Peran Orang Tua Dalam Pengembangan Sekolah

Penulis

  • A.Faizin Program Studi Manajemen Pendidikan, Program Pascasarjana, Universitas Gresik
  • Taufiq Harris Program Studi Manajemen Pendidikan, Program Pascasarjana, Universitas Gresik
  • Indrawati Program Studi Manajemen Pendidikan, Program Pascasarjana, Universitas Gresik

Kata Kunci:

Pemberdayaan, Masyarakat, Mutu Sekolah.

Abstrak

Meningkatkan mutu sekolah tentunya tak luput dari adanya peran penting dari masyarakat, karena masyarakat ialah konsumen yang paling utama dalam sekolah, sehingga sublimasi antara masyarakat dan sekolah harus terbentuk jika ingin meningkatkan mutu sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan betapa relevansinya pemberdayaan masyarakat untuk meningkatkan mutu sekolah.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Data diperoleh dar observasi, wawancara dan dokumentasi, serta data-data dukungan lainya dari penelitian yang suda pernah ada. Hasil penelitian Mutu sekolah dapat ditingkatkan jika SDM dan beberapa standar telah dipenuhi. Mutu sekolah dapat ditingkatkan dari harmonis seluruh warga sekolah. Mutu sekolah dapat meningkat dengan menolak stigma-stigma yang kurang benar benar beberapa prestasi yang bisa di tonjolkan di sekolahan tersebut. Mutu sekolah dapat meningkat jika, sekolah mau berkembang sesuai dengan kebutuhan masyarakat saat ini yang di butuhkan. Mutu sekolah dapat meningkat jika, ia mau menerima masukan dan masukan dari internal maupun eksternal dalam scup meningkatkan mutu sekolah.

 

Referensi

Ahmad, Dzaujak. 1996. Penunjuk Peningkatan Mutu Pendidikan di sekolah Dasar, Jakarta, Depdikbud

Arcaro,Jerome S. 2007. Pendidikan Berbasis Mutu (Prinsip –Prinsip Perumusan dan Data Langkah Penerapannya). Yogyakarta: Pusataka Pelajar

Depdiknas. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Edisi III. Jakarta: PT. Persero Penerbitan dan percetakan Balai Pustaka BP.No.3658.

Gorton, Richard A. 1997. School Administration. Dubuqe Lowa; Wm c.Brown Company. Hamalik, Oemar. 1990. Evaluasi Kurikulum, Bandung: Remaja Rosda Karya.

Hasbullah. 2006. Otonomi Pendidikan,Kebijakan Otonomi Daerah dan Implikasinya Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada Al-Husna.

Imron, Ali dkk. 2003. Manajemen Pendidikan. Malang : Universitas Malang.

Indra Fachrudi, Soekarto. 1994. Bagaimana Mengakrabkan Sekolah Dengan Orang Tua dan Masyarakat. Malang: IKIP Malang.

Partanto & Al-Barry. 1994. Kamus Ilmiah Populer. Surabaya: Arloka.

Rochman, Wahibur Jr. 2002. Paradigma Baru Manajemen SDM. Yogyakarta: Amora Book. Soetopo, Hendyat. 2007. Manajemen Berbasis Sekolah dan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Malang. Pasca Sarjana UM.

Syafarudin. 2002. Manajemen Mutu Terpadu dalam Pendidikan, Grasindo.

Unduhan

Diterbitkan

17-04-2023

Cara Mengutip

A.Faizin, Taufiq Harris, & Indrawati. (2023). Peran Orang Tua Dalam Pengembangan Sekolah. CAHAYA KAMPUS, 1(2), 71–76. Diambil dari https://journal.unigres.ac.id/index.php/CahayaKampus/article/view/2824