PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI KERJA GURU SMP NEGERI 5 BOJONEGORO
DOI:
https://doi.org/10.55129/jp.v8i1.774Abstrak
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apakah ada pengaruh dari gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap motivasi kerja guru?, (2) Apakah ada pengaruh dari lingkungan kerja sekolah terhadap motivasi kerja guru?dan (3) Apakah ada pengaruh dari gaya kepemimpinan kepala sekolah dan lingkungan sekolah terhadap motivasi kerja guru di SMP Negeri 5 Bojonegoro? Adapun tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh; (1) Gaya kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap motivasi kerja guru, (2) lingkungan Sekolah terhadap motivasi kerja guru, dan (3) Gaya kepemimpinan Kepala Sekolah dan lingkungan Sekolah secara bersama-sama terhadap motivasi kerja guru.
Metode penelitian ini korelasional dan Jenis penelitian ini kuantitatif. Populasi sebanyak 49 guru SMP Negeri 5 Bojonegoro diambil sebagai sampel dengan menggunakan  Metode pengumpulan data melalui penyebaran   kuesioner. Analisis data menggunakan regresi linier, analisis regresi ganda menggunakan aplikasi SPSS for Windows Release 14.0. ÂÂÂÂ
      Hasil penelitian: (1) Gaya kepemimpinan Kepala Sekolah berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi kerja guru, kontribusi pada motivasi kerja guru sebesar 30,4%; (2) Lingkungan Sekolah berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi kerja guru , kontribusi pada motivasi kerja guru sebesar 48,9%, (3) Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Lingkungan Sekolah secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi kerja guru, kontribusi sebesar 49,2%
     Hasil temuan dalam penelitian ini dapat dimanfaatkan oleh lembaga  yang terkait dalam usaha meningkatkan motivasi kerja guru guna penetapan kebijakan makro. Juga sebagai acuan bagi sekolah untuk pengambilan kebijakan mikro terkait peningkatan motivasi kerja guru, dan dapat dijadikan acuan dalam usaha peningkatan motivasi kerja guru penetapan kebijakan operasional
ÂÂÂÂ
Kata Kunci   :  Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah, Lingkungan Sekolah, Motivasi kerja Guru.
DOI :10.5281/zenodo.3470656
ÂÂÂÂ
Referensi
Anoraga, Panji., 2011, Psikologi Kepemimpinan, Jakarta : PT. Rineka Cipta.
Arikunto Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktek. Edisi revisi V: Rineka Cipta .Jakarta
Azwar ,S.1998. Reliabilita dan Validitas, Edisi Ketiga Yokyakarta: Pustaka Pelajar
Depdiknas. 2000. Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah. Edisi 2 . Jakarta. Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah
Depdiknas.2000. Standar Pelayanan Minimal(SPM),SLTP,SMU, Jakarta
.Direktorat Pendidikan Dasar Dan Menengah. Departemen pendidikan
Nasional
Dirawat, dkk. 2003 .Pengantar Kepemimpinan Dalam Rangka Inovasi Pendidikan Pertumbuhan Jabatan Guru . Jakarta
Djaenabong ,1994. Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah TK Di Kodya Ujung
Pandang. Ujung Pandang.LPM IKIP
Djam’an Satori, Aan Komariah.2010 ,Metodologi Penelitian Kuantitatif ,Bandung ,Alfa Beta
Bariroh Siti, Amrulloh. 2018. PENGARUH PERAN KOMITE SEKOLAH DAN KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALASEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU SMP NEGERI 5 BOJONEGORO diakses di. https://journal.unigres.ac.id/index.php/JendelaPendidikan/article/view/743