Literasi Teknologi Sebagai Inovasi Pengembangan Pendidikan Abad 21

Penulis

  • Rizka Putri Ayuning Lestari Fajar Universitas Pendidikan Indonesia
  • Arya Chandra Wiguna Universitas Pendidikan Indonesia
  • Raden Adinda Zalfa Fadhilah Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55129/jp.v11i2.1628

Kata Kunci:

literasi, teknologi, pendidikan, abad 21

Abstrak

Pendidikan abad 21 menjadi fokus utama dalam mengembangkan pendidikan di masa teknologi. Semakin hari perkembangan dari teknologi semakin canggih dan dapat digunakan sebagai inovasi untuk mengembangkan lebih jauh pendidikan abad 21. Literasi teknologi menjadi hal yang paling dibutuhkan untuk mengembangkan teknologi dan pendidikan. Dengan begitu, peneliti melakukan sebuah penelitian dengan metode studi literatur. Untuk mengumpulkan data dilakukan dengan mengumpulkan beberapa jurnal yang berhubungan dengan literasi teknologi dan pendidikan abad 21. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan suatu gambaran mengenai ruang (1) lingkup literasi teknologi dalam pendidikan abad 21, (2) kondisi literasi teknologi di pendidikan Indonesia dan (3) pengembangan literasi teknologi. Dalam penelitian yang telah dilakukan, ditemukan berbagai cara inovatif yang dapat dilakukan untuk mengembangkan literasi teknologi di Indonesia.

Referensi

A, Bencsik., And T, Juhász. (2016). “Y And Z Generations aWorkplaces”. J. Compet. Vol. 8, No. 3, Pp.90–106, Doi: 10.7441/Joc.2016.03.06.

Astini, N. K. S. (2019). Pentingnya Literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi Bagi Guru Sekolah Dasar Untuk Menyiapkan Generasi Milenial. in Prosiding Seminar Nasional Dharma Acarya (Vol. 1, No. 1).

Barokati, N., & Annas, F. (2013). Blended Learning Pada Mata Kuliah Pemrograman Komputer (Studi Kasus: Unisda Lamongan). Jurnal Sisfo: Inspirasi Profesional Sistem Informasi, 7(2).

Fernanda, F. F. H., Rahmawati, L. E., Putri, I. O., & Nur’aini, R. (2020). Penerapan Literasi Digital Di SMP Negeri 20 Surakarta. Buletin Literasi Budaya Sekolah, 2(2), 141-148.

Fredlina, K. Q., Werthi, K. T., & Astuti, H. W. (2021). Literasi Digital Bagi Pendidik Indonesia Dan Implementasinya Dalam Proses Pembelajaran Pasca Pandemi. Jurnal Abdi Masyarakat Saburai (Jams), 2(2), 108-114.

Fitriani, Y., & Aziz, I. A. (2019). Literasi Era Revolusi Industri 4.0. In Prosiding Seminar Nasional Bahasa dan Sastra Indonesia (Senasbasa) (Vol. 3, No. 1).

Gazali, M., & Pransisca, M. A. (2021). Pentingnya Penguasaan Literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi Bagi Guru Madrasah Ibtidaiyah Dalam Menyiapkan Siswa Menghadapi Revolusi Industry 4.0. Jurnal Ilmiah Global Education, 2(1), 87-95.

Hasibuan, A.T., Andi, P. (2019). Konsep Pendidikan Abad 21: Kepemimpinan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia SD/Mi. Magistra - Volume 10 Nomor 1.

Helaluddin, H. (2019). Peningkatan Kemampuan Literasi Teknologi Dalam Upaya Mengembangkan Inovasi Pendidikan Di Perguruan Tinggi. Pendaigazali.

M., & Pransisca, M. A. (2021). Pentingnya Penguasaan Literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi Bagi Guru Madrasah Ibtidaiyah Dalam Menyiapkan Siswa Menghadapi Revolusi Industry 4.0. Jurnal Ilmiah Global Education, 2(1), 87-95. S, 1(01), 44-55.

Intan, A. (2018). Proses Pembelajaran Digital Dalam Era Revolusi Era 4.0. Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan. Kementerian Riset, Teknologi, Dan Pendidikan Tinggi.

Kurnianingsih, Indah., Rosini., & Nita, Ismayati. (2017). Upaya Peningkatan Kemampuan Literasi Digital Bagi Tenaga Perpustakaan Sekolah dan Guru di Wilayah Jakarta Pusat Melalui Pelatihan Literasi Informasi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 61-76

Mardliyah Asih Andriyati. (2011). Budaya Literasi Sebagai Upaya Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis di Era Industri Revolusi 4.0

Mawarni, Puspa., Burhanudin M., Rizqy N. S. (2021). Persepsi Calon Guru Kimia Mengenal Literasi Digital Sebagai Keterampilan Abad 21. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, Vol 15, No. 2.

Muliani, A., Karimah, F. M., Liana, M. A., Pramudita, S. A. E., Riza, M. K., & Indramayu, A. (2021). Pentingnya Peran Literasi Digital Bagi Mahasiswa di Era Revolusi Industri 4.0 Untuk Kemajuan Indonesia. Journal of Education and Technology, 1(2), 87-92.

Muliastrini, N.K.E. (2020). New Literacy Sebagai Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan Sekolah Dasar di Abad 21. Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia Vol. 4 No 1.

Muliastrini, N.K.E., Ni, Nyoman, L.H. (2021). Gerakan Literasi Digital Bermuatan Karakter Dalam Menyongsong Pendidikan Abad 21 Era Society 5.0. Prosiding Webinar Nasional IAHN-TP Palangka Raya, No.3

Muliastrini, N. K. E. (2019). Penguatan Literasi Baru (Literasi Data, Teknologi, Dan SDM/Humanisme) Pada Guru-Guru Sekolah Dasar Dalam Menjawab Tantangan Era Revolusi Industri 4.0. Ganaya: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 2(2-1), 88-102.

Nindiantika, V., Nurul, U., Jurhayanto. (2019). Kepemimpinan Situasional Untuk Meningkatkan Daya Saing Luaran Pendidikan Abad 21. JAMP: Jurnal Adminitrasi dan Manajemen Pendidikan Volume 2 Nomor 2.

Nugraha, D., & Octavianah, D. (2020). Diskursus literasi abad 21 di indonesia. Jurnal Pendidikan Edutama, 7(1), 107-126.

Putri, N. I., Herdiana, Y., Munawar, Z., & Komalasari, R. (2021). Teknologi pendidikan dan transformasi pandemi covid-19. Jurnal ICT: Information Communication & Technology, 20(1), 53-57.

Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 dan Penerapannya di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099-2104.

File Tambahan

Diterbitkan

17-06-2022

Cara Mengutip

Putri Ayuning Lestari Fajar, R., Chandra Wiguna, A., & Adinda Zalfa Fadhilah, R. (2022). Literasi Teknologi Sebagai Inovasi Pengembangan Pendidikan Abad 21. Jurnal Ilmiah Jendela Pendidikan, 11(2), 139–147. https://doi.org/10.55129/jp.v11i2.1628

Terbitan

Bagian

Volume 11 Nomor 2 Bulan Juni 2022