PENGARUH PENDIDIKAN KEKERASAN SEKSUAL TERHADAP PERILAKU ORANG TUA DALAM MENCEGAH KEKERASAN SEKSUAL PADA ANAK (Effect Of Sexual Violence Education To The Behavior Of Parents In Preventing Sexual Abuse Of Children)
DOI:
https://doi.org/10.55129/jnerscommunity.v7i2.269Abstrak
ABSTRAK
           Perilaku kekerasan seksual adalah bentuk kontak seksual atau bentuk lain yang tidak diinginkan secara seksual. Kekerasan seksual biasanya disertai dengan tekanan psikologi atau fisik. Perilaku kekerasan seksual dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu : keluarga, ekonomi, lingkungan, teknologi, psikologi dan kurangnya pendalaman agama. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh pendidikan kekerasan seksual terhadap perilaku orang tua dalam mencegah kekerasan seksual pada anak.
           Desain penelitian ini menggunakan one-group pre-post test design, dengan menggunakan purposive sampling. Sampel yang diambil sebanyak 36 responden. Variabel independennya adalah pendidikan kekerasan seksual, dan variabel variabel dependennya adalah pencegahan perilaku kekerasan seksual. Data penelitian ini diambil dengan menggunakan kuesioner.
           Hasi uji statistik Wilcoxon Signed Rank Test didapatkan hasil pengetahuan (hitung) = 0,00 artinya ada pengaruh signifikan pendidikan kekerasan seksual terhadap pengetahuan tentang pencegahan perilaku kekerasan seksual pada anak. Sikap (hitung) = 0,00 artinya ada pengaruh signifikan pendidikan kekerasan seksual terhadap sikap tentang pencegahan perilaku kekerasan seksual pada anak. Tindakan (hitung) = 0,00 artinya ada pengaruh signifikan pendidikan kekerasan seksual terhadap tindakan tentang pencegahan perilaku kekerasan seksual pada anak.
           Upaya penanganan yang harus dilakukan antara lain dengan memberikan pendidikan seks sejak dini ketika anak mulai bertanya tentang perbedaan jenis kelamin. Orang tua lebih meningkatkan pengetahuan dan berperan aktif mendidik anaknya untuk mencegah kekerasan seksual.
ÂÂÂÂ
Kata kunci : Pendidikan kekerasan seksual, perilaku (pengetahuan, sikap dan tindakan) kekerasan seksual
ABSTRACT           Behavior sexual violence is a form of sexual contact or other forms of unwanted sexual. Sexual violence is usually accompanied by psychological or physical pressure. Sexually violent behavior is influencedby several factors : family factors, economic factors, environmental factors, technological factors, psychological factors and lack of deepening teligios factors. Purpose of this research was to explain the influence of sexual violence education to the behavior of parent in preventing sexual abuse of children.
           The research design used a one-group pre-post-test design, with purposive sampling. Samples were taken by 36 respondents. Independent variabel is sexual violence education, and the dependent variabel is the prevention of sexually violent behavior. The data of this research were taken by using a questionnaire.
           From the stastical test of Wilcoxon Signed Rank Test result obtained knowledge (count) = 0,00 it means that there is a significant influence of sexual violence education to knowledge about the prevention of child sexual violent behavior. Attitude (count) = 0,00 it means that there is a significant influence of sexual violence education on the attitude about the prevention of child sexual violent behavior. Action (count) = 0,00 it means that there is a significant influence of sexual violence education on the action about the prevention of child sexual violent behavior.
           Efforts treatment should be done among others by providing early sex education when a child asks about gender differences. The main thing ia as parents increased knowledge and active role to adecate children to prevent sexual violence uccurs.
ÂÂÂÂKeywords:      Sexual violence education, behavior (knowledge, attitude and action) sexual violence.
DOI : 10.5281/zenodo.1405565
Referensi
Anonim, 2005. Kesehatan Reproduksi http;//www.kesrepo. info/?q=node/366 Diakses 27 November 2015
Alimul,Aziz (2007). Metode Penelitian Keperawatan dan Teknik Analisis Data Jakarta : Salemba Medika
Alimul Hidayat, A . Aziz (2005) Pengantar Ilmu Keperawatan Anak . Jakarta : Salemba Medika
Alwaisol. (2009). Psikologi Kepribadian, malang, umm press
Amrilah. (2006). Perilaku Seksual Ditinjau Dari Kualitas Komunikasi Orang-Anak Tentang Seksualitas.Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Arikunto, Suharjimi (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Jakarta : Rhineka Cipt.
