PENGARUH METODE PEMBELAJARAN STRATEGI SAVI TERHADAP HASIL BELAJAR DENGAN VARIABEL MODERATOR INTERAKSI SOSIAL SISWA
DOI:
https://doi.org/10.55129/jp.v11i2.1876Kata Kunci:
Metode Pembelajaran Strategi SAVI, Interaksi Sosial, Hasil BelajarAbstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya Hasil Belajar dan Interaksi Sosial siswa kelas VIII MTs Al Maijah Gumulunglebak. Banyak sekali metode pembelajaran yang dapat membangkitkan minat belajar siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran khususnya mata pelajaran IPS salah satunya yaitu Metode pembelajaran Strategi SAVI. Penelitian ini bertujuan Ingin mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang mendapatkan. Metode Pembelajaran Strategi SAVI dengan siswa yang mendapatkan Pembelajaran Konvensional. Ingin mengetahui apakah terdapat pengaruh interaksi antara Metode pembelajaran strategi SAVI dengan interaksi sosial siswa terhadap hasil belajar. khusus kompetensi dasar Mendeskripsikan Permintaan Dan Penawaran Serta Terbentuknya Harga Pasar dengan menggunakan Metode pembelajaran Strategi SAVI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui tes sebelum dan sesudah penerapan metode pembelajaran baik di kelas eksperimen maupun di kelas kontrol. Dari hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa Terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang mendapatkan Metode Pembelajaran Strategi SAVI dan Pembelajaran Konvensional. Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang memiliki tingkat interaksi sosial tinggi, Interaksi Sosial Sedang, dan siswa yang memiliki tingkat interaksi sosial rendah. Siswa yang memiliki interaksi sosial sedang mendapatkan hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memiliki interaksi sosial rendah. Terdapat interaksi antara Metode pembelajaran strategi SAVI dengan interaksi sosial siswa dalam mempengaruhi hasil belajar siswa.
Referensi
Abdurrahman, A. (2015). Teori belajar
aliran psikologi Gestalt serta
implikasinya dalam proses belajar
dan pembelajaran. Jurnal AlTaujih: Bingkai Bimbingan Dan
Konseling Islami, 1(2), 14–21.
Ardika, I. W. D. (2017). Pendekatan Savi
Untuk Belajar Bahasa. Soshum:
Jurnal Sosial Dan Humaniora, 5(1),
Dimyati, M. (2006). Belajar dan
pembelajaran. Jakarta: Rineka
Cipta.
Ismail, H. F. (2018). Statistika untuk
penelitian pendidikan dan ilmuilmu sosial. Kencana.
Khairul Anwar, M., & Taufik, M. (2016).
Hubungan Antara Konsep Diri
dengan Interaksi Sosial Pada
Perawat di Rumah Sakit Islam
Surakarta. Universitas
Muhammadiyah Surakarta.
Mayliana, E., & Sofyan, H. (2013).
Penerapan accelerated learning
dengan pendekatan SAVI untuk
meningkatkan motivasi dan hasil
belajar kompetensi menggambar
busana. Jurnal Pendidikan Vokasi,
(1).
Mulyaningsih, I. E. (2014). Pengaruh
interaksi sosial keluarga, motivasi
belajar, dan kemandirian belajar
terhadap prestasi belajar. Jurnal
Pendidikan Dan Kebudayaan,
(4), 441–451.
Ong, I. A. (2013). Analisa pengaruh strategi
diferensiasi, citra merek, kualitas
produk dan harga terhadap
keputusan pembelian pelanggan di
Cincao Station Grand City,
Surabaya. Jurnal Strategi
Pemasaran, 1(2), 1–11.
Salamoon, D. K. (2014). Studi Analisis
Proses Interaksi Komunikasi Dalam
Game Online Dragon Nest. Jurnal
Kajian Media Dan Komunikasi,
(5), 63–78.
Solang, D. J. (2016). Latihan Keterampilan
Intelektual dan Kemampuan
Pemecahan Masalah Secara Kreatif.
Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(1).
Wahyuni, E. S., & Prasetyaningsih, R. H.
(2020). The Pemberdayaan
Masyarakat dengan Aktivitas
Leisure. Jurnal Empathy
Pengabdian Kepada Masyarakat,
(2), 125–136.
ZUHRI, A. I. (2020). Pengaruh Penerapan
Model Pembelajaran Somatis
Auditori Visual Dan Intelektual
(Savi) Terhadap Hasil Belajar Fikih
Siswa Kelas X Ma Syekh Subakir
Nglegok Blitar Tahun Ajaran
/2020.