Inovasi Pendidikan Karakter Sekolah Dasar Pada Era Digital Berdasarkan Konsep Al-Ghazali

Penulis

  • Putri salma Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Cibiru
  • Silsi Nur Azizah Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Cibiru
  • Lisnawati Suargana Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Cibiru

DOI:

https://doi.org/10.55129/jp.v11i2.1651

Kata Kunci:

Pendidikan Karakter , Metodologi , Al-Ghazali

Abstrak

Pendidikan karakter adalah suatu bentuk usaha yang dilakukan oleh para pendidik terhadap anak didiknya guna memberdayakan atau memunculkan karakter kepribadian peserta didik agar menjadi manusia yang bermanfaat bagi manusianya itu sendiri dan orang disekitarnya dan menanamkan nilai moral guna menjauhkan dari perilaku yang menyimpang. Dalam Penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan melakukan observasi . Dimana melakukan penelitian dilapangan dengan melakukan pengamatan kepada guru-guru sekolah dasar dalam mengimplikasikan pendidikan karakter kepada peserta didiknya . Teknik penggumpulan data yang digunakan penulis adalah menggunakan kajian pustakan atau studi literatur dengan mencari beberapa sumber rujukan dari beberapa jurnal yang relevan dan terpercaya. Al-Ghazali adalah Seorang ilmuan yang memiliki keahlian dibeberapa bidang ilmu. Salah satunya beliau memiliki konsep tentang  pendidikan karakter untuk siswa yang mengacu atau tujuannya untuk membentuk siswa yang memuliki Akhlak Al-Kharimah yaitu melalui 4 konsep , diantaranya :a).Pendidikan yang ditujukan untuk membentuk kepribadian manusia yang memiliki ahklak mulia; b).Sistem kurikulum yang dipakai harus mengoptimalkan potensi yang ada pada peserta didik; c).Pendidikan karakter adalah pendidikan yang diharapkan dapat merubah tingkah laku dan perilaku manusia dalam berinteraksi didalam lingkungan tempat dimana dia hidup; d).pendidikan karakter bersifat meningkatkan nilai spiritual peserta didik.

Referensi

Aulia, M. (2017). RELAVANSI

PEMIKIRAN AL-GHAZALI

TERHADAP PENDIDIKAN

KARAKTER (AKHLAK) DI ERA

SEKARANG (GLOBALISASI)

(Doctoral dissertation, UIN Raden

Intan Lampung).

Darmayanti, S. E., & Wibowo, U. B.

(2014). Evaluasi program pendidikan

karakter di sekolah dasar Kabupaten

Kulon Progo. Jurnal Prima

Edukasia, 2(2), 223-234.

Daryanto, Karim, S. (2017). Pembelajaran

abad 21. Yogyakarta: Penerbit Gava

Media.

Farida, S. (2016). Pendidikan karakter

dalam prespektif islam. KABILAH:

Journal of Social Community, 1(1),

-207.

Hanani, D. (2014). Pendidikan karakter

anak menurut Imam Al-Ghazali. Jurnal

Pembaharuan Pendidikan Islam (JPPI),

(1).

Judiani, S. (2010). Implementasi

pendidikan karakter di sekolah dasar

melalui penguatan pelaksanaan

kurikulum. Jurnal pendidikan dan

kebudayaan, 16(9), 280-289.

Khasanah, U., & Herina, H. (2019,

March). Membangun Karakter

Siswa Melalui Literasi Digital dalam

Menghadapi Pendidikan Abad 21

(Revolusi Industri 4.0). In Prosiding

Seminar Nasional Program

Pascasarjana Universitas Pgri

Palembang (Vol. 12, No. 01).

Kurniawan, S. (2017). PENDIDIKAN

KARAKTER DALAM ISLAM

Pemikiran Al-Ghazali tentang

Pendidikan Karakter Anak Berbasis

Akhlaq al-Karimah. Tadrib, 3(2),

-216.

Langgulung, H. (1984). Manusia dan

Pendidikan. Jakarta: Pustaka

AlHusna Mulyasa, E (2012).

Manajemen Pendidikan Karakter.

Jakarta; Bumi Aksara

Ramayulis dan Nizar.S, (2009). Filsafat

Pendidikan Islam: Telaah Sistem

Pendidikan dan Pemikiran Para

Tokohnya. Jakarta: Kalam Mulia.

Setiawan, A. (2014). Prinsip pendidikan

karakter dalam islam: studi

komparasi pemikiran al-Ghazali dan

Burhanuddin al-Zarnuji. Dinamika

Ilmu, 14(1), 1-12.

Setiyawan, A. (2016). Konsep Pendidikan

Menurut Al-Ghazali Dan Al-Farabi

(Studi Komparasi Pemikiran).

Tarbawiyah Jurnal Ilmiah

Pendidikan, 13(01), 51-71.

Sudaryanti. (2012). Pentingnya Pendidikan

Karakter Bagi Anak Usia Dini. Jurnal

Pendidikan Anak, 1, (1), 12-13.

Syarbini, A. (2016). Pendidikan Karakter

Berbasis Keluarga. Arruzz Media:

Yogyakarta

Tohidi, A. I. (2017). Konsep Pendidikan

Karakter Menurut Al-Ghazali dalam

Kitab Ayyuha Al-Walad. Jurnal

Oasis, 2.

File Tambahan

Diterbitkan

17-06-2022

Cara Mengutip

salma, P., Nur Azizah, S., & Suargana, L. (2022). Inovasi Pendidikan Karakter Sekolah Dasar Pada Era Digital Berdasarkan Konsep Al-Ghazali. Jurnal Ilmiah Jendela Pendidikan, 11(2), 182–191. https://doi.org/10.55129/jp.v11i2.1651

Terbitan

Bagian

Volume 11 Nomor 2 Bulan Juni 2022