PEER TUTOR DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI SADARI (PEMERIKSAAN PAYUDARA SENDIRI) PADA REMAJA PUTRI

Penulis

  • dhina widayati STIKES Karya Husada Kediri
  • diana rachmania STIKES Karya Husada Kediri
  • shely novitarinda STIKES Karya Husada kediri

DOI:

https://doi.org/10.55129/jnerscommunity.v9i2.716

Abstrak

Metode pembelajaran peer tutor merupakan suatu metode pembelajaran yang dilakukan oleh peserta didik dengan teman sebayanya untuk meningkatkan motiasi mereka, terutama pada teknik SADARI (pemeriksaan payudara sendiri). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh peer tutor terhadap motivasi SADARI (pemeriksaan payudara sendiri).

Desain dalam penelitian menggunakan quasy eksperimental dengan pendekatan control group pra-post test design. Jumlah populasi 40 siswa, teknik sampling yang digunakan yaitu simple random sampling dan diperoleh sampel sebanyak 12 sampel yang terbagi atas dua kelompok yaitu kelompok kontrol (n=6) dan perlakuan (n=6). Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi kuisioner yang hasilnya dianalisis menggunakan uji statistik paired sample t-Test dan independent sample t-Test α= 0,05. Hasil pengukuran motivasi pre intervensi pada kelompok  perlakuan terdapat 83% dengan rentang skor (17 – 23) dan 17% dan rentang skor (24 – 30). Pada kelompok kontrol terdapat 50% dengan rentang skor (24 – 30) dan 50% dengan rentang skor (17 – 23). Data motivasi setelah dilaksanakan peer tutor pada kelompok perlakuan seluruh responden (100%) memiliki rentang skor (24 – 30) dan pada kelompok kontrol hampir seluruh dari responden (83%) memiliki rentang skor (24 – 30).

Hasil analisis menunjukkan àvalue= 0,002 < α= 5% = 0,05 yang berarti ada pengaruh metode peer tutor terhadap motivasi SADARI (pemeriksaan payudara sendiri). Bedasarkan hasil penelitian, disarankan untuk menggunakan aspek pengukuran motivasi secara obyektif dengan menggunakan wawancara maupun data observasi.

 

Kata kunci : Peer Tutor, Motivasi SADARI, Remaja Putri

 

 

 

 

 

Abstract

 

 

Peer tutor learning method is a method of learning that conducted  by learners with their peers to improve their motivation, especially in technique of SADARI (breast self-examination). The objective of this research was to know the influence of peer tutor toward motivation of SADARI (pemeriksaan payudara sendiri).

The research design used control group pra test-post test design. The population amounted to 40 students, Technique of sampling used random sampling and obtained sample amounted to 12 students that consisted of two groups, control (n=6)dan treatment (n=6). The research instrument used observation sheet of questionnaire then the result analyzed using statistical test of paired sample t-Test and independent sample t-Test α= 0,05. Before being implemented peer tutor in the pre test treatment group contained 83% with an (17 – 23) score range of 17% with a (24 – 30) score range. In the control group there were 50% with the range of scores of (24 – 30) and 50% with a score range (17 – 23). Thereafter peer tutor and conducted post test in the treatment group (100%) of all respondents had a score range of (24 – 30) late in the almost group almost all of respondents (83%) had a score range (24 – 30).

The analysis showed àvalue = 0,002 <α = 5% = 0.05, which means that there ws the influence of the peer tutors on the motivation of SADARI (breast self-examination). Based on the results of research, are adviced to use the measurement aspect of motivation objectively by using interview and observation data.

 

Keyword: Peer Tutor, motivation of SADARI, adolescent girls



DOI: 10.5281/zenodo.2629475

Referensi

Afrian, N., Widayati, D., & Setyorini, D. 2016. Pengembangan model motivasi Jumanior (Juru Pemantau Jentik Junior) dalam perilaku PSN (Pemberantasan SArang Nyamuk) Aedes aegypty berbasis integrasi model Lawrence Green dan Mc.Clelleand. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 9(2), 129–138.http://journal.unusa.ac.id/index.php/jhs/article/view/112

Azwar, S, 2009, Sikap Manusia, Teori dan Pengukurannya, Jakarta: Pustaka Pelajar.

