PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN IPA BERBASIS STEAM PADA KONSEP PENGOLAHAN LIMBAH UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA

Penulis

  • Uma Annisa Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.55129/jp.v11i2.2129

Kata Kunci:

Pembelajaran IPA, Pengolahan Limbah, Siswa

Abstrak

Dalam era globalisasi pada saat sekarang ini pendidikan adalah merupakan suatu hal atau sebuah komponen yang sangat penting dan dibutuhkan dalam mengikuti perkembangan jaman. Untuk mengetahui karakteristik Pengembangan Pembelajaran IPA berbasis STEAM pada konsep pengolahan limbah untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen bukan tes (non tes) yaitu berupa angket (questionnaire). Angket yang digunakan dalam pengumpulan data pada penelitian ini menggunakankuesioner tertutup, dimana jawaban sudah disediakan sehingga responden tinggal memilih pilihan dengan memberi tanda checklist (√) pada kolom nilai/ jawaban.

File Tambahan

Diterbitkan

25-06-2022

Cara Mengutip

Annisa, U. (2022). PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN IPA BERBASIS STEAM PADA KONSEP PENGOLAHAN LIMBAH UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA. Jurnal Ilmiah Jendela Pendidikan, 11(2), 304–308. https://doi.org/10.55129/jp.v11i2.2129

Terbitan

Bagian

Volume 11 Nomor 2 Bulan Juni 2022