PENDIDIKAN KESEHATAN JIWA MENINGKATKAN KEKEBALAN IMUN DARI STRES PADA LANSIA

Penulis

  • Rita Rahmawati PSIK Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Gresik
  • Rindayati Rindayati Mahasiswa PSIK Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Gresik

DOI:

https://doi.org/10.55129/jnerscommunity.v5i1.69

Abstrak

ABSTRAK
Stres adalah sesuatu yang menciptakan dari perubahan yang mengganggu
keseimbangan steady state dan perlu untuk mendapatkan lebih dengan. Proses perubahan
pada orang-orang tua adalah semua tentang perubahan pada aspek fisik, aspek psikologis,
dan aspek sosial. Proses ini membuat pengaruh timbal balik dan menciptakan kondisi yang
potensial untuk stres. Jika orang-orang tua diberi pendidikan kesehatan mental, untuk efek
mereka akan kebal dari stres itu sendiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
menjelaskan pengaruh pendidikan kesehatan mental terhadap tingkat kekebalan stres pada
orang-orang tua.
Desain penelitian menggunakan metode Pre Eksperimental dengan One-Group Pre
Test-Post-test, dengan responden 31 sampel yang diambil menggunakan teknik Purposive
Sampling. Data dianalisis dengan menggunakan Wilcoxon Signed Rank Uji dengan tingkat
nilai à= 0,000. Ada pengaruh yang signifikan pendidikan kesehatan mental terhadap
tingkat kekebalan stres pada orang tua.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kekebalan stres pada lansia sebelum
pendidikan kesehatan mental diberikan mencapai 77,41% dari responden yang tidak
memiliki kekebalan terhadap stres, dan 22,58% responden memiliki kekurangan kekebalan
tubuh terhadap stres. Tingkat kekebalan stres pada orang-orang tua setelah pendidikan
kesehatan mental diberikan menjadi 9,68% dari responden yang tidak memiliki kekebalan
terhadap stres, 87,10% responden memiliki kekurangan kekebalan terhadap stres, dan 6,
45% dari responden memiliki kekebalan terhadap stres.
Berdasarkan hasil dari penelitian ini bahwa pendidikan kesehatan mental yang
mempengaruhi tingkat kekebalan stres pada orang tua.
Kata kunci: Pendidikan Kesehatan Mental, Gelar kekebalan Stres, Lansia.
ABSTRACT
Stress is something that create from change that interfere the balancing of steady state
and need to get over with. This changing process on the old people is all about the change
on physical aspect, psychological aspect, and social aspect. These process create a
reciprocal influence and create potential condition for stress. If those old people given a
mental health education, for the effect they will immune from the stress itself. The objective
of this study was to explain the effect of mental health education towards the immune
degree of stress on the old people.
The research design was used Pre Experimental method with the One-Group Pre
Test-Post Test Design, with 31 sample respondent which are taken by Purposive Sampling.
Data were analyzed by using Wilcoxon Signed Ranks Test with value level à= 0,000.
There is a significant effect of mental health education towards the immune degree of
stress on the elderly.
The immune degree of stress on the old people before the mental health education was
given reached 77,41 % of respondent who don’t have the immune towards stress, and
22,58 % of respondent have a lack of immune towards stress. The immune degree of stress
on the old people after the mental health education was given becoming 9,68 % of respondent who don’t have the immunity towards stress, 87,10 % of respondent have a
lack of immunity towards stress, and 6,45 % of respondent have the immunity towards
stress.
Based on the result from this research that the mental health education affecting the
immune degree of stress on the elderly.
Keywords: Mental Health Education, Immune Degree of Stress, Elderly.

Referensi

Hawari, Dadang. (2001). Manajemen Stres, Cemas, dan Depresi. Jakarta : Gaya Baru.

Muhlisin, Abi. (2007). Model Adaptasi Calista Roy. File:///G:/model-adaptasi-roy.html.

Akses tanggal 13 Mei 2007 jam 16.00 WIB.

Nugroho, Wahyudi. (2000). Keperawatan Gerontik. Jakarta : Penerbit Buku Kedokteran

EGC, hal : 13, 19, 21-32.

Notoadmojo, Sukijo. (2005). Promosi Kesehatan Teori dan Aplikasi. Jakarta : Rineka

Cipta, hal : 144.

Nursalam. (2002). Manajemen Keperawatan : Aplikasi Dalam Praktik Keperawatan

Profesional. Jakarta : Salemba Medika, hal : 115.

Purwanto. (2007). Psikologi Pendidikan. Cetakan ke 22. Bandung : PT. Remaja

Rosdakarya, hal : 127.

Potter, Patricia A. & Perry, Anne Griffin. (2005). Fundamental Keperawatan. Jakarta :

ECG, hal : 476-477.

Suliha, et al. (2002). Pendidikan Kesehatan Dalam Keperawatan. Jakarta : Buku

Kedokteran EGC, hal : 3, 12-13.

Suliswati, et al. (2005). Konsep Dasar Keperawatan Kesehatan Jiwa. Jakarta : EGC, hal :

, 35, 108-109.

Solichin, Jusni Ichsan. (2003). Buku Pedoman Kesehatan Jiwa (Pegangan Bagi Kader).

Jakarta : Departemen Kesehatan Republik Indonesia, hal : 1-46.

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2005). Landasan Psikologis Proses Pendidikan. Bandung :

Rosdakarya, hal : 3.

Untoro, Rahmi et al. (2000). Pedoman Pembinaan Kesehatan Usia Lanjut Bagi Petugas

Kesehatan, Kebijaksanaan Program. Jakarta : Departemen Kesehatan RI, hal : 2.

Unduhan

Diterbitkan

05-06-2014

Cara Mengutip

Rahmawati, R., & Rindayati, R. (2014). PENDIDIKAN KESEHATAN JIWA MENINGKATKAN KEKEBALAN IMUN DARI STRES PADA LANSIA. Journals of Ners Community, 5(1), 9–14. https://doi.org/10.55129/jnerscommunity.v5i1.69

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 > >>