PELATIHAN KESIAPSIAGAAN DENGAN MEDIA POWER POINT DAN MEDIA VIDEO DALAM MENINGKATKAN KESIAPSIAGAAN BENCANA BAJIR PADA SISWA SMA
DOI:
https://doi.org/10.55129/jnerscommunity.v11i2.1154Abstrak
Sekolah merupakan salah satu dari fasilitas publik yang sering terkena dampak langsung dari bencana banjir seperti rusaknya infrastruktur dan lumpuhnya kegiatan pendidikan sehingga komunitas sekolah harus memiliki kesiapsiagaan untuk menghadapi bencana. Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan efektifitas pelatihan kesiapsiagaan dengan media power point dan media video terhadap peningkatan kesiapsiagaan siswa SMA/sederajat dalam menghadapi bencana banjir di daerah resiko tinggi banjir.
Desain penelitian ini menggunakan Quasy Eksperimental dengan jenis two group pre post test design. Sample diambil dengan teknik purposive sampling. Sebanyak 20 responden diberikan pelatihan kesiapsiagaan dengan media power point dan 20 responden diberikan pelatihan kesiapsiagaan dengan media video. Instrumen yang digunakan adalah SOP pelatihan kesiapsiagaan dan kuisioner kesiapsiagaan. Data kesiapsiagaan dianalisis dengan uji indeks kesiapsiagaan menghadapi bencana dan diuji statistik dengan Wilcoxon Signed Rank Test dan Mann Whitney test.
Hasil uji wilcoxone sign rank test nilai indeks rata-rata sebelum dan sesudah pelatihan kesiapsiagaan bencana banjir dengan media power point menunjukkan nilai p= 0,035. Hasil uji wilcoxone sign rank test nilai indeks rata-rata sebelum dan sesudah pelatihan kesiapsiagaan bencana banjir dengan media video menunjukkan nilai p= 0,05. Hasil uji Mann whitney menunjukkan nilai p= 0,091 (p>0,05) artinya tidak ada perbedaan bermakna tingkat kesiapsiagaan siswa SMA/sederajat sesudah intervensi antara kelompok power point dan video.
Media power point dan video merupakan media pembelajaran yang mempermudah siswa dalam belajar sehingga terjadi peningkatan kategori kesiapsiagaan. Pemerintah dan Badan Penanggunlangan Bencana Daerah diharapkan dapat memberikan pelatihan kesiapsiagaan bencana banjir kepada komunitas sekolah sehingga komunitas sekolah siap dan siaga dalam mengahadapi banjir.
Kata Kunci: Bencana Banjir, Pelatihan Kesiapsiagaan, Power Point, Siswa SMA/sederajat, Video
DOI: 10.5281/zenodo.4774679
Referensi
Amalia YN & Sari MMK. 2018. Strategi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dalam Membangun Partisipasi Masyarakat Tanggap Bencana Banjir di Kabupaten Gresik. Kajian Moral Kewarganegaraan. Vol 06 (2): 671-685
Arsyad, MN & Fatmawati. 2018. Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Terhadapa Mahasiswa IKIP Budi Utomo Malang. Jurnal Agastya. Vol. 8 (2) : 188-198
Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). 2017. Buku Saku Tanggap Tangkas Tangguh Menghadapi Bencana.
Basri AH & Istiroha. 2019. Pelatihan Bantuan Hidup Dasar (BHD) Meningkatkan Pengetahuan dan Kesiapan Menolong Korban Kecelakaan Pada Tukang Ojek. Journlas of Ners Community. Vol 10 (2): 185-196.
BNPB. 2014. Indeks Resiko Bencana Indonesia (IRBI). Sentul: Direktorat Pengurangan Risiko Bencana Deputi Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan. Diunduh pada tanggal 29 Oktober 20220 <https://bnpb.go.id/buku/indeks-risiko-bencana-indonesia>
BNPB. 2019. Buku Panduan Hari Kesiapsiagaan Bencana 26 April 2019. Deputi Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BNPB : Jakarta. Diunduh pada tanggal 28 Oktober 2020 <https://perpustakaan.bnpb.go.id/index.php?unduh=true&id=1820>
Dewi RK. 2019. Data Bencana BNPB pada 2019, 1.538 Kejadian dan 325 Korban Meninggal". Diunduh pada tanggal 29 Oktober 2020 <https://nasional.kompas.com/read/2019/04/30/19322341/data-bencana-bnpb-pada-2019-1538-kejadian-dan-325-korban-meninggal>
Elpira N & Ghufron A. Pengaruh Penggunaan Media Powerpoint Terhadap Minat dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan. Vol 2 (1): 94-104: <http://journal.uny.ac.id/index.php/jitp>
Hidayati D., Widayatun, Hartana P., Triyono, Kusumawati T. 2011. Panduan Mengukur Tingkat Kesiapsiagaan Masyarakat dan Komunitas Sekolah. Diunduh pada tanggal 2 September 2020 <https://www.researchgate.net/publication/322095576_Panduan_Mengukur_Tingkat_Kesiapsiagaan_Masyarakat_dan_Komunitas_Sekolah tanggal 2 September 2020>
Julianto V, Inayah R, Qonita AK, Sri TAD. 2019. Pengaruh Sosialisasi Kesiapsiagaan Bencana Terhadap Pengetahuan Siswa dalam Menghadapi Bencana Tsunami di Desa Kiluan Negeri. Panangkaran, Jurnal Penelitian Agama dan Masyarakat. Vol 3 (1): 87-95
Mangkuprawira (2014) Manajemen Sumber Daya Manusia Strategik, Penerbit Ghalia. Indonesia, Jakarta.
Nirmawati & Arief TA. 2018. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Power Point Terhadap Minat dan Kemampuan Membaca Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar. Vol 3 (1): 429 -442.
Notoadmodjo, S. (2010). Promosi Kesehatan Dan Ilmu Perilaku. Edisi Revisi. Jakarta : Rineka Cipta.
Nugroho FS (2019). Banjir di Gresik: Empat Kecamatan Terendam Banjir. Dikases tanggal 23 September 2020 <https://solo.tribunnews.com/2019/03/08/banjir-di-gresik-empat-kecamatan-terendam-banjir>
Rasyid M, Asmawati A, Saleh AR. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Dalam Konsep Sistem Indera Pada Siswa Kelas XI SMA. Jurnal Pendidikan Biologi. Vol 7 (6):69-80.
Wiarto, G. 2016. Media Pembelajaran Dalam Pendidikan Jasmani. Yogyakarta: Laksita.
Winoto PMP, Zahroh C. 2020. Pengaruh Sosialisasi Kesiapsiagaan Bencana Melalui Metode Simulasi Terhadap Peningkatan Ketrampilan Dalam Mengahadapi Bencana Pada Mahasiswa Siaga Bencana (Magana). Jurnal Ilmiah Kesehatan (Journal Of Health Science). Vol 13 (02): 157-164.
Wulandari F. 2018. Pengaruh Media Video Terhadap Kesiapsiagaan Siswa dalam Menghadapi Bencana Gempabumi di SMA Negeri 1 Gantiwarno, Klaten. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia. Vol 3 (2): 18-20.
Yulianto, M. I. 2013. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Kesiapsiagaan Siswa Dalam Menghadapi Bencana Banjir Dan Gempa Bumi Di SMP Negeri 1 Gatak. Naskah Publikasi Universitas Muhammadiyah Surakarta.