UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR AGAMA ISLAM KELAS 5 MELALUI METODE CERAMAH DAN SOSIODRAMA DI SDN PEKALONGAN KECAMATAN TAMBAK KABUPATEN GRESIK

Penulis

  • Adi Penata Rahmawan
  • Rizal Rizal

DOI:

https://doi.org/10.55129/jp.v6i2.535

Abstrak

Latar Belakang  di dalam sistem terdapat komponen-komponen , setiap komponen melaksanakan fungsinya masing-masing. Komponen yang integral yaitu bagian dari suatu sistem yang sama sekali tidak dapat dipisahkan dari sistem itu, sebab tanpa komponen integral ini tujuan akan sulit dicapai, sedangkan komponen yang tidak integral adalah apabil;a dihilangkan tidak mempengaruhi kerja sistem, sistem pembelajaran mempunyai banyak komponen, salah satu komponen yang merupakan komponen integral adalah komponen pembelajaran.

                Rumusan seberapa besar “Upaya peningkatan prestasi belajar Agama Islam  siswa  kelas 5 malalui  metode Ceramah dan Sosiodrama  di SDN Pekalongan  Kecamatan Tambak  Kabupaten Gresik

Tujuan ingin mengetahui seberapa besar “Upaya peningkatan prestasi belajar Agama Islam  siswa  kelas 5 malalui  metode Ceramah dan Sosiodrama  di SDN Pekalongan  Kecamatan Tambak  Kabupaten Gresik

                Metodologi penelitian yaitu dengan populasi “Upaya peningkatan prestasi belajar Agama Islam  siswa  kelas 5 malalui  metode Ceramah dan Sosiodrama  di SDN Pekalongan  Kecamatan Tambak  Kabupaten Gresik dan sampelnya 35 Siswa kelas 5 “Upaya peningkatan prestasi belajar Agama Islam  siswa  kelas 5 malalui  metode Ceramah dan Sosiodrama  di SDN Pekalongan  Kecamatan Tambak  Kabupaten Gresik dengan analisa data untuk menguji hipotesa dengan cara  Non Statistik dengan Prosentase .

Berdasarkan problematik dan tujuan penelitian ini hasil-hasil penelitian dapat dipeorleh kreteria amat baik baik “Upaya peningkatan prestasi belajar Agama Islam  siswa  kelas 5 malalui  metode Ceramah dan Sosiodrama  di SDN Pekalongan  Kecamatan Tambak  Kabupaten Gresik.†dan terdapat hubungan yang signifikan antara penggunaan media terhadap prestasi relajar.



DOI :10.5281/zenodo.3472164

Referensi

______,Majalah Pembinaan Pendidikan no.3, Dian Indah Perkasa, Agustus 1998

______,Majalah Pembinaan Pendidikan no.5, Dian Indah Perkasa, Agustus 1998

Arikunto Suharsimi (1993) Prosedur Penelitian, sauatu Pendekatan Praktek, Jakarta,PT.Bina Akara

Arikunto Suharsimi (1982), Pengelolaan Kelas dan siswa, Jakarta, PT Rya Grafindo Persada

Bakri djamarah, (1985) Strategi Belajar Mengajar, Banjarmasin,Rineke Cipta.

Departemen Pendidikan Nasional. 2002. Manajemen Keuangan. Materi Pelatihan Terpadu untuk Kepala Sekolah. Jakarta: Dirjen Dikdasmen, Direktorat Pendidikan Lanjutan Tingkat Pertama

Direktorat Pendidikan Dasar. 1995/1996. Pengelolaan Sekolah di Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Pendidikan Dasar. Ditdikdasmen Depdikbud

Efendi Usman (1985), Pengantar Psikologi, , Bandung, Angkasa.

Gulo,Dali,Kamus psikologi,Tris PO BOX 175,Bandung,Cet,I,1982

Hadi,Sutrisno , Statistik 2, Fakultas Psykologi Universitas Gajah Mada,Yojakarta.

Hadi Sutrisno (1993), IStatistik Jilid I,Yogjakarta,Fakultas Psikologi UGM

Indrakusuma,Amir Dien , ,Pengantar Ilmu Pendidikan,Usaha Nasional , Surabaya,1973.

IKIP Surabaya,Majalah Media Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan,no.16 Tahun IX ,Mei 1985.

Imron, Ali. 2004. Manajemen Keuangan Berbasis Sekolah. Dalam Maisyaroh dkk, 2004. Perspektif Manajemen Pendidikan Berbasis Sekolah. Malang: Penerbit Universitas Negeri Malang.

Kadarman, A.M. dan Udaya, Jusuf. 1992. Pengantar Ilmu Manajemen: Buku Panduan Mahasiswa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 056/U/2001 tentang Pedoman Pembiayaan Penyelenggaraan Pendidikan di Sekolah. Jakarta: CV Tamita Utama

M.Ngalim Purwanto (1995),Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis,Bandung,PT.Remaja Rosda Karya.

Manullang, M. 1990. Dasar-dasar Manajemen. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Mardiana Z,( 1998 ) Pengelolaan Kelas dan Motivasi Belajar, Surabaya,Institut Keguruan dan Ilmu pendidikan,Surabaya.

Noeh Nasution (1991) Psikologi Pendidikan, Jakarta, Depdikbud.

Parera,JD dan Tasai S.Parman,Pintar Berbahasa Indonesia Untuk SLTP Jilid II,balai Pustaka, jakarta,1995.

Pasaribu,IL, Simanjuntak B, DedaktikdanMetodik , PTTarsito,Bandung,

Purwqnto, M, Ngalim, ,PsykologiPendidikan,.PT.Remaja Rosdakarya, Bandung,

Pusat Pembinaan dan Penegmbangan Bahasa, Kamus Besar Bahasa Indonesia,Balai Pustaka ,jakarta ,1989

Rahardja,M,Dawam,Keluar Dari Kemelut Pendidikan Nasional,PT Intermasa, Jakarta,1997

Pemerintah Kota Malang. 2002. Kutipan Buku Pedoman Kerja dan Penekanan Tugas. Malang: Dinas Pendidikan Kota Malang

Singarimbun, Masri dan Efendi, Sofian,Metode Penelitian Survei,LP 3 ES, jakarta,1986

Staf dosen BPA Universitas Gajah Mada,Kamus Administrasi, Gunung Agung jakarta, 1972

Sugiyono, Statistika Untuk Penelitian , CV. Alvabeta,Bandung,1999

Sudarsono, Sudirdja,Dkk, Pengelolaan belajar ( terjemah Ivor K.Danies),CV,rajawali,jakarta,1987.

Sudjana,.Metodologi Penelitian Pendidikan, Pusat Penelitian IKIP Surabaya,1987.

Swastha, Basu. 1985. Azas-azas Manajemen Modern. Yogyakarta: Liberty.

Suharsimi Arikunto,(1991), Prosedur Penelitian,Yogjakarta PT.Reneka Cipta.

Surachmad Winarno (1989),Metodologi Pengajaran Nasional, Bandung, Jamars.

Sudirman,N,(1991), Ilmu pendidikan,bandung,PT.Rosda Karya.

Supriadi, Dedi. 2004. Satuan Biaya Pendidikan Dasar dan Menengah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Sutarsih, Cicih. Tanpa tahun. Administrasi Keuangan Sekolah. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Direktorat Tenaga Kependidikan.

Timan, Agus, Maisyaroh, Djum Djum Noor Benty. 2000. Pengantar Manajemen Pendidikan. Malang: AP FIP UM

Tie Tjing Bing, Organisasi Pokok dasar Pimpinan, Bappet eei dan Sinar Ilmu, Medan,1990.

Undang-undang No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: CV Tamita Utama

Undang-undang No 22 tahun 1999, yang direvisi dengan Undang-undang No 32 tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah.

Widjanarko, M. dan Sahertian, P.A. 1996/1997. Manajemen Keuangan Sekolah. Bahan Pelatihan Manajemen Pendidikan bagi Kepala SMU se- Indonesia di Malang

Wijaya Cece (1991),Kemampuan Dasar Guru dalam Proses Belajar Mengajar, Bandung, PT.Remaja Rosda Karya.

Winarno Surachmad, Dasar dan Teknik Reseurch Pengantar Metodologi ilmiah,Bandung,tarsito,1987.

…………..(1981) Pengantar Dasar-dasar Pendidikan, Surabaya, Usaha Nasional Cetakan ke III.

…………..(1996) Belajar dan Pembelajaran Universitas, Surabaya,IKIP Surabaya.

…………..(1991) Menjadi Guru Profesional, Bandung PT.Rosda Karya

File Tambahan

Diterbitkan

15-06-2017

Cara Mengutip

Rahmawan, A. P., & Rizal, R. (2017). UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR AGAMA ISLAM KELAS 5 MELALUI METODE CERAMAH DAN SOSIODRAMA DI SDN PEKALONGAN KECAMATAN TAMBAK KABUPATEN GRESIK. Jendela Pendidikan : Jurnal Ilmiah Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 6(2). https://doi.org/10.55129/jp.v6i2.535