Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together dengan Alat Media dapat Meningkatkan Kualitas Hasil Pendidikan (Studi Kasus SDN Gempol).

Penulis

  • Sulthon Mahfudz FKIP Universitas Gresik
  • Siti Bariroh
  • Fahimatul Anis

DOI:

https://doi.org/10.55129/jp.v11i2.1668

Kata Kunci:

Numbered Head Together, Alat Media Visual, Hasil Belajar

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar masih didominasi oleh aktivitas klasikal dengan dominasi pada peran guru. Akibatnya suasana kelas monoton, pasif, dan membosankan. Hal tersebut nampak dari hail belajar siswa yang rendah.

Penelitian ini bertujuan untuk memahami kemampuan membaca siswa kelas IV mengenai pantun anak yang menggunakan model pembelajaran numbered head together dengan alat media visual maupun tanpa alat media visual, serta pengaruh model pembelajaran numbered head together dengan alat media visual terhadap kemampuan membaca pantun anak secara berbalasan dengan lafal dan intonasi yang tepat kelas IV SDN Gempol.

Adapun jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Gempol yang terdiri dari kelas A yang berjumlah 35 orang, dan kelas B berjumlah 35 orang. Data hasil belajar siswa dikumpulkan melalui metode tes dengan instrumen pilihan ganda. Data yang terkumpul dianalisis dengan statistik deskriptif dan inferensial.

                Kesimpulan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran numbered head together dengan media visual (eksperimen) dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model numbered head togethersaja (kontrol) pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SDN Gempol, tahun pelajaran 2019/2020. Hal ini ditunjukkan dengan hasil nilai rata-rata kelompok eksperimen adalah 88,14 dan hasil nilai rata-rata kelompok kontrol adalah 87,1.

Referensi

Ali, Mohamad. 1987. Penelitian Kependidikan Prosedur & Strategi. Bandung : Angkasa.

Amri, Sofan. 2013. Pengembangan dan Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustakarya.

Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Suprijono, Agus. 2009. Cooperatif Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Daryanto. 2011. Media Pembelajaran. Bandung: Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Nur’aini, Umri dan Indriyani. 2008. Bahasa Indonesia Sekolah Dasar Kelas IV . Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Rusman. 2010. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai. 2011. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharsono dan Retnoningsih, ana. 2009. Kamus Besar Bahasa Indonesiaedisi Lux. Semarang: CV. Widya Karya.

Sujarweni, Wiratna. 2014. SPSS Untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.

Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Slavin, Robert. E 2008. Cooperative Learning. Bandung: Nusa Media.

Trianto, 2007. Model-nodel Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstrukvistik Konsep, Landasan Teoristik Praktis dan Implementasinya. Jakarta: Pressi Pustaka.

Ibrahim, Muslimin, dkk. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Univerasiti Press.

Slameto, 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Hamdani, 2011. Strategi Belajar Mengajar. CV PUSTAKA SETIA. Bandung.

File Tambahan

Diterbitkan

17-06-2022

Cara Mengutip

Mahfudz, S., Bariroh, S. ., & Anis, F. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together dengan Alat Media dapat Meningkatkan Kualitas Hasil Pendidikan (Studi Kasus SDN Gempol). Jurnal Ilmiah Jendela Pendidikan, 11(2), 192–198. https://doi.org/10.55129/jp.v11i2.1668

Terbitan

Bagian

Volume 11 Nomor 2 Bulan Juni 2022

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>