KUALITAS PELAYANAN KEPERAWATAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN

Penulis

  • Rita Rahmawati PSIK Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Gresik
  • Aan Maudlihul Fikri Mahasiswa PSIK Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Gresik

DOI:

https://doi.org/10.55129/jnerscommunity.v5i2.93

Abstrak

ABSTRAK
Mutu pelayanan keperawatan merupakan gambaran total sifat dari suatu produk
atau jasa pelayanan yang berhubungan dengan kemampuannya untuk memberikan
kebutuhan kepuasan. Sehingga untuk memenangkan sebuah persaingan dalam merebut
persaingan pasar, maka rumah sakit harus bisa memberikan jaminan rasa kepuasan pada
pasien. Masalah yang terjadi adalah kurang ramah atau kurang profesional perawat dalam
pelayanan keperawatan yang sangat terkait dengan kepuasan pasien dirumah sakit. Tujuan
penelitian ini untuk menganalisis hubungan mutu pelayanan keperawatan dengan tingkat
kepuasan pasien.
Desain penelitian ini adalah cross sectional. Populasi penelitian 33 pasien.
Pengambilan sampel dengan purposive sampling, didapatkan sampel sebanyak 31
responden sesuai kriteria inklusi. Variabel independen adalah mutu pelayanan keperawatan
dan variabel dependen adalah tingkat kepuasan pasien. Data diambil menggunakan teknik
wawancara dan observasi.
Hasil uji statistik spearman rho dengan taraf signifikan nilai p < 0,05. Hasil
penelitian ini menunjukkan nilai p= 0,586. Hal ini menunjukkan tidak ada hubungan mutu
pelayanan keperawatan dengan tingkat kepuasan pasien.
Tenaga perawat di rumah sakit merupakan tenaga paling banyak kontak dan
berinteraksi dengan pasien, sehingga pasien cenderung mengamati apa yang mereka
lakukan. Maka bila perawat menunjukkan mutu pelayanan keperawatan yang baik akan
menyebabkan meningkatnya tingkat kepuasan kepada pasien
Kata kunci: Mutu pelayanan keperawatan dan tingkat kepuasan pasien
ABSTRACT
Quality of nursing service was the total of the nature of description a product or
service related to its ability to provide satisfaction to the patients needs. Problems that
occur in the Dahlia were less friendly or less professional in nursing services. So to win a
competition in seizing market, the hospital most be able to guarantee of satisfaction in
patients.The research aim was to analyze the correlation quality with patients satisfaction
level.
The research was used cross sectional design. The population were 33 patients.
Sample were selected by purposive sampling, the sample were 31 respondens with
inclusion criteria. The independent variable was a quality of nursing service and
dependent variable was patiens satisfaction level. The data were collected by using
interview and questionnaire.
The research result using spearman rho with the à< 0.05 significance degree. The
result of this research was à= 0.586. It’s mean no correlation quality of nursing care with
patients satisfaction level.
Most of patients intend to observed the quality of nursing service, because nurses
are most interactive with patients. If nurses show good quality of nursing service, then it
will increase patients satisfaction level.
Keywords : Quality of nursing service and Patient satisfaction level.

Referensi

Brown, L. , et al. (2002), A Conceptual Model of Service Quality Implication For Future

Research. Jurnal of Marketing, Vol 49

Kotler, P. (2002) Mengukur Kepuasan Pelanggan : Panduan Menciptakan Pelayanan

Bermutu. Jakarta : penerbit ppm. Hal 3, 5, 11, 24, 69.

Nursalam (2011). Manajemen Keperawatan Aplikasi Dalam Praktik Profesional, Edisi 3

Jakarta : Salemba Medika. Hal 295 – 301, 328 – 330.

Pohan,Imbalo S. (2003). Jaminan Mutu Pelayanan Kesehatan, Jakarta : kesaint Blanc. Hal

-17.

Purnama (2009). http://wordpress.kepuasan pasien terhadap pelayanan rumah sakit com

(diakses pada tanggal 12 desember 2012) jam 10.29

Sabarguna, Boy.(2004). Pemasaran Rumah Sakit . cetakan 1. Yogyakarta : konsorsium

Rumah Sakit Islam Jawa Tengah.

Tjiptono, F.(2002). Prespektif Manajemen Dan Pemasaran Konteporer. Yogyakarta :

Penerbit Andi. Hal 135.

Unduhan

Diterbitkan

05-11-2014

Cara Mengutip

Rahmawati, R., & Fikri, A. M. (2014). KUALITAS PELAYANAN KEPERAWATAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN. Journals of Ners Community, 5(2), 118–123. https://doi.org/10.55129/jnerscommunity.v5i2.93

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>