Penguatan Pendidikan Karakter melalui Metode Storytelling Digital: Inovasi Pengajaran Humaniora di Era Media Sosial
DOI:
https://doi.org/10.55129/jp.v15i2.3145Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran storytelling digital dalam memperkuat pendidikan karakter sebagai bagian dari inovasi pengajaran humaniora di era media sosial. Metode penelitian menggunakan pendekatan mixed-method sequential explanatory dengan melibatkan 400 siswa untuk tahap kuantitatif melalui kuesioner pendidikan karakter dan 30 partisipan (siswa dan guru) untuk tahap kualitatif melalui wawancara serta observasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada nilai empati, tanggung jawab, dan kerjasama siswa setelah penerapan storytelling digital. Selain itu, metode ini juga mendorong kreativitas siswa, meningkatkan keterlibatan belajar, dan memberi ruang ekspresi moral melalui media digital yang akrab dengan generasi muda. Hambatan utama terletak pada keterbatasan fasilitas, kompetensi guru, akses internet, serta waktu pembelajaran. Implikasi penelitian ini menegaskan bahwa storytelling digital dapat menjadi strategi inovatif dalam pengajaran humaniora yang relevan dengan kebutuhan siswa di era media sosial, sekaligus mendukung pendidikan karakter berkelanjutan.