PROSES MANAJEMEN SEKOLAH (Studi Perencanaan di SMP YIMI Full Day School Gresik)

Penulis

  • Sri Sundari
  • Taufiq Harris

DOI:

https://doi.org/10.55129/jp.v9i1.972

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan dan menganalisis
perencanaan dalam proses manajemen sekolah dan melihat faktor pendukung dan
penghambat perencanaan dalam proses manajemen sekolah pada kegiatan siswa,
tenaga pendidik dan tenaga kependidikan, anggaran, sarana dan prasarana serta
partispasi masyarakat yang dilakukan di SMP YIMI Full Day School Gresik.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskripif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa perencanaan dalam proses manajemen sekolah
sudah berjalan sesuai dengan peraturan yang berlaku dan berbagai inovasi
perencanaan dikembangkan sehingga meningkatkan siklus manajemen sekolah
berjalan secara efektif dan efisien yang berdampak bagi meningkatnya motivasi
elemen sekolah dan mutu sekolah.
Kata kunci: Perencanaan, Proses Manajemen, Sekolah
Abstract
The purpose of this study was to describe and analyze planning in the school
management process and see the supporting factors and obstacles in planning the
school management process in the activities of students, educators and education
staff, budgets, facilities and infrastructure as well as community participation carried
out at SMP YIMI Full Day Gresik School. This study uses a qualitative approach to
the type of descriptive research. The results showed that planning in the school
management process had gone in accordance with applicable regulations and
various planning innovations were developed so as to increase the cycle of school
management effectively and efficiently which had an impact on increasing the
motivation of school elements and school quality.
Keywords: Planning, Management Process, School

Referensi

Ali, M. (2009). Pendidikan untuk Pembangunan Nasional, Bandung:

PT Imperial Bhakti utama.

Alwi, M. (2011). Belajar MenjadiBahagia dan Sukses Sejati: Bimbingan Praktis Penerapan Multiple Intelligence di Keluarga, Lembaga Pendidikan, dan Bisnis, Jakarta: PT. Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia.

Amri, Sofan dan Lif Khoiru Ahmadi. 2010. Konstruksi Pengembangan Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Creswell, J.W. (2012). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif. Dan Mixed.Terjemahan

Achmad Fawaid. (2012).Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Darma, S. (2009). Dari Guru Konvesional Menuju Guru Profesional, Jakarta: Grasindo.

Gomes, F. C. (2003) . Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Andi Offset.

Komariah, A., Triatna, C (2005). Visonary Leadership Menuju Sekolah Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.

Mantja, W. (2010). Profesionalisme Tenaga Kependidikan: Manajemen

Pendidikan dan Supervisi Pengajaran. Malang: Elang Emas.

Margareta, R, ET., Ismanto, B. (2017). Strategi Perencanaan Pembiayaan Sekolah dalam Peningkatan Mutu di SMP Negeri, 4, ( 2), 195-204

Moleong, K.J. (2007) Metodologi Penelitian Kualitatif, Edisi Revisi,

Bandung: Remaja Rosda Karya.

Mulyati, Y. S., Komariah, A. (2009). Manajemen Sekolah. Riduwan, (Ed). Manajemen Pendidikan (hlm 85-102). Bandung: Alfabeta.

Nur, M., Harun, C.Z., Ibrahim, S. (2016). Manajemen Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Pada SDN Ayah Guci Kabupaten Pidie. Jurnal Administrasi Pendidikan, 11, 93-103.

Pidarta, Made. (2014). Landasan Pendidikan: Stimulus Ilmu Pendidikan Bercorak Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Rapar, J.H. (1996). Filsafat Politik Plato. Jakarta: Raja Grfindo Persada.

Rojiun. (2012). Perencanaan Pendidikan Berbasis Maasyarakat. Journal - Educational Management, 1 (2), 183-185.

Sahnan, M. (2017). Urgensi Perencanaan Pendidikan di Sekolah Dasar. Jurnal PPKn dan Hukum, 12 (2), 143-159.

Saud, U, S., Makmun, A. S. (2009)). Perencanaan Pendidikan. Suatu

Pendekatan komprehensif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Manajemen (Setiyawami, Ed.). Bandung: Alfabeta.

Suhanda, A., Budiningsih, A. (2013). Perencanaan Kurikulum di SMP Negeri 3 Singkawang. Jurnal Akutabilitas Manajemen Pendidikan, 1 (2), 175-189.

Suroto. (2017). Vocational Shool Planning Model Organizer of Industrial Standard Class. Jurnal Taman Vokasi, 5 (2), 04-211.

Tirtarahardja, U. dan La Sulo, S.L. (2008). Pengantar Pendidikan, Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Undang-Undang R.I. Nomor. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Tahun 2003 (D. Soemarmo, Ed.). Jakarta: CV Mini Jaya Abadi.

Yin, R.K. (2002). Studi Kasus: Design & Metode. Penerjemah M.Djauzi

Mudzakir. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Sumber berita Online

https://www.cnnindonesia.com/gayahidup/20180607113429-284- 304214/bank-dunia-kualitaspendidikan- indonesia-masih-rendah

https://news.detik.com/berita/3454712/

jppi-indeks-pendidikan-indonesiadi-

bawah-ethiopia-dan-filipina.

Kamis 23 Maret 2017, 11:59 WIB

https://id.wikipedia.org/wiki/Sekolah

File Tambahan

Diterbitkan

30-12-2019

Cara Mengutip

Sundari, S., & Harris, T. (2019). PROSES MANAJEMEN SEKOLAH (Studi Perencanaan di SMP YIMI Full Day School Gresik). Jendela Pendidikan : Jurnal Ilmiah Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 9(1), 1–18. https://doi.org/10.55129/jp.v9i1.972

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>