PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS MULTIKULTURAL TERHADAP PERILAKU SISWA DI SMK NEGERI 1 SARIREJO

Penulis

  • Sumaiyah, Khoirul Huda, Harianto, Isyarini T.A, Srirohatul Jama`idah

DOI:

https://doi.org/10.55129/jp.v10i2.1319

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pendidikan karakter berbasis multicultural terhadap perilaku siswa di SMKN 1 sarirejo, dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan pendidikan karakter berbasis multicultural terhadap perilaku siswa di SMKN 1 Sarirejo.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan naturalistik. Pemilihan subjek penelitian dilakukan menggunakan teknik purposive sampling dan snowball sampling.

Pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan teknik tringulasi.

                Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pendidikan karakter berbasis multicultural dilaksanakan melalui program-program sebagai berikut: a) komitmen manajemen sekolah; b) melalui tata tertib sekolah; c) pengintegrasian pada program intrakurikuler; d) pengintegrasian pada program ekstrakurikuler; e) budaya sekolah dan f) program jaringan kerja. Sekolah mengembangkan nilai-nilai karakter: nilai religius, mandiri, peduli lingkungan, berprestasi, toleransi, demokratis, semangat kebangsaan, kompetitif dan cinta damai. Faktor pendukung antara lain: a) komitmen dan kerjasama yang baik antara kepala sekolah, guru, siswa, dan keterlibatan orang tua wali; b) dukungan pihak pemerintah dan swasta dalam jaringan kerja.

Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara pendidikan karakter terhadap perilaku siswa dengan basis multikultural di SMK Negeri 1 Sarirejo: (1) Pengaruh Pendidikan Karakter Terhadap Perilaku Religius siswa (2) Pengaruh Pendidikan Karakter Terhadap Perilaku Jujur Siswa (3) Pengaruh Pendidikan Karakter Terhadap Perilaku Toleransi Siswa (4) Pengaruh Pendidikan Karakter Terhadap Perilaku Peduli Sesama Siswa (5) Pengaruh Pendidikan Karakter Terhadap Perilaku (Perilaku Religius, Jujur, Toleransi, dan Peduli Sesama)

 

Kata Kunci: pendidikan karakter, multikultural, perilaku siswa

Diterbitkan

01-07-2021

Cara Mengutip

Isyarini T.A, Srirohatul Jama`idah, S. K. H. H. . (2021). PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS MULTIKULTURAL TERHADAP PERILAKU SISWA DI SMK NEGERI 1 SARIREJO. Jurnal Ilmiah Jendela Pendidikan, 10(2). https://doi.org/10.55129/jp.v10i2.1319

Terbitan

Bagian

Volume 10 No. 2 Terbitan Juni 2021