analisis kesulitan mahasiswa PGSD dalam menulis ilmiah

Penulis

  • Umar, Arif Widodo

DOI:

https://doi.org/10.55129/jp.v10i2.1312

Abstrak

Menulis merupakan literasi dasar yang harus dimiliki seorang mahasiswa dalam menghadapi tantangan abad 21. Salah satu keterampilan menulis yang dibutuhkan mahasiswa adalah menulis artikel ilmiah. Berdasarkan studi pendahuluan ditemukan mahasiswa masih kesulitan dalam menulis artikel. Penelitian ini bertujuan untuk menganalis faktor-faktor yang menyebabkan mahasiswa kesulitan menulis artikel ilmiah. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan survei. Instrument yang digunakan adalah angket responden. Subyek dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester 3 yang sedang menempuh mata kuliah penulisan karya ilmiah. Data disajikan dalam bentuk diagram kemudian dijelaskan secara deskriptif. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa kesulitan dalam menulis artikel ilmiah karena tidak dapat menyusun kalimat yang baik, kesulitan mencari topik kajian, dan tidak tahu memulai menulis. Selain itu mahasiswa masih kesulitan dalam menemukan ide serta dalam menggunakan bahasa yang baik. Salah satu penyebab mahasiswa kesulitan dalam menulis ilmiah karena jarang membaca artikel di jurnal ilmiah dan belum terbiasa menggunakan aturan penulisan ilmiah dalam menyusun makalah. Kebiasaan copy paste di kalangan mahasiswa membuat kemampuan analisis mahasiswa menjadi tumpul. Implikasinya adalah mahasiswa selalu kesulitan ketika menyusun kalimat sendiri dalam menulis ilmiah. Maka dari itu mahasiswa diharapkan agar sering membaca artikel pada jurnal ilmiah dan membiasakan diri dalam menulis makalah dengan jujur sesuai dengan kaidah penulisan karya ilmiah.

Kata kunci: kesulitan menulis, menulis ilmiah, mahasiswa PGSD

Jurnal Ilmiah Jendela Pendidikan

Diterbitkan

30-06-2021

Cara Mengutip

Arif Widodo, U. (2021). analisis kesulitan mahasiswa PGSD dalam menulis ilmiah. Jurnal Ilmiah Jendela Pendidikan, 10(2). https://doi.org/10.55129/jp.v10i2.1312

Terbitan

Bagian

Volume 10 No. 2 Terbitan Juni 2021