Edward E. Gordon, 2005. Peer Tutoring A Teacher’s Resource Guide, Scarecrow Education, United States of America.

Gary L. Creasey, Patricia A. Jarvis, 2006. Adolescent Development And School Achievment In Urban Communities, Routledge, New York.

Hidayat, A. Aziz Alimul. 2007. Metodologi Penelitian Kebidanan Dan Tehnik Analisa Data. Salemba Medika, Jakarta.

Hannu L.T. Heikkinen, Hannu Jokinen and Paivi Tynjala. 2012. Peer-Group Mentoring for Teacher Development, 3th Ed, Routledge, Taylor and Francis Group, London and New York.

Hawari, Dadang. 2004. Kanker Payudara Dimensi Psikoreligi. Jakarta: FKUI.

Ivancevich, J. M, Konopaske, R & Matteson, M. T. 2007.Perilaku dan Manajemen Organisasi. Penerjemah: Gina Gania. Edisi: 7. Jakarta: Erlangga. Munandar, A. S. 2001. Psikologi industri dan organisasi.

McClelland, D.C. 1987. Human Motivation. New York: Cambridge University Press.

Notoatmodjo,S. 2005. Methodologi Penelitian Kesehatan. Rineka Cipta, Jakarta.

Notoatmodjo,S. 2007. Kesehatan Masyarakat Ilmu Dan Seni. Rineka Cipta, Jakarta

Nursalam. 2008. Konsep Dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan, Salemba Medika, Jakarta.

Robbins, S. P & Judge, T, A. 2008. Teori Motivasi McClelland dan Teori Dua Faktor Hezberg, (ON LINE), http://kuliahkomunikasi.blogspot.com/2008/11/teori-motivasi-mcclelland-teori- dua.html.

Schultz, D. P., & Schultz, S. E. 2005. Perilaku Organisasi. Penerjemah: Diana, Ria, & Abdul. Edisi. 12. Jakarta: Salemba Empat.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian, Alfabeta, Bandung, Hal. 196.

Sukardja. 2000. Onkologi Klinik Edisi 2. Surabaya: Airlangga University Press

Tambunan, Elviana S. dan Kasim, Deswina, 2011. Panduan Pemeriksaan Fisik bagi Mahasiswa Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Th. Endang Purwoastuti, 2012. Kanker Payudara Pencegahan Deteksi Dini, 5th Ed, KANISIUS, Jl. Cempaka 9, Deresan, Yogyakarta.

Soetjiningsih. (2004). Tumbuh Kembang Remaja dan Permasalahanya. Jakarta : Sagung Seto

Soetjiningsih. (2004). Tumbuh Kembang Remaja dan Permasalahanya. Jakarta: PT. Rhineka Cipta

Walgito, B. 2003. Toeri Motivasi. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta : Andy, 2003.

Widayati, D., Nuari, NA, Setyono, J. 2018. Peningkatan Motivasi dan Penerimaan Keluarga dalam Merawat Pasien GGK dengan Terapi Hemodialisa melalui Supportive Educative Group Therapy. Jurnal Kesehatan 9 (2), 295-303. https://ejurnal.poltekkes-tjk.ac.id/index.php/JK/article/view/830

WHO, 2009. World Health Statistics 2007. www.who.int/whosis

WHO, 2007. Breast Cancer: A Role for Trans Fatty Acids? http://www.who.int

Yuni, 2009. Kenali Kanker Payudara dengan Sadari.http://bidandesa.com/kenali-kanker-payudara-dengan-sadari.html

Unduhan

Diterbitkan

27-11-2018

Cara Mengutip

widayati, dhina, rachmania, diana, & novitarinda, shely. (2018). PEER TUTOR DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI SADARI (PEMERIKSAAN PAYUDARA SENDIRI) PADA REMAJA PUTRI. Journals of Ners Community, 9(2), 190–196. https://doi.org/10.55129/jnerscommunity.v9i2.716