Integrasi Kurikulum Merdeka dengan Pendidikan Digital Ethics: Strategi Menjawab Tantangan Era AI di Indonesia

Penulis

  • Komarudin Komarudin Universitas Catur Insan Cendekia

DOI:

https://doi.org/10.55129/jp.v15i1.3154

Kata Kunci:

Kurikulum Merdeka;, etika digital;, kecerdasan buatan;, literasi digital;, pendidikan abad ke-21

Abstrak

Perkembangan kecerdasan buatan (AI) telah membawa dampak signifikan terhadap dunia pendidikan, termasuk di Indonesia, sekaligus menghadirkan tantangan etis yang perlu diantisipasi sejak dini. Kurikulum Merdeka yang menekankan fleksibilitas, kebebasan belajar, dan pembentukan karakter memberikan peluang strategis untuk mengintegrasikan pendidikan etika digital dalam membekali siswa menghadapi kompleksitas era digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi strategi integrasi Kurikulum Merdeka dengan pendidikan etika digital serta menganalisis relevansinya dengan tantangan dan kebutuhan etis di era AI. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan desain studi kasus pada tiga sekolah menengah di Jawa Barat, melibatkan 9 guru, 3 konselor, dan 30 siswa melalui wawancara, observasi, dan kuesioner terbuka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi etika digital berdampak positif terhadap kesadaran siswa, dengan peningkatan rata-rata skor persepsi hingga 3,8, perubahan perilaku digital yang lebih bertanggung jawab, serta kepuasan siswa terhadap iklim sekolah yang lebih etis (4,0). Namun, ditemukan kesenjangan antara sekolah di perkotaan dan pedesaan akibat keterbatasan infrastruktur dan kompetensi guru. Penelitian ini menegaskan bahwa kompetensi guru, ketersediaan modul ajar standar, serta dukungan kebijakan dan infrastruktur merupakan faktor kunci keberhasilan. Temuan ini memberikan kontribusi akademis terhadap literatur integrasi etika digital dalam pendidikan nasional, serta implikasi praktis bagi pemerintah, sekolah, dan masyarakat dalam membangun generasi yang cerdas sekaligus beretika di era AI.

File Tambahan

Diterbitkan

24-10-2025

Cara Mengutip

Komarudin, K. (2025). Integrasi Kurikulum Merdeka dengan Pendidikan Digital Ethics: Strategi Menjawab Tantangan Era AI di Indonesia. Jendela Pendidikan : Jurnal Ilmiah Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 15(1), 9–17. https://doi.org/10.55129/jp.v15i1.3154

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.