PEMANFAATAN MEDIA BERBASIS JEJARING SOSIAL SEBAGAI UPAYA PENDIDIKAN KEMASYARAKATAN DALAM ASPEK KEPEDULIAN LINGKUNGAN
DOI:
https://doi.org/10.55129/jp.v5i2.322Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah 1). Menganalisis tingkat kualitas desain produk dari hasil pemanfaatan media berbasis jejaring sosial sebagai upaya pendidikan kemasyarakatan dalam aspek kepedulian lingkungan di Kabupaten Gresik, 2). Menganalisis perkembangan aspek keanggotaan dalam media berbasis jejaring sosial sebagai upaya pendidikan kemasyarakatan dalam aspek kepedulian lingkungan di Kabupaten Gresik, 3).Menganalisis tingkat respon-partisipatif masyarakat dalam media berbasis jejaring sosial sebagai upaya pendidikan kemasyarakatan dalam aspek kepedulian lingkungan di Kabupaten Gresik
Jenis penelitian berupa Penelitian Pengembangan dengan mengadaptasi model 4-D yang terdiri dari 4 tahap pengembangan yaitu Define, Design, Develop, dan Disseminate, yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif. Subjek penelitian dalam penelitian ini secara secara khusus ialah masyarakat Gresik yang mempunyai akun jejaring sosial. dengan sistem pemilihan subjek secara acak (random sampling).
 Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas desain jejaring sosial bernama “Gerakan Lingkungan Bersih†rata-rata mendapat kategori Baik. Bahkan pada jejaring sosial Facebook yang meliputi aspek tampilan memperoleh predikat “Sangat Baik†dengan skor di atas 90. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa keanggotaan pada jejaring sosial “Gerakan Lingkungan Bersih†terbukti mengalami kenaikan pada tiap pekannya. Total keanggotaan pada media jejaring sosial “Gerakan Lingkungan Bersihâ€ÂÂÂdi dalam Facebook (316 anggota).
 Aspek respon-partisipatif masyarakat dalam jejaring sosial “Gerakan Lingkungan Bersih†juga menunjukkan peningkatan yang tinggi di setiap pekannya. Total pada pekan keempat menunjukkan bahwa untuk media Facebook di keseluruhan postingan telah dilihat oleh 316 orang, disukai 1.420 kali, dan memperoleh komentar positif 1.456 kali.
Kata Kunci: Media, Jejaring Sosial, Pendidikan Kemasyarakatan.
Referensi
Arikunto, Suharsimi. 1993. Dasar-Dasar Evaluasi Belajar. Yogyakarta
Hamid Hasan, Sid, dkk. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Badan Penelitian Pengembangan Kurikulum
Kementerian Pendidikan Nasional.
Jarwanto, Eko. 2013. Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Masalah melalui Materi Kontraversi Pada Mata Pelajaran IPS. Surabaya PPS Unesa
Thiagarajan, S., Semmel, D. S & Semmel, M. I. 1974. Instructional Development for Training Teachers of Expectional Children. Minneapolis, Minnesota: Leadership Training Institute/Special Education, University of Minnesota
Trianto. 2007. Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstrutivistik. Surabaya: Pustaka Ilmu