Sosialisasi Pemahaman dan Manfaat Akuntansi Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Akuntansi Bagi Guru dan Siswa SMK Taruna Jaya Gresik

Penulis

  • Susan Novitasari Khadijah, S.E., M.M Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Gresik
  • Juantoro Andi Purwanto Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Gresik

Kata Kunci:

akuntansi; kualitas pembelajaran

Abstrak

Mata pelajaran Akuntansi masih merupakan mata pelajaran yang di nomor duakan dibandingkan mata pelajaran yang di UN-kan seperti: Bahasa, Matematika, Fisika, Biologi, Kimia dan lain-lainnya. Padahal pengetahuan akuntansi ini banyak sekali manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian, sangat diperlukan sekali adanya suatu tambahan yang diberikan baik kepada guru-guru dan siswa SMK mengenai pemahaman mata pelajaran Akuntansi, manfaat mempelajari Akuntansi serta profesi di Bidang Akuntansi jika siswa melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi. Adapun tujuan kegiatan adalah sebagai berikut: (1) Peserta diharapkan memahami proses pencatatan akuntansi dasar dan adanya peningkatan pemahaman, (2) Peserta dapat memahami manfaat Akuntansi dalam kehidupan sehari-hari dan (3) Peserta mengetahui profesi akuntansi yang meliputi bidang yang sangat luas di dunia kerja sehingga menjadi inspirasi jika mereka melanjutkan ke perguruan tinggi.

Metode yang digunakan dalam melaksanakan kegiatan, yaitu: memberikan hand out untuk bahan bacaan bagi para peserta berkaitan dengan topik sosialisasi; Buku Praktis beserta CD mengenai Akuntansi sederhana di perusahaan kecil; Melakukan sosialisasi/ceramah yang diberikan oleh narasumber yang berkompeten dalam bidang akuntansi, dan diskusi.

Dari hasil kuisioner yang disebarkan pada peserta menyatakan: pada dasarnya peserta memahami materi yang diberikan dan bermanfaat untuk menambah wawasan pengetahuan mereka di Bidang Akuntansi. Para guru dan siswa juga mengharapkan kegiatan semacam ini dapat dilakukan di tahun yang akan datang. Untuk materinya peserta mengharapkan diberikan pengetahuan di bidang Akuntansi lainnya seperti Akuntansi Pajak, Akuntansi Hotel, Akuntansi Manajemen dan Akuntansi Lingkungan.

Referensi

Kurniawan, P. W., Zulianti, H., & Narulita, S. (2020). Pendampingan Pembelajaran Daring Melalui Aplikasi Google Meet Bagi Guru di SMA Adiguna Bandar Lampung. Adiguna: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 5(2), 42-45.

Minar Trisnawati Tobing. (2021). Sosialisasi Metode Pembelajaran yang Ideal Pada New Normal Di SD Negeri 091316 Pematang Raya. E-amal : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol.01, No. 03, 423-428 Muhammad Basri, M. B.,

Yusuf Perdana, Y. P., & Nur Indah Lestari, N. (2020). Pelatihan Pemanfaatan Sistem Pembelajaran Daring bagi Guru-Guru SMA di Kecamatan Palas, Kabupaten Lampung Selatan. J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 4(2), 53-57.

Prihandini, P., Anisa, R., & Rustika, P. (2021). Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat “Kuliah Daring Selama Pandemi”. Prosiding Penelitian Pendidikan dan Pengabdian 2021, 1(1).

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19:(Online Learning in the Middle of the Covid-19 Pandemic). Biodik, 6(2), 214-224.

Su’uga, Hisyam Surya Dkk. 2020. Media E-Learning Berbasis Google Classroom Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 9(3).

Sumardi, S., Fitria, H., & Ismail, I. (2021, April). Optimalisasi Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Bagi Guru. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang.

Unduhan

Diterbitkan

26-12-2021

Cara Mengutip

Susan Novitasari Khadijah, S.E., M.M, & Juantoro Andi Purwanto. (2021). Sosialisasi Pemahaman dan Manfaat Akuntansi Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Akuntansi Bagi Guru dan Siswa SMK Taruna Jaya Gresik. CAHAYA KAMPUS, 1(2), 67–70. Diambil dari https://journal.unigres.ac.id/index.php/CahayaKampus/article/view/2597