SB MODEL KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP PROFESIONALISME GURU DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SDN SUKORENO I DAN SDN SEKARJOHO I

Kepemimpinan Kepala Sekolah, Profesionalisme Guru, Mutu Pendidikan, Prestasi Belajar Siswa

Penulis

  • Sulut Bunga Ragil

Kata Kunci:

Kepemimpinan Kepala Sekolah, Profesionalisme Guru, Mutu Pendidikan, Prestasi Belajar Siswa

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan (1) mengetahui pengaruh model kepemimpinan kepala sekolah terhadap profesionalisme guru di SDN Sukoreno I dan SDN Sekarjoho I; (2) mengetahui pengaruh model kepemimpinan kepala sekolah dalam usaha peningkatan mutu pendidikan di SDN Sukoreno I dan SDN Sekarjoho I; dan mengetahui pengaruh profesionalisme guru dalam usaha peningkatan prestasi belajar siswa di SDN Sukoreno I dan SDN Sekarjoho I. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dimana diberikan sebuah angket kepada 13 responden dari SDN Sukoreno I dan 10 responden dari SDN Sekarjoho I dan untuk melengkapi data yang dibutuhkan dilakukan wawancara kepada 5 orang informan. Hasil persentase yang diperoleh pada variable model kepemimpinan kepala sekolah pada SDN Sukoreno I dan SDN Sekarjoho I masing-masing sebesar 94,75% dan 94,50% dengan katergori sangat baik. Variable profesionalisme guru diperoleh hasil pada SDN Sukoreno I dan SDN Sekarjoho I dengan persentase masing-masing sebesar 95,00% dan 94,75% dengan kategori sangat baik. Variable mutu pendidikan diperoleh hasil persentase masing-masing sebesar 94,25% dan 94,00%. Dan pada variable prestasi belajar siswa diperoleh hasil persentase masing-masing sebesar 95,00% dan 94,25% sehingga dapat disimpulkan bahwa model kepemimpinan kepala sekolah dapat mempengaruhi profesionalisme guru; model kepemimpinan kepala sekolah mempengaruhi peningkatan mutu pendidikan; dan profesionalisme guru dapat mempengaruhi peningkatan prestasi belajar siswa.

Unduhan

Diterbitkan

2020-12-07

Cara Mengutip

Bunga Ragil, S. (2020). SB MODEL KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP PROFESIONALISME GURU DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SDN SUKORENO I DAN SDN SEKARJOHO I: Kepemimpinan Kepala Sekolah, Profesionalisme Guru, Mutu Pendidikan, Prestasi Belajar Siswa. Journal of Education Management and Learning, 3(2), 9–15. Diambil dari https://journal.unigres.ac.id/index.php/jemal/article/view/1527

Terbitan

Bagian

Artikel