English English based smart innovation melalui video interaktif di SMK bhina karya dan satya karya Karanganyar

English based smart innovation melalui video interaktif di SMK bhina karya dan satya karya Karanganyar

Penulis

  • Liss Dyah Universitas Duta Bangsa Surakarta

Kata Kunci:

pembelajaran interaktif, bahasa Inggris ,video interaktif, hasil belajar

Abstrak

Media  pembelajaran  adalah  salah  satu komponen  pembelajaran  yang  sangat  penting sebagai jembatan dalam penyampaian  materi. Penggunaan  media  dalam  pembelajaran  dapat memberikan  dampak  positif  dan  manfaat  yang sangat  luar  biasa  dalam  memudahkan  proses belajar  siswa.  Media pembelajaran  juga merupakan  dasar  yang  sangat diperlukan  demi  berhasilnya proses  pembelajaran.  Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan media konvensional berbasis video animasi (2) menganalisis perbedaan hasil belajar antara siswa yang menggunakan media konvensional dan video animasi. Tahapan metode penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan pretest dan postest design. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas X di SMK Bhina Karya Karanganyar dan SMK Satya Karya Karanganyar. Pengambilan kelas penelitian melalui teknik random sampling berdasarkan penyesuaian materi dengan kurikulum kelas. Kegiatan dalam analisis data meliputi kegiatan pengolahan data dan analisis statistik. Uji ini dilakukan terhadap data pre test dan postest, perubahan skor postest dari skor pre test terhadap kelompok eksperimen. Kesimpulan penelitian ini adalah model pembelajaran melalui media pembelajaran melalui video interaktif mampu memotivasi siswa sehingga dapat prestasi belajar meningkat. Siswa memberikan respon positif terhadap implementasi model pembelajaran menggunakan video interaktif.

 

Kata Kunci:

 pembelajaran interaktif, bahasa Inggris ,video interaktif, hasil belajar

 

Referensi

Aisyah, N, Widiyanto, B dan Fatkhurrohman, M.A. 2018. “Efektivitas Penggunaan Alat Peraga Sistem muskuloskeletal terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII SMP N 12 Kota Tegalâ€. Jurnal Pendidikan MIPA Pancasakti JPMP Volume 2 Nomor 1.

Arda dan Darsikin. 2015. “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Komputer Untuk Siswa Smp Kelas VIIIâ€. e-Jurnal Mitra Sains, Volume 3 Nomor 1.

Fatah, Syamsul Ma’arif Al Fatah; Jupriyanto, dan Cahyaningtyas, Andarini Permata. 2019. “Analisis Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasarâ€. Jurnal Pesona Dasar Vol.7 No.2, Oktober 2019, hal. 18 – 25 ISSN: 2337-9227.

Ferawati. 2011. “Model Pembelajaran Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Keterampilan Generik Sains Guru Fisika pada Topik Fluida Dinamisâ€. Prosiding Penelitian Bidang Ilmu Eksakta 2011, (2011),hal: 1-10.

Kahfi, Martin; Srirahayu Erna; dan Nurparida. 2021. “Penerapan Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPAâ€. Jurnal PETIK Volume 7, No 1, p-ISSN : 2640-7363 e-ISSN : 2614-6606.

Kurniawati, I.D dan Nita, S. 2018. “Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswaâ€. Journal of Computer and Information Technology Vol.1, No. 2.

Prastika, L. R., dkk. 2015. “Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Berbasis Komputer Model Instructional Games terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fisikaâ€. Prosiding Simposium Nasional Inovasi Pembelajaran dan Sains 2011 (SNIPS 2015) Bandung, (2015): hlm 397-400.

Saidah, L., Wijoyo, S., & Wicaksono, S. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Powerpoint untuk Meningkatkan Motivasi Belajar, Kebiasaan Belajar, dan Hasil Belajar Siswa di SMK Negeri 3 Malang. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 9, p. 8695-8705, sep. 2019. ISSN 2548-964X.

Tarigan, D Dan Siagian, S. 2015. “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Pembelajaran Ekonomiâ€. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, Vol. 2, No. 2.

Wiyono, K., dkk. 2009. “Model Pembelajaran multimedia Interaktif Relativitas Khusus untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMAâ€. Makalah Seminar Nasional Pendidikan di FKIP Universitas Sriwijaya Palembang, (2009): hal: 1-12.

Zulhelmi, Adlim dan Mahidin. 2017. “Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Terhadap Peningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswaâ€. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, Vol. 05, No.01.

File Tambahan

Diterbitkan

27-12-2022

Cara Mengutip

Dyah, L. (2022). English English based smart innovation melalui video interaktif di SMK bhina karya dan satya karya Karanganyar: English based smart innovation melalui video interaktif di SMK bhina karya dan satya karya Karanganyar. Jurnal Ilmiah Jendela Pendidikan, 12(1). Diambil dari https://journal.unigres.ac.id/index.php/JendelaPendidikan/article/view/1750