MENUMBUHKAN MINAT LITERASI SISWA DI SEKOLAH MELALUI GERAKAN LITERASI SEKOLAH
DOI:
https://doi.org/10.55129/jp.v9i2.1055Abstrak
Literasi tidak terpisahkan dari dunia pendidikan. Literasi menjadi sarana peserta didik dalam mengenal, memahami, dan menerapkan ilmu yang didapatkannya di bangku sekolah. Literasi juga terkait dengan kehidupan peserta didik, baik di rumah maupun di lingkungan sekitarnya untuk menumbuhkan budi pekerti mulia.
Pemerintah dalam hal ini menjadikan kebiasaan membaca sebagai kegiatan wajib bagi setiap anak dengan harapan kelak menjadi budaya dalam kehidupan mereka. Untuk itu pemerintah mengajak seluruh stake holder pendidikan ikut andil dalam kegiatan Gerakan Literasi Sekolah, mulai dari keluarga, sekolah hingga masyarakat.
Untuk mengimplementasikan penumbuhan budaya literasi di sekolah diperlukan langkah-langkah sebagai berikut: persiapan, pelaksanaan, pemantauan, evaluasi, dan tindak lanjut. Persiapan merupakan kegiatan menyiapkan bahan, personal, dan strategi pelaksanaan. Pelaksanaan merupakan operasionalisasi yang telah dipersiapkan. Pemantauan, evaluasi, tindak lanjut merupakan kegiatan untuk mengetahui efektivitas kegiatan literasi yang telah dilaksanakan. Penumbuhan literasi di sekolah dapat dilakukan melalui kegiatan rutin dan kegiatan insidental. Kegiatan tersebut dilakukan dalam tiga tahapan literasi yaitu tahap pembiasaan, pengembangan dan pembelajaran.
ÂÂÂ
Key word: Literasi, siswa, sekolah
Referensi
Beers, C. S., Beers, J. W., & Smith, J. O. (2009). A Principal’s Guide to Literacy Instruction. New York: Guilford Press.
Hanggi, Olovia Herlina. 2016. “Tiga Perubahan Kecil dalam Literasi Sekolah.†Membumikan Gerakan Literasi di Sekolah. Yogyakarta: Lembaga Ladang Kata.
Hernowo, ed. 2003. Quantum Reading: Cara Cepat nan Bermanfaat untuk Merangsang Munculnya Potensi Membaca. Bandung: Mizan Learning Center.
Satgas GLS Ditjen Dikdasmen, 2017.“Strategi Literasi dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar (Modul Materi Penyegaran Instruktur Kurikulum 2013)â€ÂÂ. Jakarta.
Suyono, S., Harsiati, T., & Wulandari, I. S. (2017). Implementasi Gerakan Literasi
Sekolah pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian
Teori dan Praktik Pendidikan, 26(2), 116-123.