PENDIDIKAN KESEHATAN MEMPENGARUHI PENGETAHUAN DAN REAKSI PSIKOLOGIS BODY IMAGE PASIEN GANGREN (Health education influence to knowledge and psychological reactions of the body image of gangrene patients)

Retno Twistiandayani, Didik Novianto Fadeli

Sari


ABSTRAK

Pendidikan kesehatan adalah faktor yang sangat mempengaruhi terhadap pengetahuan dan terhadap reaksi psikologi body image pasien gangrene. kurangya pendidikan kesehatan akan mempengaruhi tingkat pengetahuan pasien dalam menghadapi penyakit dm yang dideritanya, dan dapat berpengaruh pada reaksi psikologi body imagenya sehingga pasien dengan dangren cenderung kearah reaksi maladaptif. tujuan penelitian ini adalah bagaimanakah pengaruh pendidikan kesehatan terhadap pengetahuan dan reaksi psikologis body image pasien gangrene.

Desain penelitihan ini yaitu pra-pasca test dalam satu kelompok (one-group pre-post-test desing) dimana kelompok objek di observasi sebelum dilakukan intervensi dan kemudian diobservasi lagi setelah diberi intervensi. Populasi adalah Seluruh  pasien diabetes mellitus yang mengalami gangrene di ruang Dahlia dan Gardena RSUD Ibnu Sina Kabupaten Gresik sebanyak 24 pasien dengan teknik Purposive Sampling dalam pengambilan sampel sebesar 20 responden. variabel independen dalam penelitian ini adalah pengaruh pendidikan kesehatan dan variabel dependen dalam penelitian ini adalah Pengetahuan, dan body image pasien diabetes mellitusdengan gangrene. Pengambilan data  dengan mengunakan kuesioner dan lembar observasi.

BerdasarkanUji Statistik Wilcoxon Signed Rank diketahui nilai Sig.                   (2-tailed) adalah 0,000 menunjukan ada pengaruh pendidikan kesehatan terhadap pengetahuan pasien  gangrene. reaksi psikologi Body Image menunjukan  nilai Sig. (2-tailed) adalah 0,005 menunjukan ada pengaruh pendidikan kesehatan terhadap reaksi psikologis body image pasien  gangrene.

Pendidikan kesehatan sangat berperan  dalam meningkatkan  pengetahuan dan memperubah reaksi psikologis Body Image pasien gangrene menjadi adaptif. Pendidikan kesehatan kepada pasien DM dengan gangrene perlu diberikan dalam waktu yang lebih lama dan sesering mungkin.

 

Kata kunci : Pendidikan kesehatan, pengetahuan dan reaksi psikologi Body Image

ABSTRACT

               Health education is a very influencing factor to the knowledge and to the psychological reaction of Body Image of gangrene patients. the lack of health education will affect the level of knowledge of patients in the face of DM disease, and can affect the psychological reaction of Body Image so that patients with dangren tend towards maladaptive reaction. The purpose of this study is how the influence of health education on the knowledge and psychological reactions of the body image of gangrene patients

               The design of this study was pre-post test in one group (one-group pre-post-test desing) where the object group is observed before the intervention and then observed again after being given intervention. Population is All patients with diabetes mellitus who experience gangrene in Dahlia and Gardena spaces RSUD Ibnu Sina Gresik regency as many as 24 patients with purposive sampling technique in sampling of 20 respondents. independent variable in this research is the influence of health education and dependent variable in this research is Knowledge, and body image of diabetes mellitus patient with gangrene. Data collection using questionnaires and observation sheets.

               Based on Wilcoxon Signed Rank Statistics Test known Sig value. (2-tailed) is 0,000 shows there is an influence of health education on the knowledge of gangrene patients. psychological reactions Body Image shows the value of Sig. (2-tailed) is 0.005 indicates there is influence of health education to psychological reaction body image of gangrene patient.

               Health education plays an important role in improving knowledge and change the psychological reaction Body Image gangrene patients become adaptive. Health education to DM patients with gangrene should be given for longer periods and as often as possible.

Keywords: health education, knowledge and psychological reactions of Body     

DOI: 10.5281/zenodo.1404631


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Barbara C Long.(2009). Perawatan Medikal Bedah. Jakarta:EGC.

FKUI.(2009). Penatalaksanaan Diabtes Mellitus Terpadu.Jakarta:Balai penerbit FKUI.

Husna. (2017), Mekanisme Koping Pada Pasien DM. http://www.Jurnal.Unsiyah.ac.id

Lorraine M Wilson, Prince, Sylvia A. Patofisiologi.(2005). Jakarta:EGC.

Novida, K. (2007). Penerimaan Diri dan Stres pada Responden Diabetes Mellitus.Skripsi, Program Studi Psikologi. Yogyakarta.

Nursalam .(2010). Konsep Dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika

PSIK Fakultas Kesehatan Unigres, (2013). Buku Panduan Penyusunan Proposal dan Skripsi.PSIK Fakultas kesehatan Unigres.

Sandra M. Harlina SST. (2007). Penatalaksanaan Diet Diabetes Mellitus.Akade misi giri Surabaya.

Dalimartha. (2006). Ramuan Tradisional Untuk Pengobatan Diabetes Mellitus, Jakarta: Penebar Swadaya.

Soegondo Sidartawan. (2009). Diagnosis Dan Klasifdikasi Diabetes Melitus Terkini.Penatalaksanaan Diabetes Mellitus terpadu. Jakarta:FKUI.

Wahit Iqbal Mubarok.(2007). Buku Ajar Kebutuhan Dasar Manusia.Jakarta :Salemba.

Wreksoatmodjo.(2012). Konsep Dasar Lansia.Jakarta : Salemba


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.