik baik “Upaya peningkatan prestasi belajar Agama Islam siswa kelas 5 malalui metode Ceramah dan Sosiodrama di SDN Pekalongan Kecamatan Tambak Kabupaten Gresik.†dan terdapat hubungan yang signifikan antara penggunaan media terhadap prestasi relajar.
DOI :10.5281/zenodo.3472164
Referensi
______,Majalah Pembinaan Pendidikan no.3, Dian Indah Perkasa, Agustus 1998
______,Majalah Pembinaan Pendidikan no.5, Dian Indah Perkasa, Agustus 1998
Arikunto Suharsimi (1993) Prosedur Penelitian, sauatu Pendekatan Praktek, Jakarta,PT.Bina Akara
Arikunto Suharsimi (1982), Pengelolaan Kelas dan siswa, Jakarta, PT Rya Grafindo Persada
Bakri djamarah, (1985) Strategi Belajar Mengajar, Banjarmasin,Rineke Cipta.
Departemen Pendidikan Nasional. 2002. Manajemen Keuangan. Materi Pelatihan Terpadu untuk Kepala Sekolah. Jakarta: Dirjen Dikdasmen, Direktorat Pendidikan Lanjutan Tingkat Pertama
Direktorat Pendidikan Dasar. 1995/1996. Pengelolaan Sekolah di Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Pendidikan Dasar. Ditdikdasmen Depdikbud
Efendi Usman (1985), Pengantar Psikologi, , Bandung, Angkasa.
Gulo,Dali,Kamus psikologi,Tris PO BOX 175,Bandung,Cet,I,1982
Hadi,Sutrisno , Statistik 2, Fakultas Psykologi Universitas Gajah Mada,Yojakarta.
Hadi Sutrisno (1993), IStatistik Jilid I,Yogjakarta,Fakultas Psikologi UGM
Indrakusuma,Amir Dien , ,Pengantar Ilmu Pendidikan,Usaha Nasional , Surabaya,1973.
IKIP Surabaya,Majalah Media Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan,no.16 Tahun IX ,Mei 1985.
Imron, Ali. 2004. Manajemen Keuangan Berbasis Sekolah. Dalam Maisyaroh dkk, 2004. Perspektif Manajemen Pendidikan Berbasis Sekolah. Malang: Penerbit Universitas Negeri Malang.
Kadarman, A.M. dan Udaya, Jusuf. 1992. Pengantar Ilmu Manajemen: Buku Panduan Mahasiswa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 056/U/2001 tentang Pedoman Pembiayaan Penyelenggaraan Pendidikan di Sekolah. Jakarta: CV Tamita Utama
M.Ngalim Purwanto (1995),Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis,Bandung,PT.Remaja Rosda Karya.
Manullang, M. 1990. Dasar-dasar Manajemen. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Mardiana Z,( 1998 ) Pengelolaan Kelas dan Motivasi Belajar, Surabaya,Institut Keguruan dan Ilmu pendidikan,Surabaya.
Noeh Nasution (1991) Psikologi Pendidikan, Jakarta, Depdikbud.
Parera,JD dan Tasai S.Parman,Pintar Berbahasa Indonesia Untuk SLTP Jilid II,balai Pustaka, jakarta,1995.
Pasaribu,IL, Simanjuntak B, DedaktikdanMetodik , PTTarsito,Bandung,
Purwqnto, M, Ngalim, ,PsykologiPendidikan,.PT.Remaja Rosdakarya, Bandung,
Pusat Pembinaan dan Penegmbangan Bahasa, Kamus Besar Bahasa Indonesia,Balai Pustaka ,jakarta ,1989
Rahardja,M,Dawam,Keluar Dari Kemelut Pendidikan Nasional,PT Intermasa, Jakarta,1997
Pemerintah Kota Malang. 2002. Kutipan Buku Pedoman Kerja dan Penekanan Tugas. Malang: Dinas Pendidikan Kota Malang
Singarimbun, Masri dan Efendi, Sofian,Metode Penelitian Survei,LP 3 ES, jakarta,1986
Staf dosen BPA Universitas Gajah Mada,Kamus Administrasi, Gunung Agung jakarta, 1972
Sugiyono, Statistika Untuk Penelitian , CV. Alvabeta,Bandung,1999
Sudarsono, Sudirdja,Dkk, Pengelolaan belajar ( terjemah Ivor K.Danies),CV,rajawali,jakarta,1987.
Sudjana,.Metodologi Penelitian Pendidikan, Pusat Penelitian IKIP Surabaya,1987.
Swastha, Basu. 1985. Azas-azas Manajemen Modern. Yogyakarta: Liberty.
Suharsimi Arikunto,(1991), Prosedur Penelitian,Yogjakarta PT.Reneka Cipta.
Surachmad Winarno (1989),Metodologi Pengajaran Nasional, Bandung, Jamars.
Sudirman,N,(1991), Ilmu pendidikan,bandung,PT.Rosda Karya.
Supriadi, Dedi. 2004. Satuan Biaya Pendidikan Dasar dan Menengah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Sutarsih, Cicih. Tanpa tahun. Administrasi Keuangan Sekolah. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Direktorat Tenaga Kependidikan.
Timan, Agus, Maisyaroh, Djum Djum Noor Benty. 2000. Pengantar Manajemen Pendidikan. Malang: AP FIP UM
Tie Tjing Bing, Organisasi Pokok dasar Pimpinan, Bappet eei dan Sinar Ilmu, Medan,1990.
Undang-undang No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: CV Tamita Utama
Undang-undang No 22 tahun 1999, yang direvisi dengan Undang-undang No 32 tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah.
Widjanarko, M. dan Sahertian, P.A. 1996/1997. Manajemen Keuangan Sekolah. Bahan Pelatihan Manajemen Pendidikan bagi Kepala SMU se- Indonesia di Malang
Wijaya Cece (1991),Kemampuan Dasar Guru dalam Proses Belajar Mengajar, Bandung, PT.Remaja Rosda Karya.
Winarno Surachmad, Dasar dan Teknik Reseurch Pengantar Metodologi ilmiah,Bandung,tarsito,1987.
…………..(1981) Pengantar Dasar-dasar Pendidikan, Surabaya, Usaha Nasional Cetakan ke III.
…………..(1996) Belajar dan Pembelajaran Universitas, Surabaya,IKIP Surabaya.
…………..(1991) Menjadi Guru Profesional, Bandung PT.Rosda Karya