SN MODEL KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DEMOKRATIS DAN BUDAYA MALU DALAM MENINGKATKAN ETOS KERJA GURU DI SD NEGERI PANDAAN 1

Kepemimpinan Demokratis, Budaya Malu, Etos Kerja

Penulis

  • Sulis Nuryatin

Kata Kunci:

Kepemimpinan Demokratis, Budaya Malu, Etos Kerja

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan (1) mengetahui adanya hubungan model kepemimpinan kepala sekolah demokratis dalam meningkatkan etos kerja guru di SDN Pandaan I dan SDN Pandaan II; (2) mengetahui adanya hubungan budaya malu dalam meningkatkan etos kerja guru di SDN Pandaan I dan II. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dimana diberikan sebuah angket kepada 10 responden dari SDN Pandaan I dan 12 responden dari SDN Pandaan II dan untuk melengkapi data yang dibutuhkan dilakukan wawancara kepada 5 orang informan. Hasil persentase yang diperoleh pada variable kepemimpinan demokratis kepala sekolah pada SDN Pandaan I dan II masing-masing sebesar 94,25% dan 94% dengan katergori sangat baik. Variable budaya malu diperoleh hasil pada SDN Pandaan I dan II dengan persentase masing-masing sebesar 90,63% dan 91,75 dengan kategori sangat baik. Dan pada variable etos kerja diperoleh hasil persentase masing-masing sebesar 94,50% dan 94,75% sehingga dapat disimpulkan bahwa kepemimpinan demokratis kepala sekolah dan budaya malu dapat meningkatkan etos kerja guru.

Unduhan

Diterbitkan

2020-12-07

Cara Mengutip

Nuryatin, S. (2020). SN MODEL KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DEMOKRATIS DAN BUDAYA MALU DALAM MENINGKATKAN ETOS KERJA GURU DI SD NEGERI PANDAAN 1: Kepemimpinan Demokratis, Budaya Malu, Etos Kerja. Journal of Education Management and Learning, 3(2). Diambil dari https://journal.unigres.ac.id/index.php/jemal/article/view/1536

Terbitan

Bagian

Artikel