HS MANAJEMEN BOARDING SCHOOL DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER
Studi kasus SMP Sabilillah dan SMP Darussyahid Sampang
Kata Kunci:
Manajemen, boarding school, pembentukan karakterAbstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah sikap moral yang merupakan persoalan yang rumit, untuk itu perlu ditangani berdasarkan data yang tepat dan akurat. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan tentang manajemen boarding school di SMP Sabilillah dan SMP Darussyahid Sampang dalam pembentukan karakter peserta didik. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data berasal dari informan (kepala sekolah, guru, ustadz atau ustadzah, dan peserta didik), observasi dan dokumen. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik pengujian data dengan teknik triangulasi. Teknik analisis data menggunakan tahapan kondensasi data, penyajian dan verifikasi.
Penelitian menunjukkan bahwa pembentukan karakter di SMP Sabilillah dan SMP Darussyahid Sampang yang terintegrasi dalam kegiatan peserta didik di sekolah formal dan di asrama/pondok. Pengawasan ditujukan pada penerapan aturan karakter peserta didik. Hasil penelitian disimpulkan bahwa pembentukan karakter peserta didik tidak terlepas dari adanya peranan boarding school. Boarding school dapat membentuk perilaku religius, sopan santun, disiplin, jujur, tanggung jawab, kemandirian, cinta tanah air dan peduli lingkungan. Saran pada penelitian bagi sekolah seluruh stakeholder agar membangkitkan semangat dalam komitmen bersama untuk melakukan konsolidasi, koordinasi, dan pemberdayaan semua unsur SDM sekolah dan asrama/pondok guna membangun kerjasama untuk kemajuan sekolah dan mutu layanan pendidikan karakter.