Inovasi Pendidikan Karakter Sekolah Dasar Pada Era Digital Berdasarkan Konsep Al-Ghazali
DOI:
https://doi.org/10.55129/jp.v11i2.1651Kata Kunci:
Pendidikan Karakter , Metodologi , Al-GhazaliAbstrak
Pendidikan karakter adalah suatu bentuk usaha yang dilakukan oleh para pendidik terhadap anak didiknya guna memberdayakan atau memunculkan karakter kepribadian peserta didik agar menjadi manusia yang bermanfaat bagi manusianya itu sendiri dan orang disekitarnya dan menanamkan nilai moral guna menjauhkan dari perilaku yang menyimpang. Dalam Penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan melakukan observasi . Dimana melakukan penelitian dilapangan dengan melakukan pengamatan kepada guru-guru sekolah dasar dalam mengimplikasikan pendidikan karakter kepada peserta didiknya . Teknik penggumpulan data yang digunakan penulis adalah menggunakan kajian pustakan atau studi literatur dengan mencari beberapa sumber rujukan dari beberapa jurnal yang relevan dan terpercaya. Al-Ghazali adalah Seorang ilmuan yang memiliki keahlian dibeberapa bidang ilmu. Salah satunya beliau memiliki konsep tentang pendidikan karakter untuk siswa yang mengacu atau tujuannya untuk membentuk siswa yang memuliki Akhlak Al-Kharimah yaitu melalui 4 konsep , diantaranya :a).Pendidikan yang ditujukan untuk membentuk kepribadian manusia yang memiliki ahklak mulia; b).Sistem kurikulum yang dipakai harus mengoptimalkan potensi yang ada pada peserta didik; c).Pendidikan karakter adalah pendidikan yang diharapkan dapat merubah tingkah laku dan perilaku manusia dalam berinteraksi didalam lingkungan tempat dimana dia hidup; d).pendidikan karakter bersifat meningkatkan nilai spiritual peserta didik.
Referensi
Aulia, M. (2017). RELAVANSI
PEMIKIRAN AL-GHAZALI
TERHADAP PENDIDIKAN
KARAKTER (AKHLAK) DI ERA
SEKARANG (GLOBALISASI)
(Doctoral dissertation, UIN Raden
Intan Lampung).
Darmayanti, S. E., & Wibowo, U. B.
(2014). Evaluasi program pendidikan
karakter di sekolah dasar Kabupaten
Kulon Progo. Jurnal Prima
Edukasia, 2(2), 223-234.
Daryanto, Karim, S. (2017). Pembelajaran
abad 21. Yogyakarta: Penerbit Gava
Media.
Farida, S. (2016). Pendidikan karakter
dalam prespektif islam. KABILAH:
Journal of Social Community, 1(1),
-207.
Hanani, D. (2014). Pendidikan karakter
anak menurut Imam Al-Ghazali. Jurnal
Pembaharuan Pendidikan Islam (JPPI),
(1).
Judiani, S. (2010). Implementasi
pendidikan karakter di sekolah dasar
melalui penguatan pelaksanaan
kurikulum. Jurnal pendidikan dan
kebudayaan, 16(9), 280-289.
Khasanah, U., & Herina, H. (2019,
March). Membangun Karakter
Siswa Melalui Literasi Digital dalam
Menghadapi Pendidikan Abad 21
(Revolusi Industri 4.0). In Prosiding
Seminar Nasional Program
Pascasarjana Universitas Pgri
Palembang (Vol. 12, No. 01).
Kurniawan, S. (2017). PENDIDIKAN
KARAKTER DALAM ISLAM
Pemikiran Al-Ghazali tentang
Pendidikan Karakter Anak Berbasis
Akhlaq al-Karimah. Tadrib, 3(2),
-216.
Langgulung, H. (1984). Manusia dan
Pendidikan. Jakarta: Pustaka
AlHusna Mulyasa, E (2012).
Manajemen Pendidikan Karakter.
Jakarta; Bumi Aksara
Ramayulis dan Nizar.S, (2009). Filsafat
Pendidikan Islam: Telaah Sistem
Pendidikan dan Pemikiran Para
Tokohnya. Jakarta: Kalam Mulia.
Setiawan, A. (2014). Prinsip pendidikan
karakter dalam islam: studi
komparasi pemikiran al-Ghazali dan
Burhanuddin al-Zarnuji. Dinamika
Ilmu, 14(1), 1-12.
Setiyawan, A. (2016). Konsep Pendidikan
Menurut Al-Ghazali Dan Al-Farabi
(Studi Komparasi Pemikiran).
Tarbawiyah Jurnal Ilmiah
Pendidikan, 13(01), 51-71.
Sudaryanti. (2012). Pentingnya Pendidikan
Karakter Bagi Anak Usia Dini. Jurnal
Pendidikan Anak, 1, (1), 12-13.
Syarbini, A. (2016). Pendidikan Karakter
Berbasis Keluarga. Arruzz Media:
Yogyakarta
Tohidi, A. I. (2017). Konsep Pendidikan
Karakter Menurut Al-Ghazali dalam
Kitab Ayyuha Al-Walad. Jurnal
Oasis, 2.