Analisis komparasi model problem based learning (PBL) dan model (PjBL) terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPA

Penulis

  • Rizki Layali Universitas Jember

DOI:

https://doi.org/10.55129/jp.v11i2.1660

Kata Kunci:

Project Based Learning (PjBL), Keterampilan berpikir Kritis, Model Problem Based Learning (PBL)

Abstrak

Pembelajaran IPA adalah pembelajaran yang menekankan belajar dengan sikap ilmiah. Pelaksanaan pembelajaran ini juga terdapat kendala pada proses peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa, solusinya dengan memberikan model pembelajaran yang sesuai melalui model PBL dan PjBL. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh perbedaan model Problem Based Learning  (PBL) dan model Project Based Learning (PjBL) terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPA. Data yang digunakan ialah data sekunder hasil penelitian sebelumnya yaitu data post test eksperimen I dan eksperimen II.  Analisis data menggunakan SPSS menunjukkan keterampilan berpikir kritis siswa dengan model pembelajaran PBL sebesar 78,938 sedangkan keterampilan berpikir kritis siswa dengan model pembelajaran PjBL sebesar 76,719. Hasil analisis Komparasi Independent Sample T Test menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis siswa menggunakan metode pembelajaran PjBL memiliki pengaruh lebih rendah dibandingan keterampilan berpikir kritis siswa dengan metode pembelajaran PBL. Berdasarkan hal tersebut, model pembelajaran PBL lebih direkomendasikan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.

Referensi

Ejin, S. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Pemahaman Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas 4 SDN Jambu Hilir Baluti 2 pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Pendidikan, 1(1), 65-71.

Manik, P. R. K. (2022). Komparasi Model Problem Based Learning (PBL) dan Project Based Learning (PjBL) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik SMP. Skripsi. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan. Universitas Pendidikan Ganesha.

Primadoniati, A. (2020). Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam. DIDAKTIKA, 9(1), 77-97.

Santyasa, I W. (2006). Pembelajaran Inovatif: Model Kolaboratif, Basis Proyek, Dan Orientasi NOS. Makalah. Disajikan Dalam Seminar Di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 2 Di Semarapura.

Susiwi, I. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar PKn Siswa. Jurnal Ilmiah Skylandsea, 2(1), 93- 99.

File Tambahan

Diterbitkan

17-06-2022

Cara Mengutip

Layali, R. (2022). Analisis komparasi model problem based learning (PBL) dan model (PjBL) terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPA. Jurnal Ilmiah Jendela Pendidikan, 11(2), 199–204. https://doi.org/10.55129/jp.v11i2.1660

Terbitan

Bagian

Volume 11 Nomor 2 Bulan Juni 2022