Azwar, S. (2005). Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya Jakarta: Pustaka Pelajar
Bahri. S. (2004). Pola Komunikasi Orang Tua & Anak Dalam Keluarga. Jakarta: PT Rineka Cipta
Behman R.E. Kliegman R.M and Jenson, H.B, (2004). Adelesence In Nelson Textbook of Pediatricss 17 th ed Saunders: Philadelpia.
Departemen Kesehatan (1995) .Pengetahuan ,Sikap, dan Perilaku Tentang Kesehatan Remaja. Diakses melalui http//ejournal litbang depkes go id / index php /MPK /article /view/878/833 pada tanggal 27 Oktober 2015 Pukul 08.56 WIB.
Desmita. (2009). Psikologi Perkembangan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Depkes RI kerjasama dengan WHO, (2009). Kesehatan Reproduksi Jakarta
Fatimah. Enung, (2010). “ Psikologi Perkembanganâ€ÂÂÂ, Bandung , Pustaka Setia
Frued Sigmun (2010). Buku Pedoman Pembinaan Perkembangan Anak Jakarta: Salemba Medika.
Gaffar,J, L (1999). Pengantar Keperawatan Profesional Jakarta: EGC
Galihjoko, (2009). Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua Terhadap Pola Asuh anak pada Masyarakat. Dari http:www.indoskripsi.com. Diakses tanggal 25 Oktober 2015
Godam64. (2008). Jenis/Macam Tipe Pola Asuh Orang Tua pada Anak dan Cara Mendidik /Mengasuh Anak yang Baik. Dari http:www.Organisasi.org Komunitas dan Perpustakaan online. Diakses tanggal 22 Oktober 2015
Herawani. (2001). Pendidikan Kesehatan dalam Keperawatan Jakarta:EGC.
IDAI, (2000). Teori Tumbuh dan Kembang Anak Jakarta : Salemba Medika
Junaidi, W. (2010). Macam-Macam Pola Asuh Orang Tua. Dari http: www.blogspot.com. Diakses tanggal 22 Oktober 2015
Latipun. (2005). Psikologi Konseling. Malang: UMM Press.
Mu’tadin, Z (2002). Pengantar Pendidikan dan Ilmu Perilaku Kesehatan. Yogyakarta. Andi offset.
Maslim. Rudi (2001). Diagnosis Gangguan Jiwa Rujukan dari PPGD-III Jakarta: PT Nuha Jaya
Muladi, L.I, (2009). Pendidikan Seks Untuk Anak: Skripsi.. Surakarta: Fakultas Agama Islam UMS
Notoatmodjo, S. (1998). Pengantar Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Penerbit Andi Yogyakarta.
Notoatmodjo. S. (2003). Pendidikan dan Perilaku Kesehatan Jakarta: Rineka Cipta
Notoatmojdo S. (2003) . Buku Teori Perkembangan Manusia Beitcman et al (dalam Tower, 2002)
Nursalam (2003). Konsep & Penerapan Metodologi Keperawatan. Jakarta Salemba Medika
Nursalam (2005) Buku Pedoman Pembinaan Perkembangan Anak Jakarta: Salemba Medika
Nursalam (2008). Asuhan Keperawatan Bayi dan Anak (Untuk Perawat dan Bidan). Jakarta: Salemba Medika
Nursalam . (2013). Pendekatan Praktis Metodologi Riset Keperawatan. Jakarta : Jagung Seto
PSIK FK UNIVERSITAS GRESIK. (2014). Buku Pedoman Penyusunan Proposal dan Skripsi. PSIK FK Universitas Gresik. Gresik
Potter dan Perry. (2005). Buku Ajar Fundamental Keperawatan, Konsep, Proses, dan Praktik. Jakarta: EGC.
Patmonodewo,S. (2003). Pendidikan Anak Pra Sekolah. Jakarta: PT Rineka
Rumini, S. dan Sundari, S. (2004). Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta: Rineka Cipta
Suraji, M & Sofia R. (2008). Pendidikan Seks Bagi Anak. Yogyakarta : PUSTAKA FAHIMA
Sarwono, P. (2005). Ilmu Kebidanan Jakarta : Yayasan Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo.
Sarwono, Sarlito Wirawan (2011). Teori – Teori Psikologi Sosial. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Sarwono, (2000). Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya Jakarta: Pustaka Pelajar
Sumiati, dkk. (2009). Kesehatan Jiwa dan Konseling Jakarta : trans info media
Slepin , (2006) Pengantar Imu Keperawatan Anak . Jakarta : Salemba Medika
Taruwijaya, S. (2003). Konsep Umum Tumbuh dan Kembang. Jakarta:EGC.