PENGARUH MOTIVASI GURU TERHADAP PRESTASI HASIL BELAJAR SISWA KELAS 4 SDN TELUKJATIDAWANG KECAMATAN TAMBAK KABUPATEN GRESIK

Penulis

  • Fahimatul Anis
  • Normah Normah

DOI:

https://doi.org/10.55129/jp.v7i1.540

Abstrak

Manajemen keuangan sekolah, ada tiga tugas dan peran yang dilakukan di sekolah, yaitu

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Seberapa besar pelaksanaan Motivasi Guru di SDN Telukjatidawang  Kecamatan Tambak Kabupaten  Gresik 2) Seberapa besar prestasi hasil belajar  siswa SDN Telukjatidawang  Kecamatan Tambak Kabupaten Gresik ; 3) Seberapa besar pengaruh Motivasi Guru terhadap prestasi hasil belajar siswa  SDN Telukjatidawang  Kecamatan Tambak Kabupaten Gresik.

Tujuan  dalam penelitian ini adalah: 1)Ingin Mengetahui Seberapa besar pelaksanaan Motivasi Guru di SDN Telukjatidawang  Kecamatan Tambak Kabupaten  Gresik 2) Ingin Mengetahui Seberapa besar Seberapa prestasi hasil belajar  siswa SDN Telukjatidawang  Kecamatan Tambak Kabupaten Gresik; 3)  Ingin Mengetahui Seberapa besar pengaruh Motivasi Guru terhadap prestasi hasil belajar siswa  SDN Telukjatidawang  Kecamatan Tambak Kabupaten Gresik.

            Metodologgi penelitian : tempat penelitian di SDN Telukjatidawang Kecamatan Tambak Kbupaten Gresik , Populasi SDN Telukjatidawang  Kecamatan Tambak Kabupaten Gresik , Sample adalah Guru dan Siswa Kelas 5 SDN Telukjatidawang  Kecamatan Tambak Kabupaten Grsik , dan analsa data menggunakan statistik Product Moment

                  Hasil penelitian : Berdasarkan pembahasan dan analisa data hasil penelitian sebagai berikut: 1).Hasil gambaran analisa angket dari variabel Motivasi Guru  diperoleh 7,2 bearti termasuk kategori cukup pelaksanaan Motivasi Guru  di SD Negeri Telukjatidawang Kecamatan Tambak Kbupaten Gresik 2).Hasil gambaran analisa variabel prestasi hasil belajar diperoleh 7,1 berarti termasuk kategori cukup pelaksanaan prestasi hasil belajar di SD Negeri Telukjatidawang Kecamatan Tambak Kabupaten Gresik 3).Hasil penelitian tentang Pengaruh Motivasi Guru terhadap prestasi hasil belajar  siswa kelas 5 SD Negeri Telukjatidawang  Kecamatan Tambak Kabupaten Gresik dengan menggunakan korelasi product moment untuk N = 40 dengan taraf signifikan 5 % diketahui      r  tabel  0,312 , sedangkan hasil perhitungan peneliti dihasilkan r hitung 0,9835 maka dapat diketahui bahwa ada hubungan yang signifikan.

Kata Kunci : Motivasi Guru ,  Prestasi Belajar


DOI :10.5281/zenodo.3472146


Referensi

Arikunto Suharsimi (1982), Pengelolaan Kelas dan siswa, Jakarta, PT Rya Grafindo Persada

Arikunto Suharsimi (1993) Prosedur Penelitian, sauatu Pendekatan Praktek, Jakarta,PT.Bina Akara

Hadi Sutrisno (1993), IStatistik Jilid I,Yogjakarta,Fakultas Psikologi UGM

Bakri djamarah, (1985) PStrategi Belajar Mengajar, Banjarmasin,Rineke Cipta.

Departemen Pendidikan Nasional. 2002. Manajemen Keuangan. Materi Pelatihan Terpadu untuk Kepala Sekolah. Jakarta: Dirjen Dikdasmen, Direktorat Pendidikan Lanjutan Tingkat Pertama

Direktorat Pendidikan Dasar. 1995/1996. Pengelolaan Sekolah di Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Pendidikan Dasar. Ditdikdasmen Depdikbud

Efendi Usman (1985), Pengantar Psikologi, , Bandung, Angkasa.

Imron, Ali. 2004. Manajemen Keuangan Berbasis Sekolah. Dalam Maisyaroh dkk, 2004. Perspektif Manajemen Pendidikan Berbasis Sekolah. Malang: Penerbit Universitas Negeri Malang.

Kadarman, A.M. dan Udaya, Jusuf. 1992. Pengantar Ilmu Manajemen: Buku Panduan Mahasiswa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 056/U/2001 tentang Pedoman Pembiayaan Penyelenggaraan Pendidikan di Sekolah. Jakarta: CV Tamita Utama

Pemerintah Kota Malang. 2002. Kutipan Buku Pedoman Kerja dan Penekanan Tugas. Malang: Dinas Pendidikan Kota Malang

M.Ngalim Purwanto (1995),Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis,Bandung,PT.Remaja Rosda Karya.

Manullang, M. 1990. Dasar-dasar Manajemen. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Mardiana Z,( 1998 ) Pengelolaan Kelas dan Motivasi Belajar, Surabaya,Institut Keguruan dan Ilmu pendidikan,Surabaya.

Noeh Nasution (1991) Psikologi Pendidikan, Jakarta, Depdikbud.

Supriadi, Dedi. 2004. Satuan Biaya Pendidikan Dasar dan Menengah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Sutarsih, Cicih. Tanpa tahun. Administrasi Keuangan Sekolah. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Direktorat Tenaga Kependidikan.

Swastha, Basu. 1985. Azas-azas Manajemen Modern. Yogyakarta: Liberty.

Suharsimi Arikunto,(1991), Prosedur Penelitian,Yogjakarta PT.Reneka Cipta.

Surachmad Winarno (1989),Metodologi Pengajaran Nasional, Bandung, Jamars.

Sudirman,N,(1991), Ilmu pendidikan,bandung,PT.Rosda Karya.

Timan, Agus, Maisyaroh, Djum Djum Noor Benty. 2000. Pengantar Manajemen Pendidikan. Malang: AP FIP UM

Undang-undang No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: CV Tamita Utama

Undang-undang No 22 tahun 1999, yang direvisi dengan Undang-undang No 32 tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah.

Widjanarko, M. dan Sahertian, P.A. 1996/1997. Manajemen Keuangan Sekolah. Bahan Pelatihan Manajemen Pendidikan bagi Kepala SMU se- Indonesia di Malang

Wijaya Cece (1991),Kemampuan Dasar Guru dalam Proses Belajar Mengajar, Bandung, PT.Remaja Rosda Karya.

…………..(1981) Pengantar Dasar-dasar Pendidikan, Surabaya, Usaha Nasional Cetakan ke III.

…………..(1996) Belajar dan Pembelajaran Universitas, Surabaya,IKIP Surabaya.

…………..(1991) Menjadi Guru Profesional, Bandung PT.Rosda Karya

File Tambahan

Diterbitkan

26-12-2017

Cara Mengutip

Anis, F., & Normah, N. (2017). PENGARUH MOTIVASI GURU TERHADAP PRESTASI HASIL BELAJAR SISWA KELAS 4 SDN TELUKJATIDAWANG KECAMATAN TAMBAK KABUPATEN GRESIK. Jurnal Ilmiah Jendela Pendidikan, 7(1). https://doi.org/10.55129/jp.v7i1.540

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama