PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI KERJA GURU SMP NEGERI 5 BOJONEGORO

Penulis

  • adri janti
  • Nur Salim

DOI:

https://doi.org/10.55129/jp.v8i1.774

Abstrak

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apakah ada pengaruh dari gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap motivasi kerja  guru?, (2) Apakah ada pengaruh dari lingkungan kerja sekolah terhadap motivasi kerja guru?dan (3) Apakah ada pengaruh dari gaya kepemimpinan kepala sekolah dan lingkungan sekolah terhadap motivasi kerja guru di SMP Negeri 5 Bojonegoro? Adapun tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh; (1)  Gaya kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap motivasi kerja guru, (2)  lingkungan  Sekolah terhadap motivasi kerja  guru, dan (3)  Gaya kepemimpinan Kepala Sekolah dan lingkungan  Sekolah secara bersama-sama terhadap motivasi kerja guru.

Metode penelitian ini korelasional dan Jenis penelitian ini kuantitatif. Populasi sebanyak  49 guru  SMP Negeri 5 Bojonegoro diambil sebagai sampel dengan menggunakan  Metode pengumpulan data melalui penyebaran   kuesioner. Analisis data  menggunakan regresi linier, analisis regresi ganda menggunakan aplikasi SPSS for Windows Release 14.0.  

       Hasil  penelitian: (1)  Gaya kepemimpinan Kepala  Sekolah berpengaruh  secara  signifikan terhadap motivasi kerja guru, kontribusi pada motivasi kerja guru  sebesar 30,4%; (2) Lingkungan Sekolah berpengaruh  secara  signifikan terhadap motivasi kerja  guru , kontribusi  pada motivasi kerja guru sebesar  48,9%,  (3) Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan  Lingkungan  Sekolah secara bersama-sama berpengaruh  secara  signifikan terhadap  motivasi kerja  guru, kontribusi sebesar 49,2%

      Hasil temuan dalam penelitian ini dapat dimanfaatkan oleh lembaga  yang terkait dalam usaha meningkatkan motivasi kerja guru guna  penetapan kebijakan makro. Juga sebagai acuan bagi sekolah  untuk pengambilan  kebijakan  mikro  terkait peningkatan motivasi kerja  guru, dan dapat dijadikan  acuan dalam usaha  peningkatan motivasi kerja  guru penetapan kebijakan operasional

 

Kata Kunci   :   Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah, Lingkungan Sekolah, Motivasi kerja Guru.


DOI :10.5281/zenodo.3470656

 

Referensi

Anoraga, Panji., 2011, Psikologi Kepemimpinan, Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Arikunto Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktek. Edisi revisi V: Rineka Cipta .Jakarta

Azwar ,S.1998. Reliabilita dan Validitas, Edisi Ketiga Yokyakarta: Pustaka Pelajar

Depdiknas. 2000. Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah. Edisi 2 . Jakarta. Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah

Depdiknas.2000. Standar Pelayanan Minimal(SPM),SLTP,SMU, Jakarta

.Direktorat Pendidikan Dasar Dan Menengah. Departemen pendidikan

Nasional

Dirawat, dkk. 2003 .Pengantar Kepemimpinan Dalam Rangka Inovasi Pendidikan Pertumbuhan Jabatan Guru . Jakarta

Djaenabong ,1994. Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah TK Di Kodya Ujung

Pandang. Ujung Pandang.LPM IKIP

Djam’an Satori, Aan Komariah.2010 ,Metodologi Penelitian Kuantitatif ,Bandung ,Alfa Beta

Bariroh Siti, Amrulloh. 2018. PENGARUH PERAN KOMITE SEKOLAH DAN KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALASEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU SMP NEGERI 5 BOJONEGORO diakses di. https://journal.unigres.ac.id/index.php/JendelaPendidikan/article/view/743

File Tambahan

Diterbitkan

18-03-2019

Cara Mengutip

janti, adri, & Salim, N. (2019). PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI KERJA GURU SMP NEGERI 5 BOJONEGORO. Jurnal Ilmiah Jendela Pendidikan, 8(1), 43–64. https://doi.org/10.55129/jp.v8i1.774