S PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN PROFESIONALISME GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMK PELAYARAN MUHAMMADIYAH, SMK ABDI NEGARA DAN SMK YPM 12 TUBAN

motivasi, belajar, profesionalisme, guru, prestasi, SMK.

Penulis

  • Suyanto

Kata Kunci:

motivasi, belajar, profesionalisme, guru, prestasi, SMK.

Abstrak

Artikel ini membahas pengaruh motivasi belajar, dan profesionalisme guru terhadap prestasi siswa SMK Pelayaran Muhammadiyah, SMK Abdi Negara, dan SMK YPM 12 Tuban. Metode penelitian menggunakan kuantiatif dengan populasi berjumlah 390 siswa sekolah tersebut. Sampel penelitian berjumlah 78 siswa dipilih secara acak. 78 siswa ini diberikan angket tentang motivasi belajar, dan profesionalisme guru. Data prestasi belajar menggunakan rapot siswa. Nilai Uji F sebesar 7,134 dengan tingkat signifikan 0,000, dapat disimpulkan bahwa secara simultan motivasi belajar, dan profesionalisme guru berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa di tiga SMK Swasta di Kabupaten Tuban tersebut. Pengaruh motivasi belajar dan profesionalisme guru terhadap prestasi belajar siswa termasuk kategori sangat kuat dengan angka korelasi determinasi sebesar 0,862. Penelitian selanjutnya tetap menarik jika mengkaji di luar variabel motivasi, dan profesionalisme guru untuk memperjelas lagi tentang faktor-faktor yang dapat meningkatkan prestasi siswa SMK.

Unduhan

Diterbitkan

2020-12-07

Cara Mengutip

Suyanto. (2020). S PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN PROFESIONALISME GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMK PELAYARAN MUHAMMADIYAH, SMK ABDI NEGARA DAN SMK YPM 12 TUBAN: motivasi, belajar, profesionalisme, guru, prestasi, SMK. Journal of Education Management and Learning, 3(2). Diambil dari https://journal.unigres.ac.id/index.php/jemal/article/view/1530

Terbitan

Bagian

Artikel