PENGARUH METODE PEMBELAJARAN STRATEGI SAVI TERHADAP HASIL BELAJAR DENGAN VARIABEL MODERATOR INTERAKSI SOSIAL SISWA

Penulis

  • Samsi Samsi Universitas Pendidikan Indonesia Bandung
  • Eeng Ahman Universitas Pendidikan Indonesia Bandung
  • Disman Disman Universitas Pendidikan Indonesia Bandung
  • Sobandi Sobandi Universitas Pendidikan Indonesia Bandung

DOI:

https://doi.org/10.55129/jp.v11i2.1876

Kata Kunci:

Metode Pembelajaran Strategi SAVI, Interaksi Sosial, Hasil Belajar

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya Hasil Belajar dan Interaksi Sosial siswa kelas VIII MTs Al Maijah Gumulunglebak. Banyak sekali metode pembelajaran yang dapat membangkitkan minat belajar siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran khususnya mata pelajaran IPS salah satunya yaitu Metode pembelajaran Strategi SAVI. Penelitian ini bertujuan Ingin mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang mendapatkan. Metode Pembelajaran Strategi SAVI dengan siswa yang mendapatkan Pembelajaran Konvensional. Ingin mengetahui apakah terdapat pengaruh interaksi antara Metode pembelajaran strategi SAVI dengan interaksi sosial siswa terhadap hasil belajar. khusus kompetensi dasar Mendeskripsikan Permintaan Dan Penawaran Serta Terbentuknya Harga Pasar dengan menggunakan Metode pembelajaran Strategi SAVI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui tes sebelum dan sesudah penerapan metode pembelajaran baik di kelas eksperimen maupun di kelas kontrol. Dari hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa Terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang mendapatkan Metode Pembelajaran Strategi SAVI dan Pembelajaran Konvensional. Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang memiliki tingkat interaksi sosial tinggi, Interaksi Sosial Sedang, dan siswa yang memiliki tingkat interaksi sosial rendah. Siswa yang memiliki interaksi sosial sedang mendapatkan hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memiliki interaksi sosial rendah. Terdapat interaksi antara Metode pembelajaran strategi SAVI dengan interaksi sosial siswa dalam mempengaruhi hasil belajar siswa.

Referensi

Abdurrahman, A. (2015). Teori belajar

aliran psikologi Gestalt serta

implikasinya dalam proses belajar

dan pembelajaran. Jurnal AlTaujih: Bingkai Bimbingan Dan

Konseling Islami, 1(2), 14–21.

Ardika, I. W. D. (2017). Pendekatan Savi

Untuk Belajar Bahasa. Soshum:

Jurnal Sosial Dan Humaniora, 5(1),

Dimyati, M. (2006). Belajar dan

pembelajaran. Jakarta: Rineka

Cipta.

Ismail, H. F. (2018). Statistika untuk

penelitian pendidikan dan ilmuilmu sosial. Kencana.

Khairul Anwar, M., & Taufik, M. (2016).

Hubungan Antara Konsep Diri

dengan Interaksi Sosial Pada

Perawat di Rumah Sakit Islam

Surakarta. Universitas

Muhammadiyah Surakarta.

Mayliana, E., & Sofyan, H. (2013).

Penerapan accelerated learning

dengan pendekatan SAVI untuk

meningkatkan motivasi dan hasil

belajar kompetensi menggambar

busana. Jurnal Pendidikan Vokasi,

(1).

Mulyaningsih, I. E. (2014). Pengaruh

interaksi sosial keluarga, motivasi

belajar, dan kemandirian belajar

terhadap prestasi belajar. Jurnal

Pendidikan Dan Kebudayaan,

(4), 441–451.

Ong, I. A. (2013). Analisa pengaruh strategi

diferensiasi, citra merek, kualitas

produk dan harga terhadap

keputusan pembelian pelanggan di

Cincao Station Grand City,

Surabaya. Jurnal Strategi

Pemasaran, 1(2), 1–11.

Salamoon, D. K. (2014). Studi Analisis

Proses Interaksi Komunikasi Dalam

Game Online Dragon Nest. Jurnal

Kajian Media Dan Komunikasi,

(5), 63–78.

Solang, D. J. (2016). Latihan Keterampilan

Intelektual dan Kemampuan

Pemecahan Masalah Secara Kreatif.

Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(1).

Wahyuni, E. S., & Prasetyaningsih, R. H.

(2020). The Pemberdayaan

Masyarakat dengan Aktivitas

Leisure. Jurnal Empathy

Pengabdian Kepada Masyarakat,

(2), 125–136.

ZUHRI, A. I. (2020). Pengaruh Penerapan

Model Pembelajaran Somatis

Auditori Visual Dan Intelektual

(Savi) Terhadap Hasil Belajar Fikih

Siswa Kelas X Ma Syekh Subakir

Nglegok Blitar Tahun Ajaran

/2020.

File Tambahan

Diterbitkan

26-10-2022

Cara Mengutip

Samsi, S., Ahman, E. ., Disman, . D., & Sobandi, S. (2022). PENGARUH METODE PEMBELAJARAN STRATEGI SAVI TERHADAP HASIL BELAJAR DENGAN VARIABEL MODERATOR INTERAKSI SOSIAL SISWA. Jurnal Ilmiah Jendela Pendidikan, 11(2), 292–303. https://doi.org/10.55129/jp.v11i2.1876

Terbitan

Bagian

Volume 11 Nomor 2 Bulan Juni 2022