FREKUENSI BERMAIN GAME ONLINE DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN TIDUR PADA REMAJA DI DESA SONGKAR

Penulis

  • Ana Lestari STIKES Griya Husada Sumbawa
  • Rafi'ah Rafi'ah STIKES Griya Husada Sumbawa
  • Iga Maliga STIKES Griya Husada Sumbawa

DOI:

https://doi.org/10.55129/jnerscommunity.v13i1.1656

Kata Kunci:

Game online, Kebutuhan, Pemenuhan, Tidur

Abstrak

Perkembangan games di dunia semakin pesat, tidak terkecuali di Indonesia. Games saat ini sudah menjadi alternatif hiburan bagi tua, muda, pria maupun wanita. Games online merupakan permainan yang dapat diakses oleh banyak pemain dimana mesin-mesin yang digunakan pemain dihubungkan oleh suatu jaringan. Masalah remaja dalam hal kurangnya pemenuhan kebutuhan tidur sangatlah penting untuk diperhatikan, namun kenyataanya remaja lebih memilih tidur larut malam dan harus bangun pagi karena kewajiban sebagai pelajar.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif analitik. Metode penelitian yang digunakan adalah Cross Sectional. Tehnik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah random sampling, dimana peneliti memberikan peluang yang sama bagi setiap anggota populasi (remaja) untuk dipilih menjadi sampel yang dilakukan secara acak dengan jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 30 responden. Tujuan penelitian ini adalah mencari hubungan antara frekuensi bermain game online dengan pemenuhan kebutuhan tidur pada remaja di Desa Songkar

Hasil uji bivariat antara frekuensi bermain game online dengan pemenuhan kebutuhan tidur pada remaja diperoleh p-value=0,000 lebih kecil dari 0,05 yang artinya terdapat hubungan yang signifikan antara frekuensi bermain game online dengan pemenuhan kebutuhan tidur pada remaja.

Terdapat hubungan antara frekuensi bermain game online dengan pemenuhan kebutuhan tidur pada remaja di Desa Songkar. Berdasarkan hasil penelitian disarankan bagi orang untuk memperhatikan kebutuhan tidur remaja dengan memperhatikan durasi bermain game online bagi anak.

 

Referensi

Ariani, M. (2013). Hubungan Intenitas Pengguna Jejaring Sosial Terhadap kualitas Tidur Remaja Di SMA N 3 Siak.

Azizah, L. (2018). Hubungan Kebiasaan Bermain Games Online dengan Kualitas Tidur Remaja pada Kelas X di SMK Dwija Bhakti 2 Jombang. Skripsi Program Studi Ilmu Keperawatan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Insan Cendekia Medika Jombang.

Djamalilleil, S. F., Rosmaini, R., & Dewi, N. P. (2020). Hubungan Kualitas Tidur Terhadap Konsentrasi Belajar Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Baiturahmah Padang Angkatan 2018. Journal Health and Medical Journal, 3(1), 43-50.

Fadholi, F. (2018). Hubungan Intensitas Bermain Game online Dengan Gangguan Pola Tidur di SMPN 01 Pakisaji. Politeknik Kesehatan RS dr. Soeprapoen Malang.

Gurusinga, Fitri Mona (2021). Hubungan kecanduan Game Online Dengan Pola Tidur Pada Remaja Usia 16-18 Tahun Di SMA Negri 1 Deli Tua Kecamatan Deli Tua kabupaten Derli Serdang. Penelitian Keperawatan Medik. 2 (2). -8.

Khasanah, Nur Nopi (2020). Game online Berhubungan Dengan Perilaku Agresivitas Pada Remaja: Sebuah Studi Di Game Center Semarang. Ilmu Kesehatan. 14 (1). 1-6

Matur, Y. P., Simon, M. G., & Ndorang, T. A. (2021). Hubungan Kecanduan Game Online Dengan Kualitas Tidur Pada Remaja Sma Negeri Di Kota Ruteng. Wawasan Kesehatan, 6(2), 55-66.

Nofianti. (2016). Hubungan Intensitas Bermain Game online Dengan Kualitas Tidur Pada Remaja Akhir. STIKES Panakkukang Makassar.

Novrialdy Eryzal (2019). “Kecandua Game online Pada Remaja: Dampak dan Pencegahannyaâ€Â. Jurnal Buletin Psikologi Prodi S2 Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang. 27 (2), 148-158.

Nurdilla, N. Arneliwati, Elita, V. (2018). Hubungan Kecanduan Bermain Game online dengan Kualitas Tidur Remaja. JOM FKp. 2018;5(2):120–6

Santoso, Y. R. D., & Purnomo, J. T. (2017). Hubungan kecanduan game online terhadap penyesuaian sosial pada remaja. Jurnal Humaniora Yayasan Bima Darma, 4(1), 027-044.

Sariy, A. F. (2020). Hubungan Frekuensi Bermain Game online Dengan Kualitas Tidur Pada Siswa Kelas Xi Teknik Bisnis Sepeda Motor Di Smkn 1 Bendo. Stikes Bhakti Husada Mulia Madiun.

Tarwoto, & Wartonah. (2015). Kebutuhan Dasar Manusia dan Proses Keperawatan. Salemba medika.

Ulpawati, U. (2019). Hubungan Durasi Dan Frekuensi Bermain Game online Dengan Kualitas Tidur Pada Anak Laki-Laki Kelas Iv Dan V Sd Cendana Kota Batam Tahun 2018. Jurnal Ilmiah Zona Psikologi, 1(2), 35–41.

We Are Social. (2019). Digital 2019: Global Internet Use Accelerates - We Are Social.

Wiguna, R. I., Menap, H., Alandari, D. A., & Asmawariza, L. H. (2020). Hubungan Kecanduan Bermain Game online dengan Motivasi Belajar Pada Anak Usia 10-12 Tahun. Jurnal Surya Muda, 2(1).

Young. (2009a). Fenomena games online.http://elib.stikesmuhgombong.ac.id

Young, K. (2009b). Understanding Online Gaming Addiction and Treatment Issues for Adolescents. The American Journal of Family Therapy.

Yunita, T. N., Wirakhmi, I. N., & Kurniawan, W. E. (2021, November). Pengaruh Game Online terhadap Kualitas Tidur pada Anak Usia Sekolah di SD N 2 Tambaknegara. In Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (pp. 201-207).

Unduhan

Diterbitkan

25-06-2022

Cara Mengutip

Lestari, A., Rafi’ah, R., & Maliga, I. (2022). FREKUENSI BERMAIN GAME ONLINE DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN TIDUR PADA REMAJA DI DESA SONGKAR. Journals of Ners Community, 13(1), 27–33. https://doi.org/10.55129/jnerscommunity.v13i1.1656

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.