MANAJEMEN PENDIDIKAN INKLUSIF BERBASIS SOSIAL BUDAYA DALAM PENDIDIKAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS

Penulis

  • Yuanita Ayu Wisudarini

DOI:

https://doi.org/10.55129/jp.v10i2.1315

Abstrak

Perkembangan dunia pendidikan dan Teknologi saat ini telah dilakukan secara sadar, teratur dan terencana, namun akan menimbulkan dampak yang besar bagi penggunanya salah satunya pendidikan inklusif dimana pendidikan inklusif ini merupakan bentuk penyelenggaraan pendidikan yang menyatukan anak berkebutuhan khusus dengan anak normal pada umumnya untuk belajar, dampak yang muncul dari kesetaraan gender ini yaitu, pertama munculnya masalah baru dengan bersatunya anak normal dnegan anak berkebutuhan khusus sehingga memicu perundungan, kedua pemahaman oleh GBK dalam melaksanakan system mengajar dalam satu kelas inklusif harus dibedakan sesuai dengan porsi siswaabk dan normal tersebut, ketiga guru harus memahami masa evaluasi antara siswa normal dan abk, ketiga siklus ini disebut sebagai fenomen dialektika pendidikan. Penulisan ini dilatarbelakangi permasalahan belum ada standar evaluasi pembelajaran yang pasti untuk anak yang memiliki kelebihan dan kekurangan, walaupun mereka mendapat pelayanan pendidikan di kelas inklusif.

Biografi Penulis

Yuanita Ayu Wisudarini

Program Studi Administrasi Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Gresik

Diterbitkan

01-07-2021

Cara Mengutip

Wisudarini, Y. A. (2021). MANAJEMEN PENDIDIKAN INKLUSIF BERBASIS SOSIAL BUDAYA DALAM PENDIDIKAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS. Jurnal Ilmiah Jendela Pendidikan, 10(2). https://doi.org/10.55129/jp.v10i2.1315

Terbitan

Bagian

Volume 10 No. 2 Terbitan Juni 2021